Rabu 19 Desember 2018, 08:00 WIB

Robot Layanan Pelanggan Masuk Pasar Indonesia

Administrator | Video

ROBOT untuk keperluan layanan pelanggan berpenetrasi ke pasar dalam negeri. Robot yang diperuntukkan untuk perusahaan di industri jasa kini tersedia salah satunya melalui Puri Robotics (PT Pusat Robot Indonesia).

Presiden Direktur Puri Robotics Jully Tjindrawan mengatakan pasar jasa robotik ke depan akan semakin besar. Tak hanya secara global tapi juga di Tanah Air. Robot layanan pelanggan akan menggantikan pekerjaan manusia. Itu biasanya pada pekerjaan yang repetitif atau berulang. Robot-robot tersebut ada yang bekerja otonom atau melalui sistem kontrol.

Hingga saat ini terdapat lima jenis robot yang didatangkan dari Jepang dan Tiongkok. Lima robot layanan tersebut dinamai Snow, Amy, Amy Plus, Alice, dan Alice Pro. Rata-rata robot menggunakan teknologi kecerdasan buatan, kemampuan navigasi, pengenalan wajah, dan membaca perkataan manusia. Robot bisa berfungsi layaknya resepsionis, menampilkan iklan, hingga sebagai mesin pembayaran.

Menkominfo Rudiantara yang turut hadir dalam peluncuran robot tersebut, mengatakan era digital dan revolusi industri 4.0 saat ini tak bisa dipungkiri bakal banyak tenaga manusia yang tergantikan oleh mesin atau robot. Khususnya pada pekerjaan berulang. (Dhika Kusuma Winata)

Video Lainnya

Tes Usap Massal Karyawan Pabrik

👤Administrator 🕔Kamis 03 Desember 2020, 17:10 WIB
Sejumlah karyawan pabrik antre untuk mengikuti tes usap (swab) di Kawasan Industri MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis...

Mengapa Kita Perlu Imunisasi?

👤Administrator 🕔Kamis 03 Desember 2020, 15:55 WIB
Mengapa kita perlu...

Wisma Makara UI Tempat Isolasi Pasien OTG

👤Administrator 🕔Rabu 02 Desember 2020, 18:30 WIB
Pengoperasian Wisma Makara UI krusial bagi penanganan covid-19 di Depok, yakni untuk menekan penularan virus korona di klaster...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya