Kamis 17 November 2022, 14:33 WIB

Zoom Paparkan Deretan Inovasinya hingga Tahun Depan

Mediaindonesia.com | Teknologi
Zoom Paparkan Deretan Inovasinya hingga Tahun Depan

DOK Pribadi.
Ricky Kapur.

 

ZOOM Video Communications, Inc. menyorot evolusi lanjutan dari platformnya melalui peluncuran versi beta pada produk-produk baru dalam rangkaian perangkat produktivitas yakni Mail dan Calendar. Fungsi Zoom Mail and Calendar bekerja bersama dengan layanan komunikasi dan kolaborasi yang telah tersedia pada Zoom Meetings, Phone, Whiteboard, dan Team Chat.

"Kini, tim dapat beralih dengan cepat dan lancar dari email ke rapat video, mengubah obrolan teks menjadi panggilan telepon, berkolaborasi dalam proyek, dan awal tahun depan, mereka dapat berbagi pakai whiteboard. Semua dapat dilakukan tanpa perlu keluar dari aplikasi Zoom," ungkap Ricky Kapur, Head of APAC at Zoom, pada Zoomtopia APAC 2022, konferensi tahunan terbesar Zoom di Asia Pasifik, Kamis (17/11). Zoom juga meluncurkan email yang di-hosting oleh Zoom sendiri.

Opsi layanan kalender yang tersedia dalam versi beta serta terintegrasi langsung dengan platform Zoom, sehingga ideal untuk bisnis yang ingin meningkatkan privasi dalam komunikasi mereka, tetapi tidak memiliki tim teknologi informasi (TI) khusus.

Co-working space virtual Zoom, Zoom Spots, yang akan hadir di 2023, juga diperkenalkan dalam acara tersebut. Zoom Spots ialah ruang kerja tetap yang didukung oleh video dan terintegrasi. Ini ditujukan untuk mendorong diskusi yang inklusif, menjaga rekan kerja tetap terhubung, dan menghadirkan interaksi yang lancar antara kerja tatap muka ke tim hibrida yang berada di lokasi berbeda-beda sepanjang hari. Asal tahu saja, Zoom meluncurkan lebih dari 1.500 fitur dan pembaruan pada tahun ini. 

"Pergeseran menuju gaya kerja hibrida menuntut inovasi yang cepat di tengah lingkungan bisnis yang penuh tantangan ini," kata Kapur. "Gaya kerja hibrida akan tetap berlangsung, sehingga tim kerja perlu dilengkapi dengan platform komunikasi fleksibel yang mendukung mereka bekerja secara produktif dan kolaboratif dari mana saja. Pada akhirnya, inovasi dan pembaruan berkelanjutan platform kami bertujuan untuk mencapai satu hal yakni membantu perusahaan-perusahaan memberikan pengalaman kerja yang aman dan lancar bagi karyawan dan pelanggan mereka." 

Ia menegaskan kembali komitmen Zoom terhadap Asia Pasifik dengan terus berinvestasi dalam talenta-talenta untuk mendorong pertumbuhan bisnis di wilayah ini dan fokus untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat setempat. Zoom baru-baru ini mengumumkan putaran baru pendanaan untuk beberapa organisasi nirlaba di APAC yang dipimpin oleh Zoom Cares, perpanjangan tangan Zoom dalam memberikan dampak sosial. 

CEO dan Founder Zoom, Eric Yuan, turut berbagi visinya dalam Zoomtopia APAC dengan merinci fase selanjutnya dari evolusi Zoom dan inovasi-inovasi utama yang akan mendukung platform di era baru ini. "Kami senantiasa menjadi perusahaan yang didirikan untuk menghubungkan dan menyatukan orang-orang," kata Yuan. "Semakin banyak orang di seluruh dunia mulai memikirkan ulang hal yang benar-benar bisa membuat mereka bahagia. Kami ingin membantu agar mereka dapat melihat hal-hal yang terpenting bagi mereka. Visi Zoom untuk masa depan adalah menyatukan lingkungan fisik dan digital dengan cara-cara baru untuk menciptakan pengalaman lebih inklusif, imersif, dan kolaboratif. Kami berfokus untuk menyediakan sebuah platform yang paling cocok untuk kehidupan dan alur kerja organisasi, serta karyawan dan pelanggan mereka."

Sejak peluncuran Zoom Up Partner Programme pada Maret 2022, perusahaan itu telah memiliki lebih dari 800 mitra di seluruh Asia Pasifik (kecuali Jepang) melalui program ini. Para mitra ini, yang fokus dalam membantu pelanggan memenuhi kebutuhan komunikasi dan kolaborasi mereka, menghasilkan kontribusi pendapatan 35% bagi keseluruhan bisnis Zoom di Asia Pasifik. Zoom telah menggandeng DMOA sebagai distributor barunya di Korea Selatan, menambahkan anggota baru ke dalam ekosistem mitra Zoom di Asia Pasifik, yang juga meliputi Dicker Data di Australia, Tradewinds di Selandia Baru, rhipe di Asia, dan Savex Technologies di India. Kekuatan ekosistem mitra Zoom telah berkontribusi pada kesuksesan besar Zoom Phone, yang mencapai empat juta seats secara global hanya dalam 3,5 tahun.

Di antara pembaruan-pembaruan yang diumumkan pada Zoomtopia APAC 2022 yaitu layanan keamanan terbaru Zoom (dalam tahap beta) meliputi fitur enkripsi end-to-end sebagai bagian dari Zoom Mail Service (juga dalam tahap beta), enkripsi lanjutan untuk pesan suara Zoom Phone, serta peluncuran pembaruan otomatis Zoom client untuk pengguna di tingkat perusahaan (membantu pengguna memanfaatkan fitur terbaru Zoom dan pembaruan keamanan). Menandai tonggak sejarah terbarunya, Zoom juga baru saja menyelesaikan penilaian Information Security Registered Assessor Program (IRAP) Australia yang menunjukkan bahwa produk dinilai berada pada posisi yang baik berdasarkan standar keamanan Australia untuk memberikan layanan komunikasi bagi sektor publik Australia. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Argaming Shop Penuhi Kebutuhan Gamers dari Amatir Hingga Pro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:54 WIB
Para gamers bisa menghasilkan uang dengan bermain games di aplikasi, melalui video streaming dan mengikuti kompetisi dari tingkat lokal,...
DOK Pribadi.

Lintas Teknologi Indonesia Dorong Percepatan Transformasi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:12 WIB
Saat ini teknologi bukan lagi sekadar alat yang dibutuhkan dalam operasional bisnis atau organisasi, melainkan dasar dari sumber keunggulan...
dok.ist

Ganjar Jadi Mentor Kreator Indonesia Berkarya

👤Haryanto 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:02 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi mentor para konten kreator Indonesia dalam acara Kreator Indonesia Berkarya watch Indonesia di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya