Sabtu 11 Januari 2020, 11:00 WIB

Berkumpul Usai Jam Kerja dengan Hidangan Modern Italia

Administrator | Video

MELEPAS penat selepas bekerja, kini hadir ruang bersantai dan bersantap baru menghidangkan makanan khas Italia di kawasan Jakarta Pusat. Masih satu group dengan Tucano's, Hokkaido Izakaya, dan Harum Manis, restoran Italia Libertà bisa menjadi ruang untuk berkumpul bersama kolega.

Libertà sendiri dalam bahasa Italia berarti kebebasan.

Idenya sendiri melengkapi ruang berkumpul. Makanan Italia juga lebih mudah untuk disantap, sambil minum kopi, menyamil aneka kudapan penutup, juga sambil menikmati anggur dan cocktail.

Brand Owner Libertà Kevin Lie mengatakan sajian Italia dipilih, salah satu alasannya karena mereka melihat tren makanan Italia di Jakarta lumayan kencang.

Main menu mereka memakai bahan menurut Kevin sangat tidak umum dan tidak selalu ada di restoran Italia. Pertama dalam sajian pasta, mereka menggunakan  pasta spaetzle yaitu berbentuk seperti pendek-pendek menyerupai cheese stick.

Pada hidangan bone marrow spinach spaetzel, mereka mengolahnya menjadi warna hijau dengan bayam, kemudian adonan tersebut digoreng menjadi pasta crispy namun dengan rasa yang cenderung manis.

Sesuai namanya pasangan pasta ini berupa sumsum yang ditabur garam dan lada, kemudian dipanggang pada suhu 200 derajat dengan kelembapan 60% selama beberapa saat, kemudian kelembapannya diturunkan menjadi 0% untuk mengeringkan sumsum.

Hasilnya membentuk isi sumsum yang padat namun lembut, bukan cair seperti selama ini kita tahu. Sebelum disajikan, chef akan membumbui kembali dengan garam. Ini yang membuat rasanya menjadi kontras dengan pasta crispy yang manis. Mungkin bila sumsum tanpa digarami lagi, rasa antara pasta dan sumsum menjadi tidak kentara satu sana lain.

Pada hidangan otentik Italia lainnya yaitu pizza, terdapat enam pilihan pizza modern yaitu libertà pizza dan guanciale pizza, menggunakan topping daging pipi babi yang dibumbu keringkan selama 40 hari (40 days dry-aged pork cheek), alla norcina pizza saus merah dengan sosis babi, jamur, keju mozarella dan adas.

Lalu juga ada pizza jamur truffle fungi memakai saus truffle putih, jamur champignon dan mozarella. Untuk pilihan daging ada pizza carnivoro dengan saus merah dan dipersilakan memilih tiga dari enam aneka daging sebagai topping pizza, serta short rib pizza.

Untuk adonan pizzanya sendiri, restoran mencampur beer dan madu pada adonannya. Madu membuat hasil pizza setelah dibakar menjadi lebih berwarna. Rasa rotinya pun menjadi gurih ketika madu yang manis bercampur dengan ragi garam yang asin.

Untuk hidangan penutup khas Italia terdapat cannoli plater, berupa kue gulungan adonan pastri yang dibuat dari tepung, red wine vinegar, telur, butter dan air, kemudian adonan digoreng sebagai kulitnya.

Ukurannya sepanjang jari tangan, bergulung membentuk lubang berisi krim manis yang biasanya mengandung ricotta. Tiap piringnya tersaji 4 warna cannoli, original berisi ricotta jeruk, warna merah jambu berisi stroberi rhubarb, hijau berisi pistachio dan cokelat berisi nutella.

Meski digoreng, bukan berarti menjadi camilan yang garing. Ketika digigit, rupanya masih tetap seperti kue yang hancur bertabur, rasanya pun cenderung datar. Keberadaan aneka isi dari cannoli ini yang menguatkan rasa camilan menjadi medok dan membuat rasanya berbeda signifikan satu sama lain.

Pramusaji juga akan menawarkan daftar minuman anggur untuk mendampingi makanan yang telah Anda pesan. Biasanya pada pesanan makanan daging sapi dan pasta dengan saus merah, pramusaji akan merekomendasi jenis minunan anggur yang cocok menjadi pendamping daging.

Libertà memiliki ratusan jenis minuman anggur yang mereka simpan pada wine cellar, sekitar 300 varian anggur mereka pajang pada wine cellar berdinding kaca di samping bar. Sisanya mereka simpan di gudang penyimpanan anggur. Minuman ini berasal dari beberapa negara seperti Italia, Prancis, AS, Chile, Australia, New Zealand, Argentina dan Afrika Selatan.

Harga wine kami dimulai dari Rp 400 ribuan- Rp 32,3 juta per botol. Yang termahal itu merupakan Chateau Lafite Rothcild tahun 2001.

Jangan khawatir, tamu juga tetap bisa membeli jenis anggur yang ditawarkan per gelas dengan harga Rp 98 ribu, yaitu pada anggur merah ada 2015 Parlare Nero D’Avalo Sicilia Italia, 2017 Ortonese, Sangiovese Puglia, ltalia, 2016 Chateau Du Vin, Cabernet Sauvignon, Merlot, Cabernet Franc, France dan 2017 Frescobaldi, Remote, Sangiovese, Cabernet Sauvignon, Tuscany.

Sedangkan pada sajian gelas anggur putih ada Vino Frizzante Lambrusco Bianco, 2018 Blowrish, Chardonay, South Australia dan 2017 Richland, Sauvignon Blanc.

Tentu saja selain minuman anggur dan dengan alkohol lainnya, Libertà juga tetap menyediakan aneka teh, kopi, minuman cokelat dan jus. Libertà buka setiap hari dari pukul 11.30 WIB-15.00 untuk makan siang. Kemudian mereka akan buka kembali pada pukul 17.30 WIB-23.00 WIB, dengan jam Happy Hour pada 17.30-20.00 WIB. (Try)

Video Lainnya

Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar

👤Administrator 🕔Selasa 01 Desember 2020, 12:37 WIB
Ketika aku capek sekolah online, ada yang tetap semangat mengajar online. Beliau adalah guruku,...

Donor Darah Metro TV Bantu Stok Darah PMI Selama Pandemi

👤Administrator 🕔Senin 30 November 2020, 16:53 WIB
Pelaksanaan donor darah Metro TV menerapkan protokol kesehatan. Seluruh panitia dan pendonor darah menggunakan masker serta saling menjaga...

Apa Saja Kandungan Vaksin?

👤Administrator 🕔Senin 30 November 2020, 15:55 WIB
Apa saja sih yang terkandung dalam sebuah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya