Kamis 14 Juli 2022, 00:00 WIB

Budaya Bermedia Digital Alami Banyak Tantangan

Mediaindonesia.com | Teknologi
Budaya Bermedia Digital Alami Banyak Tantangan

gettingsmart.com
Ilustrasi

 

Budaya dalam bermedia digital saat ini mengalami berbagai tantangan. Seperti mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya nilai kesopanan dan kesantunan, dan menghilangnya budaya Indonesia karena media digital menjadi panggung budaya asing.

"Minimnya pemahaman hak-hak digital, kebebasan berekspresi yang kebablasan, berkurangnya toleransi dan penghargaan akan perbedaan juga menjadi problema," ujar Kaprodi Teknik Geomatika Unitomo, Yunus Susilo di Kediri, Jawa Timur, Senin (11/7).

Lebih jauh menurut dia, semua itu juga masih ditambah menghilangnya batas-batas privasi dan pelanggaran akan hak cipta dan kekayaan intelektual. Adapun masyarakat pengguna perlu memiliki budaya bermedia digital sebagai landasan etika dalam menggunakan internet. Apalagi pengguna internet terus bertambah.

"Pengetahuan dasar akan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi landasan kecakapan digital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya lagi.

Masyarakat perlu menjadi pelaku digitalisasi yang berbudaya melalui pemanfaatan Teknologi Informasi Komputer (TIK). Bahkan pengetahuan dasar yang mendorong perilaku mencintai produk dalam negeri untuk membentengi masuknya budaya asing dan pengetahuan akan hak-hak digital diperlukan.

Nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tungga Ika yang tak boleh dilupakan dalam kehidupan bermedia digital antara lain terwujud dalam tiap sila. Seperti sila pertama mengenai cinta kasih, sila kedua kesetaraan, sila ketiga mengutamakan harmoni dan kepentingan Indonesia daripada pribadi maupun golongan. Kemudian sila keempat demokratisasi yakni memberi kesempatan setiap orang untuk bebas berekspresi dan sila kelima mengenai gotong royong. Bersama-sama membangun budaya digital yang aman dan etis bagi setiap pengguna. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Pacu UMKM Naik Kelas, McEasy Luncurkan Sistem Manajemen Transportasi Versi Mobile

👤mediaindonesi.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:47 WIB
Transportation Management System atau TMS adalah sejenis lunak terintegrasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan...
Ist

MyRepublic Perluas Cakupan Internet di Lampung, Serang, dan Cilegon

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:01 WIB
penyedia layanan internet MyRepublic terus menjalankan misinya untuk menjadi Pride of Indonesia dengan memperluas area cakupan ke seluruh...
Dok. Binance

Binance Tunjuk Yi He Pimpin Usaha Modal Ventura Binance Labs

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:28 WIB
Sejak didirikan pada 2018, Binance Labs telah membuat imbal hasil 2.100%. Perombakan kepemimpinan menunjukkan prioritas Binance terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya