Sabtu 03 Oktober 2020, 06:29 WIB

Amien Rais, PAN, dan Partai Ummat

Administrator | Video

SEBAGAI tokoh reformasi, Amien Rais dinilai gagal dalam hal kepartaian. Selepas dari Partai Amanat Nasional (PAN), Amien membentuk partai baru bernama Partai Ummat. Sebelumnya, Amien tersingkir dari Kongres V Partai Amanat Nasional di Kendari pada Februari 2020.

Perpecahan PAN tidak bisa lagi dikendalikan, antara kubu Amien Rais dan Zulkifli Hasan sebagai petahana. Padahal, hubungan mereka tidak hanya sebagai rekan berpolitik, tetapi juga besan. Rupanya, politik tidak berlaku besanan.

PAN adalah partai yang dibidani oleh Amien Rais pascareformasi 1999. Dulunya, masyarakat berharap partai itu menjadi garda terdepan dalam mengusung semangat reformasi. Sayangnya, dalam 5 kali pemilu, PAN tertatih dalam kontestasi pemilu di Indonesia. Perolehan suara PAN tidak begitu signifikan, masih jauh di bawah partai nasionalis dan partai Islam lainnya.

Amien Rais gagal mengantarkan PAN untuk menjadi partai besar dan disegani. Apakah Amien sanggup membawa Partai Ummat menjadi partai papan atas?

Sayangnya tidak. Amien dinilai berat untuk membesarkan Partai Ummat, setidaknya untuk mengalahkan PAN yang dibidaninya. Bahkan Amien dinilai sebagai sosok gagal dalam kancah perpartaian. Amien Rais seperti orangtua yang tidak mampu membesarkan anaknya, yaitu partai. Karena tidak sesuai harapan, lalu membuat anak lagi.

 

NB:
Terkait informasi di dalam video di atas bahwa jumlah partai Islam atau yang berbasis Islam yang ikut kontestasi Pemilu 1999 sebanyak 40, dan yang lolos ke Senayan sebanyak 20. Yang BENAR adalah bahwa jumlah partai Islam atau yang berbasis Islam yang ikut kontestasi Pemilu 1999 sebanyak 19 partai, dan yang lolos ke Senayan sebanyak 9 partai. Demikian perbaikan dilakukan. Salam redaksi. Terima kasih.

Video Lainnya

Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar

👤Administrator 🕔Selasa 01 Desember 2020, 12:37 WIB
Ketika aku capek sekolah online, ada yang tetap semangat mengajar online. Beliau adalah guruku,...

Donor Darah Metro TV Bantu Stok Darah PMI Selama Pandemi

👤Administrator 🕔Senin 30 November 2020, 16:53 WIB
Pelaksanaan donor darah Metro TV menerapkan protokol kesehatan. Seluruh panitia dan pendonor darah menggunakan masker serta saling menjaga...

Apa Saja Kandungan Vaksin?

👤Administrator 🕔Senin 30 November 2020, 15:55 WIB
Apa saja sih yang terkandung dalam sebuah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya