Unboxing Samsung M10

Penulis: Media Indonesia Pada: Senin, 27 Mei 2019, 21:35 WIB VIDEO

SAMSUNG belum lama ini melempar produk baru di jajaran Galaxy S dan Galaxy A--masing-masing membidik segmen kelas atas dan kelas menengah. Namun, seakan ingin merajai semua segmen, produsen asal Korea itu pun merilis produk baru untuk serial M, yaitu Samsung Galaxy M10, yang diperuntukkan kelas pemula (entry level).

Media Indonesia pun berkesempatan menjajal ponsel 'ramah kantong' seharga Rp1,6 jutaan tersebut. Dari segi desain, M10 tidak jauh berbeda dengan sang kakak, M20. Sama-sama mengusung layar berbezel tipis berdesain Invinity-V seluas 6,2 inci dengan poni (notch) di bagian atas layar yang juga berfungsi sebagai rumah kamera depan. Jenis layar yang dipakai M10 ialah IPS. Tampilannya cukup baik meski kurang maksimal ketika di bawah paparan sinar matahari.

Bagian belakang ponsel ini bisa dibilang polos, dengan rumah kamera belakang di sudut kiri atas beserta lampu flash dan speaker yang berada di sudut kiri bawah.

Dari sisi performa, Samsung menanamkan chipset buatannya sendiri, yaitu Exynos 7870, dengan prosesor octra-core yang diimbangi RAM 2 GB. Kapasitas penyimpanan internalnya mencapai 16 GB dan dapat diperluas dengan kartu memori hingga 512 GB. Sementara itu, sistem operasi M10 masih Android 8.1 alias Oreo.

Performa jeroannya sendiri saat dicoba Media Indonesia untuk menjalankan berbagai aplikasi normal, seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, cukup baik meskipun terkadang lambat ketika ada sejumlah aplikasi dibuka. Adapun kualitas semburan suara dari speaker-nya sendiri bisa dibilang biasa saja. Cukup baik, tapi tak istimewa.

Dari segi daya, M10 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.400 mAh yang relatif cukup besar untuk ukuran ponsel di kelasnya. Baterai itu bisa bertahan seharian penuh dengan aktivitas normal. Sayangnya, performa baterai yang mumpuni tersebut tidak dilengkapi dengan fitur fast charging yang dapat mempersingkat waktu pengisian daya.

Berita baiknya, Samsung membekali M10 dengan dual camera sebagai kamera utama dengan 13 MP untuk kamera pertama dan 5 MP untuk kamera kedua yang merupakan berlensa ultra wide. Kamera tersebut menawarkan banyak fitur kekinian seperti beautify dan stiker-stiker menggemaskan. Selain itu, ada beberapa mode yang bisa digunakan untuk mengambil foto, seperti panorama, pro, beauty, live focus, auto, stickers, dan continous shot.

Ponsel ini dapat menghasilkan gambar berkualitas lumayan baik dengan tangkapan warna cukup menyerupai objek asli untuk pengambilan gambar dalam kondisi terang, baik di dalam maupun luar ruangan. Namun, jangan berharap terlalu banyak untuk foto malam atau pencahayaan rendah. Adapun untuk swafoto, hasilnya tergantung kondisi pencahayaan di sekitar Anda. Meskipun begitu, kamera depannya sudah mendukung fitur bokeh yang sedang hit. (Riz/M-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More