Sabtu 03 Desember 2022, 07:40 WIB

Raih Penghasilan dari Discord

Pro/M-2 | Teknologi
Raih Penghasilan dari Discord

Dok. 123RF.com

 

APLIKASI Discord mengumumkan perluasan fitur langganan mereka untuk para penggunaannya. Saat ini, fitur tersebut sudah dapat dinikmati pengguna Discord di AS, sebelum akan diluaskan bagi pengguna Discord di berbagai negara lain.

"Mulai sekarang, kami meluncurkan fitur Server Subscriptions untuk pengguna yang lebih luas. Fitur ini akan memungkinkan kreator konten di Discord untuk mendapatkan uang secara langsung dari aktivitas mereka di aplikasi ini," ujar Kreator Produk Discord Derek Lang, dilansir dari Theverge.com, kemarin.

Lang menjelaskan fitur langganan dapat dinikmati pengguna Discord dengan beberapa kriteria. Itu di antaranya berusia minimal 18 tahun, memiliki nomor telepon dan e-mail yang terverifikasi, akunnya lolos pemeriksaan keamanan isi konten atau tidak memuat konten berisi hal terlarang, serta menggunakan sistem pengamanan autentikasi dua faktor.

Para pengguna Discord yang memenuhi kriteria tersebut akan langsung dapat mengaktifkan fitur monetisasinya. Tak ada syarat batas konten yang dibuat, aktivitas, ataupun hal lainnya yang saat ini menjadi syarat monetisasi aplikasi lainnya seperti Youtube.

Menariknya, Discord memberikan kebebasan bagi pemilik akun untuk menentukan harga berlangganan yang harus dibayar para pengikutnya. Akan disediakan beberapa pilihan harga, pemilik akun dapat menentukan sendiri mana yang akan dibebankan pada penikmat konten mereka. Kebijaksanaan dan kejelian melihat segmen merupakan hal yang dibutuhkan pemilik akun agar lebih banyak orang yang mau membayar untuk menikmati konten mereka.

Nantinya, pemilik akun akan mendapatkan sebesar 90% dari total pendapatan yang mereka kumpulkan. Sisanya menjadi milik Discord. Jumlah tersebut dinilai sebagai hal yang wajar jika dibandingkan dengan pembagian monetisasi yang ditentukan Twitch’s bagi penggunaannya, yakni masing-masing 50%.

Pembayaran akan dikirimkan Discord pada pemilik akun 30 hari setelah perhitungan di akhir bulan selesai. Jadi, pemilik akun akan mendapatkan pembayaran atas monetisasi sepanjang Januari pada 1 Maret.

Pemilik akun harus bisa mengumpulkan monetisasi sebesar minimal US$100 atau sekitar Rp1,4 juta sebelum bisa melakukan pencairan dana pertama. Setelah itu, dana monetisasi bisa dicairkan setiap bulannya dengan raihan minimal sekitar Rp350 ribu.

Selain itu, pemilik akun harus menyaring konten mereka agar dapat dimonetisasi. Discord telah merilis daftar muatan konten yang tak akan dapat dimonetisasi. Itu di antaranya konten berisi tentang obat terlarang, senjata berbahaya, kekerasan, pelecehan, serta beberapa konten yang terafiliasi dengan aplikasi bermuatan eksploitasi seksual seperti Only Fans.

Sementara itu, bagi sebagian orang, aplikasi Discord mungkin masih kurang familier. Namun, di kalangan pencinta gim daring, Discord ialah aplikasi yang sangat populer. Discord membuat komunikasi antarpemain jadi lebih mudah dan berjalan mulus.

Discord merupakan aplikasi perpesanan yang juga dapat melakukan komunikasi berupa panggilan suara dan video. Aplikasi Discord pertama kali diluncurkan pada 2015 oleh pengembang Discord Inc, asal AS.

Sejak diluncurkan, kepopuleran Discord terus melesat seiring dengan peningkatan minat pada permainan daring.

Terdapat beberapa fitur di Discord, di antaranya server, channel, perpesanan teks, streaming, dan panggilan video. Server merupakan salah satu fitur yang membuat Discord lebih terkenal. Server memungkinkan para pemain gim membuat ruang pertemuan mereka. Ada banyak pilihan server di Discord yang dapat dimasuki penggunanya untuk bertemu komunitas-komunitas gim dari berbagai wilayah.

Saat ini, Discord dapat digunakan pada sejumlah sistem operasi gawai, yakni Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS.

 

 

Baca Juga

pixelprivacy

Ransomware dan Phishing Kian Merajalela

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 12:45 WIB
Microsoft DDR 2022 menunjukkan jumlah password attack diperkirakan mencapai 921 serangan per detik, meningkat 74% dalam satu...
Ist

MT Legends Menjadi Juara Turnamen PINTU Battleground

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 11:27 WIB
Dihadiri lebih dari 200 pecinta game, pada gelaran grand final kali ini MT Legend berhasil keluar sebagai pemenang dan membawa hadiah uang...
MI/HO

IOH Serah Terimakan Hadiah Pemenang IMPoin Pesta Hadiah 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 10:45 WIB
IMPoin Pesta Hadiah 2022 merupakan program penghargaan dengan total hadiah hingga Rp1,7 miliar bagi para pelanggan setia IM3 yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya