Kamis 14 Juli 2022, 15:03 WIB

Kurangi Risiko Ketidakamanan di Dunia Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
Kurangi Risiko Ketidakamanan di Dunia Digital

Ilustrasi
Ilustrasi pasar digital

 

Sebanyak 204,7 juta orang atau setara 73,7% dari populasi penduduk Indonesia telah menggunakan internet, menurut survei We Are Social dan HootSuite 2021. Masifnya jumlah pengguna ditenggarai kondisi Covid-19 yang membuat adanya pembatasan sosial, sehingga banyak aktivitas yang beralih ke online.

Setelah dua tahun berjalan, di mana masyarakat seolah dipaksa untuk melakukan transformasi digital akhirnya sebagian besar orang makin nyaman untuk bertransaksi digital. Padahal ada risiko yang mengancam, di mana data pribadi di internet bisa disalahgunakan.

"Tidak ada 100% yang aman di dunia digital, namun risikonya bisa dikurangi sedapat mungkin," Kata Anggota Ikatan Guru TIK PGRI, Fajar Tri Laksono di Trenggalek, Jawa Timur, pada Senin (11/7).

Lebih jauh dia mengatakan, sebaiknya jangan mudah percaya dengan segala hal yang ada di internet. Apalagi di internet segala macam informasi begitu banyak beredar, lebih teliti lagi mengenai hoaks dengan cek dan ricek kembali sumber berita sebelum membagikan ulang agar tidak menimbulkan kegaduhan. "Mawas diri dan selalu waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital," katanya lagi.

Bukan hanya beredarnya hoaks. Kewaspadaan terkait keamanan digital diperlukan dengan kompetensi pengetahuan terkait hardware dan software yang sehari-hari digunakan. Amankan kerahasiaan data perangkat seperti gadget termasuk laptop, kemudian lindungi password dengan tidak membuatnya mudah ditebak dan sering-sering untuk menggantinya secara berkala. (OL-12)

Baca Juga

Ist

WIR Group dan Yayasan Nexticorn Gelar Konferensi dan Expo Web 3 di Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:08 WIB
 Acara konferensi Web 3 akan mendatangkan pembicara-pembicara kelas dunia serta pemimpin industri Web 3 baik dari dalam maupun luar...
asmmdigital.com

Membuat Konten Harus Luwes dan Kreatif

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:52 WIB
Netizen Indonesia bisa menggunakan media sosial secara lebih produktif dengan membuat konten-konten bermanfaat bagi orang dan mendapat...
Dok

Perusahaan Konstruksi dan Infrastruktur Adaptasi ke Teknologi Digital Lebih Efisien

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:53 WIB
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor EPC ini kini juga menyesuaikan dengan perkembangan zaman, dengan memperkuat bisnis melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya