Jumat 09 Juni 2023, 09:55 WIB

Data Center Jadi Komponen Penting Ekonomi Digital

Media Indonesia | Teknologi
Data Center Jadi Komponen Penting Ekonomi Digital

Dok.Ist
Data center menjadi bagian penting dalam ekonomi digital dewasa ini

 

Ekonomi digital makin memainkan peranan besar dalam perekonomian saat ini. Hal ini pada gilirannya mendorong peningkatan kebutuhan infrastruktur digital. Keberadaan data center adalah salah satunya. 

Hal ini terungkap dalam Data Center Summit 2023 yang diselenggarakan Legrand Indonesia.Data Center Summit 2023 sebagai bagian dari Legrand Day 2023,yang telah berlangsung pada 7 dan 8 Juni lalu. 

Data Center Summit 2023 membahas isu menarik seperti tren pasar dan peluang-peluang dalam bidang usaha data center serta proyeksi pertumbuhan industri data center.  Panelis  yang berpartisipasi dalam acara ini juga terdiri dari para pemimpin dan pelaku industri data center, seperti Legrand Indonesia, Uptime Institute, BDx Indonesia, Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO), ST Telemedia Global Data Centers, Neutra DC, Megaroyal IT Comindo, dan Frost & Sullivan. 

Tim Data Center BCA dan BRI juga turut berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait pengembangan data center sesuai dengan
kebutuhan pelaku bisnis saat ini.

Data Center Summit 2023 secara khusus juga menekankan pentingnya keberadaan data center yang berkelanjutan di Indonesia. 

"Semakin bergesernya cara hidup, bermain, dan bekerja kita kearah digital, semakin banyak konsumen dan pengusaha yang menganut dan
beradaptasi dengan teknologi digital yang baru. Hal ini mendorong peningkatan dalam kebutuhan infrastruktur digital, sehingga mendorong juga pembuatan data global yang juga tumbuh secara eksponen. Maka dari itu, data center yang dapat diandalkan, efisien, dan berkelanjutan menjadi komponen penting dalam ekonomi digital kita," ujar  Pieter Loesi dari ST Telemedia Global Data Centers.

Ketua Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO), Hendra Suryakusuma juga menambahkan "Saya melihat banyak potensi yang dapat didiskusikan setelah acara ini. Kami berharap Legrand Indonesia dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi untuk industri data center di Indonesia dalam hal keberlanjutan dan peningkatan efisiensi energi."

"Acara ini menunjukkan komitmen perusahaan [Legrand Indonesia] untuk memajukan industri data center di Indonesia, menjalin hubungan yang berarti, dan memperkenalkan inovasi yang canggih," kata Karine Alquier-Caro; Legrand Group Vice President for South-East Asia.

Tidak hanya membahas mengenai pentingnya peran data center, Legrand Day 2023 juga bertujuan untuk mempersatukan dan mendorong terjadinya kolaborasi antara para pemimpin industri, rekanan, dan pelaku usaha lainnya. 

"Saya harap acara ini dapat menjadi platform bagi kita [Legrand Indonesia] untuk berkontribusi kepada pertumbuhan berkelanjutan data center di Indonesia. Bersama-sama, kita siap untuk membentuk industri
ini," kata Achraf Hegazy.

Dalam acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, Legrand juga mengadakan acara malam apresiasi bersama distributor dan pengusaha ritel sebagai bentuk penghargaan Legrand terhadap kontribusi mereka.

Rangkaian acara tersebut diakhiri dengan peluncuran Legrand XL3DO Electrical Switchboard. Produk tersebut mewakili pencapaian terbaru dalam teknologi electrical switchboard di Indonesia. Fungsionalitas, skalabilitas, dan kemampuan penyesuaian yang canggih dari produk ini dapat memenuhi kebutuhan di sektor perumahan, komersil, dan industri, termasuk sektor data center.

Legrand adalah perusahan internasional yang bergerak dalam bidang kelistrikan dan infrastruktur gedung digital. Dengan komitmen yang kokoh terhadap inovasi dan keberlangsungan, Legrand Indonesia menawarkan rangkaian solusi yang komprehensif yang dapat meningkatkan keamanan, efisiensi, dan konektivitas. (RO/E-1)

Baca Juga

MI/HO

Stasiun Pengendali Bumi SATRIA-1 Rampung Pemeriksaaan Kesiapan Beroperasi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 29 September 2023, 18:20 WIB
Seluruh proses instalasi RFGW 13 meter maupun CSM SATRIA-1 di sebelas gateway atau stasiun pengendali di bumi saat ini telah...
dok ist

Sinergi Masyarakat, Pemerintah, dan Swasta Dapat Ciptakan Startup Unggul

👤Media Indonesia 🕔Jumat 29 September 2023, 17:07 WIB
Melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, anak-anak muda di Bali diharapkan mendapatkan inspirasi untuk membangun startup dengan...
dok ist

CBN Fiber Jalin Kemitraan Strategis dengan Alter Ego Esports dan M-Zone Memajukan Esports

👤Media Indonesia 🕔Jumat 29 September 2023, 16:48 WIB
CBN kembali melangkah dengan meresmikan kemitraan strategis bersama Alter Ego Esports selaku eSports Pro Team dan M-Zone, jaringan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya