Sabtu 10 Desember 2022, 08:10 WIB

Tiger Global Dukung Startup asal Hong Kong Masuk Indonesia

Mediaindonesia.com | Teknologi
Tiger Global Dukung Startup asal Hong Kong Masuk Indonesia

DOK Pribadi.
Didirikan pada 2019 oleh Henson Tsai, SleekFlow memulai perjalanannya sebagai omnichannel social messaging platform.

 

PENDANAAN seri A senilai US$8 juta yang dipimpin oleh Tiger Global untuk SaaS omnichannel social commerce platform SleekFlow berjalan lancar. Startup yang berbasis di Hong Kong ini mengumumkan peluncuran resminya di Indonesia.

Sebagai akselerator penjualan untuk UMKM dan perusahaan besar, SleekFlow akan mengembangkan platform baru yang dapat memperlancar dan mempercepat penjualan. Dengan kantor dan tim baru yang berbasis di Jakarta, perusahaan berambisi menawarkan dukungan terbaik kepada klien di Indonesia serta memenuhi kebutuhan pasar yang sedang berkembang di Indonesia.

Didirikan pada 2019 oleh Henson Tsai, SleekFlow memulai perjalanannya sebagai omnichannel social messaging platform yang kini melayani lebih dari 5.000 bisnis secara global, termasuk Shopee Singapura, Giordano, dan Lalamove Hong Kong. Setelah berhasil beritegrasi dengan lebih dari 2.500 software dan messaging channel, akselerator penjualan SleekFlow kini mengembangkan solusi WhatsApp Cloud API, fitur chat-and-pay serta integrasi Microsoft Dynamics 365, Salesforce dan HubSpot untuk mengoptimalkan social selling bagi brand dan membantu mempertahankan laju kebangkitan social commerce. Pasar tersebut diproyeksikan bernilai US$3,37 triliun pada 2028.

General Manager SleekFlow, Asnawi Jufrie, tim Indonesia yang baru dibentuk ini akan mendukung pengguna dengan platform social commerce terpadu, yang menggabungkan percakapan, katalog produk, solusi pembayaran, dan manajemen pesanan menjadi satu untuk bisnis lintas industri. "Indonesia terlihat sebagai salah satu pasar e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di kawasan ini (ASEAN) dengan nilai yang diproyeksikan mencapai US$53,8 miliar pada 2025. Saat ini, 80% merchants online di Indonesia memperoleh penjualan melalui saluran sosial dan messaging channels. Kami bertujuan membantu penjual lokal meningkatkan megatren yang sedang naik daun ini lebih jauh lagi," terang Founder & CEO SleekFlow, Henson Tsai, dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/12). 

Dengan menampilkan katalog produk yang dapat disesuaikan, platform omnichannel ini ingin lebih melayani perusahaan lokal yang lebih kecil dengan melokalkan penawaran layanannya. Bisnis sekarang dapat meluncurkan toko di aplikasi perpesanan favorit mereka dalam hitungan menit dengan mengunggah file CSV atau menyinkronkan dengan solusi e-commerce. Mulai dari menerima pembayaran lintas negara  hingga menawarkan layanan selama penjualan yang dipersonalisasi, fitur ini akan membantu UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan mereka dengan biaya yang lebih rendah. Menampilkan Microsoft Dynamics 365 Integration baru, SleekFlow membantu menghubungkan percakapan pelanggan di seluruh obrolan online dan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) serta memanfaatkan kemampuan kecerdasan bisnis bawaan platform untuk melacak dan mempercepat perjalanan pembeli dan proses pembelian.

Seiring perdagangan di Indonesia yang semakin komunikatif, bisnis membutuhkan pendekatan yang lebih holistik terhadap Customer Relationship Management (CRM). Dengan mengintegrasikan Salesforce dan Hubspot di platform-nya, SleekFlow membantu brand untuk mengkonsolidasikan, memperbarui, serta mengakses kontak dan percakapan pelanggan di satu platform. Secara bersamaan, penjual dapat menerima pembaruan data konsumen di seluruh platform dan memantau alur kerja untuk merampingkan proses pengambilan keputusan.

Dengan satu dari lima dolar AS yang dihabiskan ritel Asia Tenggara melalui media sosial saat ini, pengalaman chat-to-checkout yang cepat telah menjadi pendorong utama di balik konversi penjualan. Fungsi one-click checkout SleekFlow yang baru dan ekosistem social-to-payment yaitu menawarkan solusi end-to-end yang tepat waktu bagi bisnis untuk bertransaksi langsung melalui social chats. Fitur baru ini menghubungkan bisnis dan konsumen dengan saluran penjualan yang lebih cepat, lebih mudah dan aman, serta membuka jalan baru untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Fungsi tersebut telah sukses diluncurkan di Hong Kong, mendorong loyalitas dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. SleekFlow saat ini bekerja sama dengan payment processor terkemuka di Indonesia untuk mengadaptasi fitur secara lokal pada awal 2023.

Saat konsumen mencari bisnis yang menawarkan komunikasi nyaman, perusahaan itu kini juga didorong untuk mengelola beberapa messaging channels dan platform media sosial secara simultan bersamaan dengan kampanye pemasaran dan penjualan. Dengan memusatkan beberapa saluran perpesanan seperti WhatsApp Business Platform, Facebook Messenger, Instagram chats, dan Telegram, bisnis sekarang dapat memberikan dukungan pelanggan tanpa batas dan secara efektif melacak, mempertahankan, dan mengonversi prospek penjualan potensial dari saluran online dan offline.

Seiring dengan kolaborasi yang terjalin antara SleekFlow dengan Shopify baru-baru ini, perusahaan sekarang juga dapat memfilter pelanggan berdasarkan preferensi pembelian mereka dan menganalisis profil dan perilaku konsumen untuk pemasaran dan jangkauan penjualan yang lebih tertarget. Ini termasuk analitik penjualan dan fungsi tracking kinerja layanan pelanggan sebagai bagian dari fitur CRM untuk meningkatkan retensi pelanggan untuk merek.

Untuk lebih selaras dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, SleekFlow berupaya memanfaatkan posisinya sebagai WhatsApp Business Solution Provider (BSP) untuk menciptakan saluran social commerce baru bagi penjual lokal. Dengan menawarkan layanan hosting WhatsApp Cloud API yang baru di platform-nya, penjual dapat menghubungkan WhatsApp ke berbagai kumpulan teknologi, termasuk shared team inboxes, smart conversation routing, broadcast, dan chatbot tools.

Berawal dari tiga tim pendiri, SleekFlow kini telah berkembang menjadi tim beranggotakan 100 orang di seluruh APAC, Eropa, dan Amerika Latin dengan kantor lokal di Singapura, Malaysia, Indonesia, Brasil, dan Inggris. Didukung oleh pertumbuhan valuasi sebesar 1.200% dalam 12 bulan terakhir dan pertumbuhan pendapatan 500% setelah putaran pendanaan Seri A dan pra-Seri A tahun lalu yang didukung oleh Alibaba Hong Kong Entrepreneur's Fund (AHKEF), SleekFlow akan memperluas bisnis secara internasional dari negara-negara di Asia Tenggara hingga Inggris, Eropa, dan Amerika Latin. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Apps Store Alternatif sebagai Cara Pertumbuhan Inkremental di Masa Depan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:26 WIB
Dalam beberapa tahun terakhir, OEM seluler android utama (Original Equipment Manufacturers) telah meluncurkan toko aplikasi alternatif...
AFP

Sebagian Pemilik Aset Kripto Rentan Ancaman Siber

👤Budi Ernanto 🕔Minggu 29 Januari 2023, 13:02 WIB
Ada juga 38% responden yang tidak menyadari bahwa mereka bisa menjadi target ancaman kripto, bahkan jika mereka tidak memiliki aset...
Ist

Melalui Creator Academy, Social Bread Siap Majukan Kreator Konten Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 11:17 WIB
Social Bread menggelar acara grand launching Creator Academy di Social Bread Creator Hub, The Breeze, BSD City, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya