Senin 28 November 2022, 19:10 WIB

Inspiratif Anak Muda ini Dulu Kuli, Sekarang Pengusaha Digital

mediaindonesia.com | Teknologi
Inspiratif Anak Muda ini Dulu Kuli, Sekarang Pengusaha Digital

DOK. Pribadi
Tri Hariyanto, pengusaha bisnis online

 

DIGITALISASI tidak hanya mengubah gaya hidup masyarakat, juga sanggup membalik nasib seseorang. Begitulah yang dirasakan Tri Hariyanto atau akrab disapa Mbah Tri. 

Mantan kuli bangunan ini sukses membangun karier sebagai online-preneur atau pengusaha bisnis online. "Saya mengawali karier di dunia digital sejak 2008. Mulai dari bisnis jualan pulsa kecil-kecilan," ujar pria kelahiran Ngawi, Jawa Timur ini.

Kala itu, Mbah Tri sangat putus asa setelah kena tipu. Dia harus merelakan sepeda motor kesayangan pemberian orang tuanya, dijual demi membeli laptop untuk mendukung bisnisnya.

"Saya nekat menjual motor untuk membeli laptop meskipun semua orang menentangnya, demi menggapai mimpi untuk sukses di dunia digital, serta membayar semua utang yang lalu," katanya.

Dibenaknya hanya ada satu keinginan, mengubah nasib. Pria yang lahir dari keluarga kurang mampu di desa kecil ini, sudah bosan hidup susah. 

"Kesulitan hidup sudah melekat dengan saya sejak kecil. Saya pernah jadi kuli bangunan, pengamen jalanan untuk bertahan hidup. Pernah tertipu bisnis MLM juga," kenang Mbah Tri.

Berkat semangat dan kerja keras kerasnya, kini Mbah Tri menjadi salah seorang online-preneur paling dikenal di Tanah Air.

PT Trijaya Digital Grup (TRIDI) yang didirikannya pada 2018 menaungi Rekber.in, P-Store.Net, koi.co.id, TriPay.id, dan Cekmutasi.co.id. 

"Sekarang saya punya puluhan karyawan. Terbukti, usaha tidak pernah mengkhianati hasil," ucap pria berusia 28 tahun ini.

Mbah Tri menjelaskan, Rekber.In adalah jasa rekening bersama yang menjamin keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Bahkan bertransaksi hingga ratusan juta lebih pun dijamin keamanan dan tidak mematok fee alias bayar seikhlasnya.

Cekmutasi.co.id, kata Mbah Tri, memberikan kemudahan untuk mengelola banyak rekening bank dalam satu dashboard.  "Layanan ini menyediakan fitur verifikasi pembayaran otomatis dari berbagai bank besar dan e-money, dengan integrasi API secara mudah dan profesional," terangnya.

TriPay.id, lanjut Mbah Tri, adalah server pulsa elektrik termurah di Indonesia dengan sistem multichip. Jadi, pengguna tidak perlu lagi memiliki banyak chip dan ponsel untuk tiap-tiap operator.

"Tripay.id menyediakan berbagai sistem pengisian pulsa seperti website, WebApps, aplikasi messenger dan API untuk melakukan pengisian pulsa semua operator, pembayaran PLN prabayar, voucher game online, dan lain-lain," tuturnya.

Sementara koi.co.id berangkat dari hobinya beternak. Dia membangun kolam besar di samping rumahnya dan memiliki banyak aquarium berisi ikan koi yang dipasarkannya melalui koi.co.id dan aplikasi  android Indonesia Koi Center.

"Lha hobi, terus ada pasarnya, ya sekalian nyemplung saja berbisnis koi," kata Mbah Tri.

Sedangkan P-Store.Net yang dulu dioperasikan di sebuah ruangan kecil di Desa Cepoko, Ngawi, kini menempati kantor yang lebih baik dengan puluhan karyawan. Menjelma menjadi marketplace produk virtual terbesar dan tepercaya.

"Dulu member-nya cuma segelintir orang. Sekarang sudah lebih dari 100.000 member. Alhamdullilah. Ada ratusan ribu produk di dalamnya," ungkap pemilik akun facebook @mbahtriku

Nama P-Store.Net diambil dari inisial ibunya. Sebelum meninggal dunia, sang ibu berharap dibuatkan toko untuk berjualan. Namun karena tidak cukup modal, Tri mendirikan toko online. "P itu sebenarnya inisial nama ibu saya," jelasnya.

Ke depan, Mbah Tri berharap bisa menjangkau lebih banyak orang, agar bisa mendapatkan manfaat dari bisnis online seperti yang dirasakannya selama ini. "Mumpung masih ada usia," pungkasnya. (RO/R-2)

Baca Juga

Ist

Kompor Gas dengan Digital Timer Memiliki Ragam Keunggulan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:01 WIB
Pengguna kompor gas dengan timer dapat menghasilkan hidangan yang sempurna tanpa khawatir terjadi kegagalan memasak yang tidak...
Ist

Venom Ventures Fund Berinvestasi US$5 Juta di Blockchain Everscale

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:03 WIB
Everscale adalah blockchain utama yang bertujuan untuk memecahkan masalah skalabilitas yang menghambat industri...
Ist

Platform E-Commerce Plugo Bantu Pengusaha dan Brand Berkembang

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:30 WIB
Platform -commerce berbasis di Jakarta yang baru saja meraih pendanaan US$9 juta Desember 2022 lalu, Plugo, resmi meluncurkan platform-nya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya