Senin 01 Agustus 2022, 16:50 WIB

Pentingnya Blockchain Bagi Periklanan Digital

mediaindonesia.com | Teknologi
Pentingnya Blockchain Bagi Periklanan Digital

dok.pribadi
t Edo Fernando, Country Head Xapads Media Indonesia

 

TEKNOLOGI Blockchain muncul pertama kali pada Oktober 2008, dan menjadi populer pada tahun 2017, ketika saat itu cryptocurrency dan bitcoin mencapai puncaknya, akan tetapi segera runtuh setelah nilai bitcoin turun dan sejak itu Blockchain seperti hibernasi. Seiring berjalannya waktu Blockchain telah berkembang lebih maju dan dapat diterapkan di semua bidang industri termasuk pemasaran digital.

Menurut Edo Fernando, Country Head Xapads Media Indonesia, Blockchain memiliki peran besar dalam industri pemasaran digital karena selama ini industri digital advertising sangat bergantung pada pihak ketiga. “Blockchain menghilangkan perantara antara dua pihak, itu akan membantu merek dan pelanggan. Dengan Blockchain, pemasar dapat mengumpulkan data pelanggan yang valid, membuat dan menyimpan profil pelanggan,Ini akan membantu pemasar membuat kampanye dan iklan yang lebih bertarget dan efisien," kata Edo, Senin (1/7).

Peran penting lainnya dari Blockchain adalah mengembalikan kekuatan kepada konsumen. Hingga saat ini, sebagian besar agensi dan merek telah banyak diuntungkan dengan mengumpulkan data dari konsumen dengan/tanpa izin mereka. Namun, Teknologi Blockchain dapat mengubah tren ini dengan menghapus kemampuan mereka untuk menarik data konsumen dan menjaga privasi data pelanggan.

Dengan kata lain, Edo menekankan bahwa teknologi Blockchain akan mengubah cara bisnis berinteraksi dengan konsumen dan merek. Hasil terbaik dari teknologi ini adalah peningkatan transparansi dan perlindungan data. Ini telah membantu banyak pemasar mendapatkan akses ke prospek yang lebih akurat dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan mereka. Sebab pemasaran digital menjadi industri yang bergerak cepat, fleksibel, dan terbuka untuk inovasi (jika dibandingkan dengan industri lainnya).

Selain itu, pemanfaatan Blockchain juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi penipuan iklan. Umum bagi pengiklan untuk kehilangan sejumlah besar uang pada klik palsu bot, tayangan palsu, cetakan palsu, penumpukan iklan, penjejalan piksel, spoofing domain, dan banyak lagi tindakan penipuan. Blockchain akan membantu melacak sumbernya dan menghemat pengeluaran, jelasnya.

Dengan demikian, teknologi blockchain dapat membantu mendapatkan kepercayaan, efisiensi, dan otomatisasi. Terutama mereka yang mendukung usaha kecil atau pemula untuk menjalankan iklan skala besar, teknologi blockchain menawarkan banyak peluang baru untuk menjangkau pelanggan dengan biaya minimal melalui tokenisasi. Hal Itu membuat transaksi lebih efisien dengan menghilangkan perantara dan memungkinkan data dibagikan dengan aman dan langsung di antara peserta jaringan. Selain itu, ini mempercepat pemrosesan transaksi sebagai bentuk efisiensi.

“Blockchain akan memberikan dampak positif dan progresif pada industri pemasaran digital. Sekarang adalah waktu terbaik bagi bisnis untuk mengadopsi platform dan alat yang bertenaga Blockchain untuk meningkatkan hubungan merek-pelanggan dan meningkatkan pengalaman. Dengan menjadi pengadopsi Blockchain sedini mungkin, kita bisa lkebih cepat beradaptasi dengan Blockchain yang memungkinkan untuk memimpin dalam revolusi digital ini," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga:  Memahami Masa Depan Blockchain dan Cryptocurrency di Indonesia

Baca Juga

Ilustrasi

Investasi Online yang Aman? Simak Tips Berikut Ini

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:37 WIB
Tips belajar berinvestasi yang baik dan benar. Pertama, selalu cek keaslian dan legalitas tempat investasi, apakah sudah terdaftar di...
DOK Sinar Mas Land.

LLV dari Sinar Mas Land Gaet Microsoft Dukung Pengembangan Startup

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:30 WIB
Living Lab Ventures (LLV), investment arm dari Sinar Mas Land, kembali menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan startup...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Facebook Uji Jadikan End-to-end Encryption Sebagai Default di Messenger

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:15 WIB
Fitur end-to-end encryption sebenarnya sudah ada sejak 2016 di Messeger, namun layanan itu sebelumnya harus diaktifkan secara manual oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya