Jumat 26 Mei 2017, 23:13 WIB

Rumitnya Proses Persiapan Pemantauan Hilal

Administrator | Video

Ru'yah Hilal merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan awal puasa di Bulan Ramadan. Para ahli menggunakan teropong khusus mencari bulan sabit muda di sejumlah wilayah di Indonesia. Seperti yang dilakukan BMKG dengan 23 titik pemantauan hilal di penjuru Tanah Air. Salah satunya berada di Gedung BMKG Pusat di Kemayoran Jakarta Pusat.

Dibalik jalannya pengamatan hilal, ada proses yang rumit ketika seorang ahli menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Dari mulai menyiapkan teropong yang dibutuhkan, proses kalibrasi hingga penayangan ru'yah hilal secara live streaming. Seperti yang dilakukan Lukman Nugraha, Peneliti Astronomi dan Astrofisika BMKG, yang bertugas memantau hilal di BMKG Pusat Jakarta, Jumat (26/5).

Dari hasil pengamatannya, hilal di jakarta tidaklah nampak. Dikarenakan tingginya asap polusi udara di Ibu Kota yang menghalangi peneropongan, meski sejak sore hari langit terlihat cerah. Tetapi di dua titik pengamatan BMKG lainnya, yakni Manado dan Palu hilal pun terlihat. (Ricky Julian)

Video Lainnya

Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar

👤Administrator 🕔Selasa 01 Desember 2020, 12:37 WIB
Ketika aku capek sekolah online, ada yang tetap semangat mengajar online. Beliau adalah guruku,...

Donor Darah Metro TV Bantu Stok Darah PMI Selama Pandemi

👤Administrator 🕔Senin 30 November 2020, 16:53 WIB
Pelaksanaan donor darah Metro TV menerapkan protokol kesehatan. Seluruh panitia dan pendonor darah menggunakan masker serta saling menjaga...

Apa Saja Kandungan Vaksin?

👤Administrator 🕔Senin 30 November 2020, 15:55 WIB
Apa saja sih yang terkandung dalam sebuah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya