Selasa 06 Desember 2022, 06:00 WIB

Ini Daftar 10 Aplikasi Pelacak Lokasi

Meilani Teniwut | Teknologi
Ini Daftar 10 Aplikasi Pelacak Lokasi

Ist
Apliksai Google Find My Device

 

LOKASI keberadaan seseorang maupun sesuatu merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari masa kini. Dengan menggunakan aplikasi penunjuk lokasi, kamu bisa tahu keberadaan orang lain. Tentunya, mengetahui keberadaan orang lain tersebut dengan maksud dan tujuan yang baik.

Baca juga: Resmi Beroperasi, Bittime Tawarkan Transaksi Kripto Aman dan Mudah Digunakan

Selain itu, penggunaan penunjuk lokasi juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa bisnis tertentu seperti e-commerce, ojek online, dan delivery online. Oleh karena itu tidak jarang beberapa aplikasi memerlukan akses lokasi untuk mengetahui keberadaan orang lain.

Berikut adalah daftar aplikasi lacak lokasi:

1. Snap Map

Snap Map adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Kamu berbagi lokasi dan melihat teman-teman Anda.

Ketika Snap Maps pertama kali keluar, beberapa pengguna menjadi sangat kesal dengan pelanggaran yang dirasakan terhadap privasi mereka, tetapi Snapchat segera meredakan kekhawatiran tersebut dengan meningkatkan pengaturan privasinya. 

Pengguna dapat menggunakan Snap Map dengan pengaturan privasi diaktifkan atau sepenuhnya mengabaikan fitur dan tidak mengizinkannya untuk berjalan.

2. Google Find My Device

Aplikasi resmi buatan Google ini dapat Kamu pakai untuk melacak dan mencari ponsel kalian yang hilang. 

Kalian bisa membuat ponsel mengeluarkan suara agar semakin mudah ditemukan. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengatur ponsel untuk mengunci secara otomatis, atau bahkan membuat pesan bagi orang-orang yang menemukan ponsel untuk mengembalikannya.

3. Life360: Find Family And Friends

Aplikasi ini ditujukan untuk keluarga atau lingkungan pertemanan. Dengan aplikasi ini, Kamu dapat memantau lokasi anggota keluarga atau teman kalian berada, dan melihat ke mana saja mereka pergi. 

Kalian juga bisa mengingatkan keluarga maupun teman agar lebih berhati-hati dalam menyetir, hingga mencari pertolongan terdekat andaikan kemungkinan terburuk benar-benar terjadi.

4. Phone Number Locator Caller ID

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini membuat Kamu bisa melacak nomor ponsel seseorang. Kalian bisa mencari lokasi penelepon dari peta yang tersedia di dalam aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk memblokir nomor ponsel seseorang jika dirasa sudah meresahkan.

5. iSharing: Find Friends & Family

Pengguna aplikasi ini umumnya berupa anggota keluarga, maupun lingkaran pertemanan. Hal ini karena aplikasi ini dibuat untuk mengetahui keberadaan keluarga dan teman, mulai dari histori lokasi, tujuan lokasi berikutnya, hingga kecepatan kendaraan yang dikendarai pengguna. 

Pengguna juga bisa mendapat notifikasi jika ada keluarga dan teman yang ingin berkunjung, atau memiliki keadaan darurat.

6. Find My Kids: Location Tracker

Aplikasi ini terbilang cukup unik karena tujuan penggunaannya bukan untuk melacak orang. Kamu dapat memakai aplikasi ini untuk melihat kondisi suatu daerah layaknya melihat melalui satelit. Kalian bisa melihat hal-hal seperti kemacetan, kondisi cuaca, kecepatan angin, peta panas, hingga ketinggian lokasi.

7. GeoZilla – Find My Family

Layaknya sejumlah aplikasi sebelumnya, Kamu  bisa menggunakan aplikasi ini untuk melacak keberadaan keluarga kalian. Aspek-aspek yang bisa kalian lihat di dalam aplikasi ini meliputi lokasi seseorang secara real time, histori kunjungan, kecepatan mengemudi dan rekam jejak surat tilang, serta notifikasi terkait adanya kecelakaan.

8. Find My Phone – Family Locator

Aplikasi ini juga menjadi alternatif bagi keluarga untuk saling mengetahui keberadaan masing-masing anggotanya. Dengan aplikasi ini, mereka dapat menemukan anggota keluarga mereka di tengah kerumunan, memastikan keadaan anggota keluarga dalam perjalanan, serta berbicara satu sama lain melalui chat.

9. Familo – Find My Phone Locator

Aplikasi ini memiliki fitur serupa dengan beberapa aplikasi pelacak lokasi yang tadi sudah disebutkan sebelumnya. Dengan tampilan yang cukup minimalis, Kamu bisa memakai aplikasi ini untuk melacak dan mengetahui keberadaan keluarga atau teman, dan memberi mereka kabar menggunakan tombol darurat dalam keadaan genting.

10. My Family – Family Locator

Aplikasi terakhir yang akan dibahas ini juga biasa digunakan oleh keluarga agar mereka dapat memastikan keadaan anggota keluarga lain dalam kondisi baik-baik saja, dengan cara memantau lokasi serta melihat histori kunjungan mereka.

Itulah 10 aplikasi pelacak orang terdekat bisa digunakan untuk memantau posisinya. Gimana, kamu tertarik untuk mencobanya? Ingat, gunakan hanya untuk alasan keamanan, ya! (OL-1)

Baca Juga

DOK pribadi.

Inovasi Digital Airin Perkuat Ekosistem Logistik Laut

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:45 WIB
Airin menawarkan sejumlah keunggulan dalam aplikasinya, antara lain fitur vessel tracking tanpa...
ANTARA

Kemenkominfo Gelar OOTD demi Indonesia Cakap Digital

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 03 Februari 2023, 16:07 WIB
Literasi digital sangat penting karena Indonesia negara yang besar dengan masyarakat yang sangat banyak dan memiliki ratusan juta pengguna...
Ist

Dukung Perluasan Digitalisasi di Tanah Air, APJII dan AFPI Jalin Kerja Sama

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 14:47 WIB
"Saat ini sektor yang digeluti APJII dan AFPI terus mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Saat ini pertumbuhan akan internet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya