Senin 08 Juli 2019, 19:35 WIB

Mendaki Semakin Mudah dengan Aplikasi

Rizky Noor Alam | Weekend
Mendaki Semakin Mudah dengan Aplikasi

thinkstock
Aplikasi Guthook Guides bisa membantu memberi informasi penting para pendaki.

 

Insiden kecelakaan yang kerap terjadi saat pendakian gunung memicu Ryan Linn merilis aplikasi iPhone bernama Guthook Guides pada 2012. Aplikasi tersebut dibuat dengan rangkaian alat yang dibutuhkan untuk menjelajah alam, seperti peta, kompas, dan buku panduan yang dikonsolidasikan ke dalam lokasi virtual.

Pendaki bisa memperkaya informasi terkini dengan kondisi jejak pendakian dan tempat perkemahan secara online. Namun aplikasi ini bisa juga dijalankan secara offline. Sehingga bisa berguna bagi para pendaki yang enggan repot dengan berbagai peralatan.

Meski belum sempurna, nyatanya tiga tahun terakhir aplikasi ini telah diunduh sebanyak 337ribu kali. Pada 2018 sebuah survei yang dilakukan kepada 500 pendaki menunjukan 85% pendaki menggunakan aplikasi itu.

Memang bagi sebagian pendakit, aplikasi ini bermanfaat karena membantu mereka memutuskan di mana mereka makan atau tidur. Namun ada pihak yang menyayangkan karena aplikasi ini dianggap tidak lagi menjadi ujian kemandirian para pendaki di alam liar seperti dahulu kala.

Sang pencipta Ryan Linn mengaku aplikasi ini memberikan efek positif, meski menimbulkan kontroversi.

"Guthook Guides telah berupaya melestarikan aktivitas pendakian yang membuatnya mudah untuk didaki. Kami telah menghapus tempat perkemahan yang tidak disetujui atas permintaan konservasi, dan mengurangi dampak pada ekosistem rentah yang tidak dimaksudkan untuk penggunaan perkemahan," kata Linn sebagai mana dikutip dari The Guardian. (M-3)

Baca juga : Berlari Sembari Berbagi untuk Pendidikan

 

Baca Juga

Dok GoSend

GoSend Rilis Buku Kiat UMKM jadi Best Seller di Era Digital

👤Irana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 12:56 WIB
Dalam penulisan buku ini, pihaknya melibatkan sejumlah pakar bisnis dan UMKM yaitu Rhenald Kasali, Yudo Anggoro, Yuswohady, Wulan Ayodya,...
MI/HO

Ohaiaho Rilis Serum untuk Atasi Jerawat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:15 WIB
Riset dari  The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan 22% perempuan dewasa terkena jerawat, dibanding laki-laki...
MI/adiyanto

FIB UI Gelar Seminar dan Pameran Foto Keberagaman dan Toleransi Masyarakat Singkawang

👤Adiyanto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:31 WIB
Seminar ini kelanjutan penerbitan buku “Memoar Orang-Orang Singkawang” yang diterbitkan pada 15 Februari 2022 , bertepatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya