Agar Jamu Selalu Hit

Penulis: Media Indonesia Pada: Minggu, 24 Feb 2019, 01:00 WIB VIDEO

MENGENAKAN celemek, sembilan orang peserta itu duduk menghadap meja yang telah tersedia beberapa bahan, termasuk jenis tanaman obat.

Di meja lainnya yang berada terpisah, terdapat botol-botol berisi cairan dengan berbagai nuansa kekuningan dan kecokelatan. Mengingatkan pada berbagai jenis jamu yang sudah terkenal lama di Tanah Air.

Nyatanya, kelas yang digelar, Sabtu (16/2), di Bar Jamu Salihara, Jakarta, itu, memang merupakan kelas membuat jamu. Di gelar Suwe Ora Jamu, kedai yang kemudian rutin menggelar pelatihan membuat jamu, kelas ini bukan hanya diikuti anak muda Jakarta, melainkan juga ekspatriat.

Sesuai dengan para peserta kelas yang tidak sedikit dari generasi milenial, jenis jamu yang diajarkan pembuatannya juga kekinian. Contohnya, beberapa jenis sajian minuman kunyit, yakni kunyit squash, kunyit shot, dan kunyit latte.

Beragam minuman itu diajarkan dengan penuturan yang jelas dan segar oleh Nova Dewi Setiabudi, pendiri Suwe Ora Jamu. Berbusana kebaya kutubaru dan kain selutut, ia menerangkan sambil berdiri di ruang kosong di tengah rangkaian meja itu.

Tidak hanya soal pembuatan, Nova melengkapi penjelasannya dengan manfaat setiap jenis jamu, termasuk manfaat kesehatan termasuk untuk detoksifikasi, manfaat kesehatan terkait dengan gender, hingga manfaat kecantikan. (Marzuqi Abdillah)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More