Jumat 22 Juli 2022, 11:02 WIB

Simak, Ini Tips Menaikkan Penjualan di Lokapasar

Mediaindonesia.com | Teknologi
Simak, Ini Tips Menaikkan Penjualan di Lokapasar

Freepik.com
Ilustrasi e-commerce

 

PENJUALAN lewat platform marketplace atau lokapasar kian menjanjikan. Namun, ada cara-cara tertentu bagi penjual yang bisa dilakukan untuk menaikkan omset penjualannya. Pengenalan karakteristik konsumen sangat penting.

Demikian yang mengemuka dalam webinar bertema “Pahami Fitur E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan”, Selasa (19/7), di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Ketua Asosiasi Sales Nasional Indonesia (ASNI) Hasrul As menuturkan pentingnya lokapasar dalam meningkatkan penjualan, salah satunya karena adanya kemudahan dalam mengaksesnya sehingga tidak menyulitkan pembeli. 

Berdasarkan survei, kaum milenial masih mendominasi dalam transaksi belanja daring.  

“Apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin mendaftarkan produk atau usaha kita di e-commerce? Pertama, cari informasi tren produk. Sebelum Anda memutuskan untuk berjualan suatu produk di e-commerce, ada baiknya Anda untuk mencari tahu lebih dahulu produk yang sedang ramai di masyarakat. Kedua, kenali target market. Ini sangat penting supaya kita tidak membuang-buang waktu untuk menyasar target. Ketiga, tentukan harga yang tepat. Ini yang membuat pembeli untuk memutuskan apakah membeli atau tidak,” tuturnya.

Relawan TIK Provinsi Bali dan Koorprodi Bisnis Digital Universitas Bali Internasional, Vitalia Fina Carla Rettobjaan menjelaskan jenis-jenis iklan, dimana salah satunya terdapat iklan elektronik lalu diikuti dengan karakteristiknya. Dalam memanfaatkan iklan elektronik, diantaranya dengan memahami manfaat produk, mengetahui demografi pembeli, dan melancarkan aksi. 

“Pengelolaan iklan di Facebook dahulu dilakukan oleh Facebook Ads namun sekarang sudah beralih menjadi Meta Ads. Kemudian, di Google juga bisa seperti Google Ads. Jadi apa yang ibu bapak gunakan itu bisa digunakan untuk beriklan,” ujarnya.

Baca juga : Pentingnya Warga Digital Ketahui Kesadaran dan Manfaat Berinternet

Dosen Perdagangan Internasional IBK Nitro Budhi Krisnanto menggarisbawahi penggunaan lokapasar bagi pebisnis atau pengusaha pemula, yakni dapat melakukan eksperimen sebanyak mungkin dengan media yang ada dan sangat sederhana, yaitu menggunakan gawai pintar pribadi. 

Menurutnya, tujuan dari eksperimen tersebut adalah untuk melakukan uji coba terhadap beberapa salinan, format, ataupun gambar dari produk. Tidak hanya itu, penjual juga dapat bereksperimen di situs yang dimiliki, serta kita dapat meningkatkan fitur-fitur di situs dengan cara melihat respon pengunjung terhadap fitur-fitur tersebut. 

“Beberapa fitur dalam e-commerce ada ubiquity, dimana e-commerce itu memiliki jaringan internet sehingga bisa mengefisiensi biaya karena jaringannya luas. Yang kedua, fitur globalis. Artinya, kita bisa melintasi batas-batas, bisa saja batas wilayah. Selanjutnya, kita juga punya standar. Standar ini juga harus dilakukan spesifikasi karena harus disesuaikan dengan standar dan kualifikasi yang kita pakai karena minimal kita harus menguasai baik itu dari segi hardware-nya maupun software-nya," tuturnya.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. 

Kegiatan itu khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Pacu UMKM Naik Kelas, McEasy Luncurkan Sistem Manajemen Transportasi Versi Mobile

👤mediaindonesi.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:47 WIB
Transportation Management System atau TMS adalah sejenis lunak terintegrasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan...
Ist

MyRepublic Perluas Cakupan Internet di Lampung, Serang, dan Cilegon

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:01 WIB
penyedia layanan internet MyRepublic terus menjalankan misinya untuk menjadi Pride of Indonesia dengan memperluas area cakupan ke seluruh...
Dok. Binance

Binance Tunjuk Yi He Pimpin Usaha Modal Ventura Binance Labs

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:28 WIB
Sejak didirikan pada 2018, Binance Labs telah membuat imbal hasil 2.100%. Perombakan kepemimpinan menunjukkan prioritas Binance terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya