Minggu 07 Agustus 2022, 12:25 WIB

Objektif Menyaring Sumber Berita

Mediaindonesia.com | Teknologi
Objektif Menyaring Sumber Berita

onestopenglish.com
Ilustrasi

 

Kemajuan teknologi membuat informasi semakin mudah didapat. Sekarang berita di dunia digital tidak hanya diedarkan portal berita. Sejumlah website atau blog juga menyebarkan artikel.

Website atau blog mungkin dibuat untuk menyebarkan artikel untuk berbagi kisah atau informasi. Banyak orang underestimate bahwa informasi dari blog-blog tersebut tidak benar.

“Kita harus objektif. Tidak semua media dimulai dari besar. Kita tidak boleh tutup mata kepada website yang mungkin jarang didengar. Kita tidak boleh menganggap 100 persen tidak boleh dibaca,” kata Komite Kampanye dan Publikasi Mafindo, Google Trainer, CEO of Rempah Karsa, Puji F. Susanti di Kediri, Jawa Timur, pada Selasa (2/8).

Portal media yang sudah terverifikasi dan terdaftar Dewan Pers menjadi sumber informasi terpercaya di dunia digital. Liputan 6, Media Indonesia, Sindo, Kompas, dan Tempo. Portal-portal ini mainstream atau biasa didengar. Sehingga bisa dianggap sudah memenuhi prasyarat sebagai portal atau website yang menyajikan informasi benar.

Sebaliknya, individu yang cakap digital harus berhati-hati memilah informasi di portal tidak mainstream atau blog. Mungkin artikel tersebut menyertakan data benar, tapi disertai opini penulis yang berpotensi menyudutkan salah satu pihak.

“Kita harus melihat lagi, website tersebut ditulis siapa, editor siapa, tulisan artikel di blog atau website bagus, mencantumkan penanggung jawab. Cek redaksi atau siapa penanggung jawab, letak kantor, setidaknya ini garansi untuk kita bahwa tulisan tersebut dapat dipertanggungjawabkan,” kata Puji.

Sehingga setiap orang harus mebaca keseluruhan artikel. Kemudian, kalau masih belum yakin, bisa cek langsung kebenaran artikel dengan mengunduh aplikasi Mafindo, Hoax Buster Tools. (OL-12)

Baca Juga

AFP/NOAH BERGER

Dianggap Langgar Hak Paten, Meta Diwajibkan Bayar Ganti Rugi Rp263,7 Triliun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 06:30 WIB
Juri di sebuah pengadilan federal Texas memutuskan bahwa fitur live, yang ada di Facebook dan Instagram, menggunakan teknologi yang...
DOK Pribadi.

Agar Melek Digital Marketing, JNE Gandeng Jagoan Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 20:30 WIB
Ada pergeseran tren cara penjualan beberapa tahun terakhir yaitu memasarkan produk apapun telah menggunakan platfrom teknologi, mulai IG,...
Ist

Work from Kosan, Kenali Pentingnya Koneksi Internet yang Lancar

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 10:34 WIB
Omada sebagai networking solution dari TP-Link dapat menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan untuk segmen Small Medium...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya