Rabu 21 September 2022, 15:21 WIB

Simak, Ini Tips Personal Branding Untuk Maksimalkan Konten di Media Sosial

Mediaindonesia.com | Teknologi
Simak, Ini Tips Personal Branding Untuk Maksimalkan Konten di Media Sosial

Freepik.com
Ilustrasi kreator konten

 

TINGGINYA penggunaan internet ikut memunculkan banyak profesi baru di bidang digital, salah satunya kreator konten yang kini makin digemari karena dinilai punya propektus yang bagus.

Meski demikian, konten yang dihasilkan tidak hanya sekedar viral, tapi juga harus mampu menunjukkan jati diri si pembuat konten, agar makin dikenal oleh warganet. Untuk itu, diperlukan personal branding untuk membangun imej kreator konten yang lekat di warganet.

Kepala Inkubator Bisnis Politeknik APP Jakarta Fajria Fatmasari mengatakan, ada empat pertanyaan yang harus dipertanyakan agar mampu memahami personal branding kita. 

"Pertama, tanyakan kepada diri kita tipe konten apa yang akan di share kepada konsumen. Kedua, value apa yang ingin kita komunikasikan kepada konsumen. Ketiga, siapa konsumen kita dan seperti apa konsumen kita?. Terakhir, goal apa yang ingin dicapai dengan brand kita," papar Fajria Fatmasari dalam webinar bertajuk "Tips: Personal Branding melalui Sosial Media” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital SIberkreasi.

Chief Business Officer Paberik Soeara Rakjat Tio Prasetyo mengatakan, ada empat etika yang perlu dipahami dalam melakukan sosial media marketing. Pertama, kesadaran akan adanya tujuan menggunakan teknologi digital. 

Kedua, harus bertanggung jawab dari setiap konten yang dibuat dan diposting di sosial media. Ketiga, selalu jujur setiap membuat konten dan informasi bisnis kepada pelanggan dan calon pelanggan melalui sosial media. 

"Terakhir, selalu berpedoman kepada asas manfaat, kemanusiaan, dan kebaikan dalam membuat konten”, ujar Tio Prasetyo.

Baca juga : Pentingnya Bertindak Positif, Kreatif, dan Aman di Internet

CEO & Co-founder Paberik Soeara Rakjat Pradipta Nugrahanto melengkapi pembahasan mengenai tips personal branding melalui sosial media ditinjau dari perspektif pilar aman digital. 

Menurutnya, keamanan digital adalah sebuah proses untuk memastikan penggunaan layanan digital, baik secara daring maupun luring. 

"Dalam melakukan sosial media marketing penting untuk memiliki kompetensi keamanan digital yang mumpuni, seperti mengamankan perangkat digital, mengamankan identitas dan aset digital bisnis, serta selalu memberikan watermark di setiap konten yang kita buat dan share”, papar Pradipta.

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.  

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik. 

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat.  

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Ist

Aplikasi PINTU dan Bappebti Tingkatkan Literasi Kripto di UGM

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 11:32 WIB
Aplikasi Pintu bersama Bappebti menggelar Pintu Talk (Campus Edition) di Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM di...
Ist

Doss Vaganza 2022 Siap Dukung Industri Kreatif di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 20:20 WIB
Doss Vaganza merupakan acara yang kami persembahkan bagi para fotografer, videografer, kreator konten, dan pelaku industri...
Dok. Biznet

Kolaborasi Biznet Data Center-Merkle Innovation Luncurkan Private Cloud Lintas Perangkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 18:59 WIB
Kolaborasi itu bertujuan untuk menghadirkan ekosistem infrastruktur digital yang terintegrasi dengan berbagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya