Senin 01 April 2019, 16:25 WIB

Sukses Bekerja Sambil Liburan

Galih Agus Saputra | Weekend
Sukses Bekerja Sambil Liburan

Thinkstock
Liburan sambil kerja

Bagi sebagian orang liburan bisa jadi adalah masa yang menyenangkan. Sayngnya tidak semua, terkadang pekerjaan malah mengganggu liburan. Lalu bagaimana jika anda harus tetap bekerja sambil liburan?

Seperti dilansir Forbes, dewasa ini sudah semakin banyak orang yang "berkantor di jalan" atau telah beralih dari bekerja di kantor menjadi bekerja secara jarak jauh dengan alasan keseimbangan dan fleksibilitas.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan lebih dari setengah populasi di dunia akan bekerja dari jarak jauh pada 2020. Meskipun gagasan itu terasa menyenangkan, ternyata memiliki rintangannya tersendiri. Lantas, jika demikian, bagaimana caranya agar berlibur namun tetap produktif? Simak beberapa rangkuman di bawah ini.

Bangun Lebih Awal

Ketika bepergian atau liburan, anda barangkali akan bagun lebih awal. Hal ini sangat memungkinkan karena anda tidak merasakan nyaman layaknya tidur di rumah. Karena itu manfaatkan kesempatan ini untuk bekerja di pagi hari. Anda juga dapat memilih kamar hotel yang memiliki celah yang cukup menarik, dan mulailah mengerjakan sesuatu yang menurut anda lebih memancing antusias lebih dahulu.

Catat semua jadwal di dalam tablet

Tablet bisa menjadi pilihan yang bagus, jika anda melakukan perjalanan sambil membawa beban kerja. Melalui tablet anda dapat mengatur jadwal perjalanan, sekaligus mencatat jadwal pekerjaan untuk mengejar ketertinggalan. Dengan peralatan minimalis seperti ini, anda juga dapat mengemasnya dalam tas kecil dan ketika menemukan kafe terdekat anda dapat segera menghubungkannya dengan keyboard kecil untuk mulai bekerja agar cepat selesai.

Bawa kopi anda sendiri

Sebagaimana yang kita tahu selama ini, hotel selalu menyediakan kopi yang cukup enak. Namun, soal citarasa, setiap orang tentu memiliki preferensi-nya masing-masing. Padahal seperti kebanyakan seniman, kopi juga sama pentingnya untuk mendukung kreativitas pekerja kantoran. Oleh karena itu, selalu perhatikan persediaan kopi anda agar dapat mencukupi persediaan anda selama perjalanan.

Bawa buku

"Halaman pagi" sangat cocok untuk menjaga arus kesadaran anda. Membaca jurnal, buku, atau apapun itu sangat tepat dilakukan ketika anda bangun pagi bahkan dapat membantu meningkatkan produktivitas di sepanjang hari. Berbagai macam ide yang anda jumpai kemudian dapat menjadi bekal bagi anda untuk menulis apa pun yang terlintas dalam pikiran, atau yang kemudian menyisakan ruang untuk hal-hal yang baik.

Baca juga : Paspor Bersama Jepang, Korea, dan Singapura Terbaik di dunia

Bawa Sneakers

Lari-lari atau jalan kaki sangat baik mengatasi imobilitas. Kegiatan semacam ini tidak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga otak. Oleh karena itu, anda juga tidak boleh lupa membawa sepatu khusus untuk berlari atau jalan kaki ketika pergi. Memang dewasa ini banyak model sepatu yang diminati, tetapi untuk satu hal ini tampaknya anda juga harus membuat pertimbangan, karena selain harus modis, anda juga butuh sepatu yang fungsional. Demi mendukung kreatifitas sekaligus memanjakan diri, anda dapat memilih tempat sejuk atau hutan kecil di sekitar hotel. Meski demikian, jika anda tidak menemukan lokasi semacam itu, anda dapat mempertimbangkan area di sekitar kolam renang hotel atau pusat kebugaran untuk menjaga kondisi agar endorfin anda tetap mengalir.

Sediakan waktu khusus

Pekerja jarak jauh barangkali membutuhkan keahlian untuk mengerjakan banyak hal sekaligus atau multitasking. Tidak berarti jika anda selalu menggunakan waktu untuk bekerja. Sebagai contoh, ketika tiba saatnya makan siang, maka gunakan waktu itu hanya untuk makan. Berhentilah menanggapi pesan singkat, membalas panggilan, dan surel. Biarkan otak anda detoksifikasi dan hanya fokus pada makanan. Paling tidak, sediakan waktu 30 menit untuk memanjakan semua indera anda.(M-3)

 

Baca Juga

AFP/Valerie Macon

Prihatin Situasi di Gaza, Aktris Gal Gadot Tuai Kontroversi

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 14 Mei 2021, 21:13 WIB
Mantan Miss Israel tersebut mengatakan khawatir akan nasib keluarga dan...
Dok. instagram @marcellsiahaans

Marcel Bersyukur Rayakan Idul Fitri Pertama Kali

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 14 Mei 2021, 13:15 WIB
Dia mengunggah foto tersebut sebagai bentuk rasa syukur terhadap Sang Pencipta dan sebagai pengingat untuk menjadi pribadi yang lebih baik...
MI/Ardi Teristi Hardi

Rahasia Daging Sate Klathak Pak Jede Bisa Empuk dan Mak Nyus

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 14 Mei 2021, 12:06 WIB
Sate klathak berasal dari istilah warga sekitar Jejeran untuk daging kambing yang dibumbui garam krosok (garam laut kasar) yang kemudian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya