Selasa 01 Agustus 2017, 15:05 WIB

Jawara Muda Beraksi di Lebaran Betawi

Administrator | Video

Keterampilan para pesilat belia memukau ribuan pengunjung yang memenuhi arena panggung utama Perkampungan Kebudayaan Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/7). Terlebih ketika mereka mempertontokan ketangkasannya memainkan salah senjata khas betawi yakni golok.

Para calon jawara muda itu merupakan utusan perguruan-perguran silat betawi se-Jabodetabek, yang sengaja dipertemukan Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) dalam hajatan Lebaran Betawi 2017.

"Bamus Betawi memang ingin mengangkat budaya silat betawi. Saat ini ada sekitar 150 aliran silat betawi di jabodetabek," jelas Muhammad Rifky, yang kerap disapa Eki Pitung, Sekretaris Panitia Lebaran Betawi 2017.

Eki menambahkan, diantara ratusan aliran silat betawi itu ada sejumlah aliran yang sudah cukup dikenal, diantaraya aliran silat Beksi, Cingkrik, Troktok dan Sliwa, yang ikut unjuk aksi dalam hajatan akbar warga Jakarta itu.

Dalam kehidupan warga Betawi, silat sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. "Kalo kite kaga bisa silat, malu sama arwahnye bang Pitung," tegas Eki.

Video Lainnya

Di Balik Penggerudukan Ibunda Mahfud

👤Administrator 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 03:39 WIB
Membela kehormatan orang tua hukumnya wajib. Jadi, wajar saja Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD...

Zona Merah, Masjid Kota Tangerang Pasang Thermal Scanner

👤Administrator 🕔Jumat 04 Desember 2020, 17:54 WIB
Pengurus masjid menyiagakan dua alat pengukur suhu tubuh di pintu masuk masjid sebagai dampak atas kembalinya Kota Tangerang menjadi zona...

Tes Usap Massal Karyawan Pabrik

👤Administrator 🕔Kamis 03 Desember 2020, 17:10 WIB
Sejumlah karyawan pabrik antre untuk mengikuti tes usap (swab) di Kawasan Industri MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya