Kamis 23 Juli 2020, 14:00 WIB

Seniman Patung yang Terlupakan

Administrator | Video

DI saat sebelum covid-19 mewabah saja, pesanan pembuatan patung sudah jarang. Apalagi kondisi sekarang, ada proyek yang tertunda untuk waktu yang tidak bisa dipastikan.

Azmir Azhari (67), pematung kawakan tampak sigap membuat maket patung Didi Kempot di halaman rumahnya nan asri, di Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (10/7/2020).

Sempat menekuni seni lukis, namun pengaruh maestro pematung kesayangan Bung Karno, Edhi Soenarso membuat Azmir putar haluan ke seni patung. Sejak era orde baru hingga saat ini.

Di halaman rumah itu juga nampak deretan patung tokoh-tokoh hasil karyanya, seperti patung Prof. Dr. H. Tabrani Rab, patung Lis Shao Bo, hingga patung Jenderal Sudirman dan Taufik Kiemas. Sudah lebih dari 50 patung telah Azmir buat.

Butuh waktu tiga bulan, bahkan bisa lebih untuk membuat satu patung. Beberapa patung realis hasil pahatan Azmir dihargai lima hingga ratusan juta rupiah. Tergantung tingkat kerumitan dan besar kecilnya patung.

Bagi Azmir, patung bukan sekadar nilai seni, akan tetapi juga mengandung nilai sejarah bagi bangsa.

Tidak hanya patung manusia, Azmir juga membuat patung binatang, abstrak, impressionis dan lain-lain. Salah satu patung yang terbesar adalah patung Jenderal Sudirman setinggi 7,5 meter di Purbalingga.

Hasil karya pria kelahiran 1953 di Payakumbuh, Sumatera Barat itu telah sampai ke sejumlah negara seperti China, Hongkong, Jepang, Singapura dan banyak negara lainnya.

Video Lainnya

Pasutri Difabel, Gigih Berjuang di Tengah Pandemi

👤Administrator 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 19:15 WIB
Berawal dari informasi antarteman, yang terus menyebar di grup aplikasi pesan whatsapp, akhirnya usaha jasa cuci mobil pasutri ini semakin...

Daging Kurban Kemasan Kaleng

👤Administrator 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:45 WIB
10 ekor sapi dan 54 ekor domba yang diolah menjadi rendang dalam kemasan kaleng dibagikan ke 1034...

Bedah Editorial MI: Bersih-Bersih Kejaksaan

👤Administrator 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 08:50 WIB
Ekspetasi publik terhadap institusi penegakan hukum di negeri ini sejatinya tak pernah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya