Selasa 16 Agustus 2022, 22:03 WIB

Mode Menonton Baru, Bisa Tambah Penghasilan

Abdillah M Marzuqi | Teknologi
Mode Menonton Baru, Bisa Tambah Penghasilan

MI/ HO
DiamondTok

 

BELUM lama, pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao menulis komentar di Majalah Fortune India. Ia berpendapat decentralized finance (DeFi) akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat pada tahun ini.

“DeFi melihat inovasi yang cepat pada tahun 2021 dan kami kemungkinan akan melihat minat dan inovasi yang berkembang pada tahun 2022, dengan SocialFi dan GameFi menjadi pendorong utama,” tulisnya.

DeFi adalah sebuah sistem keuangan terbuka dan global yang dibangun untuk era internet. DeFi merupakan ekosistem aplikasi keuangan berbasis blockchain yang dapat beroperasi tanpa otoritas pusat. Jika sebelumnya layanan keuangan bergantung pada lembaga seperti bank yang bertindak sebagai perantara, maka dengan DeFi, fungsi perantara dilakukan oleh kode yang tertulis pada smart contract. Selain itu, DeFi mampu memangkas biaya layanan keuangan secara signifikan.

Sedangkan SocialFi adalah kombinasi dari dua kata social (sosial) dan fianance (keuangan). SocialFi menyatukan prinsip-prinsip media sosial dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). Platform SocialFi menawarkan pendekatan Web3 (terdesentralisasi) untuk membuat, mengelola, dan memiliki platform media sosial dan konten yang dihasilkan oleh para pesertanya. Monetisasi biasanya dalam cryptocurrency, sementara manajemen identitas dan kepemilikan digital didorong oleh token nonfungible (NFT).

Dibandingkan DeFi, saat ini SocialFi bisa menjadi segmen yang sangat menjanjikan. Munculnya SocialFi adalah langkah maju dalam sistem keuangan terdesentralisasi. Hal itu dibuktikan dengan banyak kemunculan konten yang mendapatkan popularitas.

Banyak monetisasi dalam video pendek masih dilakukan dengan cara yang sederhana. Penyediaan konten dilakukan oleh pembuat konten pada sebuah platform, dan pengguna tidak mendapatkan pendapatan saat menontonnya. Hal itu berbeda dengan Diamondtok. Pembuat konten bisa mendapat imbalan karena mengunggah konten berkualitas. Para pengguna bisa menambah penghasilan melalui aktivitas di jagat maya seperti menonton, menyukai, dan berkomentar.

Akhirnya token DiamondTok, DTOK, terdaftar di Binance yang menjadi bursa mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan. Dalam DiamondTok, para pengguna bisa berbagi manfaat platform. Di sisi lain, platform dan pengguna menciptakan nilai pasar bersama. Diamondtok yang dipimpin oleh Cryptocurrency dan Danhua Capital itu mempunyai prospek pengembangan yang tidak bisa diremehkan. Tokennya DTOK dikeluarkan pada 0,001 USD. (OL-8)

Baca Juga

MI/Syarief Oebaidillah

Startup Ini Gabungkan Pendidikan dengan Kesehatan dalam Satu Aplikasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 30 September 2022, 22:09 WIB
"Sekolah sehat berarti harus ada suatu sistem yang mendukung tumbuh kembang anak didik, guru-guru, staff, baik akademik dan...
Freepik.com

Twitter Juga Bisa Jadi Medium Pemasaran Digital, Ini Tipsnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 19:38 WIB
Ketua Divisi Kemitraan SIberkreasi Oktora Irahadi menyebutkan, ada 4 hal yang harus diketahui untuk melakukan pemasaran melalui twitter....
Freepik.com

Jaga Loyalitas Pelanggan di Media Sosial, Begini Caranya

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 19:23 WIB
Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia Virna Lim menambahkan, komunikasi dan pelayanan akan menjadi hal yang penting dalam mendukung membangun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya