Jumat 29 Juli 2022, 21:33 WIB

Teknologi Digital Dorong Pertumbuhan dan Inovasi Pemasaran Bisnis Kuliner

Mediaindonesia.com | Teknologi
Teknologi Digital Dorong Pertumbuhan dan Inovasi Pemasaran Bisnis Kuliner

Freepik.com
Ilustrasi memesan makana via aplikasi

 

BISNIS kuliner merupakan bisnis yang digandrungi oleh seluruh kalangan pada saat ini, entah itu dari kalangan pebisnis, artis, bahkan hingga ibu rumah tangga turut menjajal bisnis tersebut. Pasalnya, bisnis ini dapat meraup keuntungan yang tidak main-main dikarenakan makanan sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia.

Hal tersebut menjadi pembahasan dalam webinar bertema “Peluang dan Strategi Bisnis Kuliner di Era Digital” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Humas Pemprov Sulawesi Selatan Mudrikan Hidayat Nacong menyebutkan sejumlah model bisnis kuliner, diantaranya seperti bisnis outlet, mitra, vendor, outsourching, katering, dan lainnya. Menurutnya, terdapat beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum membuka bisnis kuliner, salah satunya yaitu menentukan model bisnis yang ingin dilaksanakan. 

Menurut Hidayat, bisnis kuliner dapat sukses di era digital karena orang membutuhkan makanan dari pagi hingga malam, dimana orang yang sudah memesan makanan dapat memesannya kembali setelah ia bangun dari tidur.

“Bisnis kuliner itu entry barrier-nya lebih mudah masuk dibandingkan bisnis yang lain, dimana di era pandemi, pemerintah mempermudah sistem perizinan bisnis kuliner,” ujarnya.

Azura dari Asosiasi Sales Nasional Indonesia (ASNI) menjelaskan, digitalisasi ikut mengerek bisnis kuliner. Selain itu, juga muncul berbagai macam promo pemasaran yang dilakukan pebisnis kuliner di platform digital.

Baca juga : Ini Risiko Bila Data Pribadi Bocor di Internet

“Kita bisa memasukkan produk-produk best seller kita, memasukkan promo-promo dari tanggal berapa dan tanggal berapa, dimana hal ini gratis. Selanjutnya, bisa juga dengan live. Contohnya di Tiktok lagi banyak banget ya yang jualan sambil live sampai ada free ongkir dan segala macem. Kemudian, dapat juga belanja sambil berinteraksi dengan pelanggan sehingga belanja lebih menyenangkan,” katanya.

Relawan TIK Karawang Sekar Arum Nurhusni menggarisbawahi pentingnya hak merek dagang dikarenakan selain dapat mencegah orang lain menggunakan merek yang serupa namun juga dapat menjadi bukti keabsahan dan kepemilikan eksklusif merek serta untuk mendapat perlindungan hukum. Tidak hanya itu ia juga menampilkan alur pengajuan merek hak dagang.

“Setiap pengusaha memiliki hak untuk mengamankan merek yang mereka ciptakan. Selanjutnya, merek yang dimiliki oleh pedagang dan sudah terdaftar secara resmi akan mendapatkan hak perlindungan yang kuat," ujarnya.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. 

Kegiatan itu khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP/MANAN VATSYAYANA

Warga Tiga Negara Asia Tenggara Ini Paling Sulit Menjangkau Harga Ponsel Pintar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 07:15 WIB
Di ketiga negara itu, harga rata-rata ponsel pintar kelas menengah adalah dua kali atau lebih dari gaji bulanan...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Ini Perbandingan Keterjangkauan Harga Ponsel Pintar Populer di Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 06:45 WIB
Untuk membeli ponsel pintar dengan spesifikasi kelas atas, masyarakat Indonesia membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk menjangkau kelas...
DOK Pribadi.

Pentingnya Legalitas Startup dan Kompresi Data

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:46 WIB
Legalitas suatu startup dinilai penting untuk dapat melindunginya dari berbagai hal yang berpotensi merugikan entitas atau produknya. Untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya