Kamis 07 Juli 2022, 23:01 WIB

Era Revolusi Industri Butuh Individu yang Cakap Bermedia Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
Era Revolusi Industri Butuh Individu yang Cakap Bermedia Digital

vecteezy.com
Ilustrasi

 

Individu yang cakap bermedia digital dianggap memiliki kompetensi dalam hal mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras maupun lunak dalam lanskap digital. Termasuk dalam menggunakan mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, loka pasar, dan transaksi digital.

"Cakap digital termasuk bisa memilah, jangan sampai informasi yang didapat ternyata hoaks. Jadi ketika mendapat informasi kita filter dulu telusuri apakah fakta atau hoaks," kata Dosen Politeknik Jember, Muhammad Yunus di Lamongan, akhir pekan lalu.

Lebih lanjut dia mengatakan, cakap dalam bermedia digital saat ini sudah menjadi tuntutan kehidupan sehari-hari di era revolusi industri yang semuanya serba digital. Apalagi untuk transaksi bisnis, berbelanja di lokapasar. Sementara jika tidak beradaptasi dengan digitalisasi, maka individu akan tertinggal.

Tentunya penggunaan perangkat dan pemanfaatan ruang digital harus dengan bijaksana agar tidak mengalami kerugian seperti kebocoran data yang bisa menjadi potensi kejahatan siber. Karena itu, individu juga perlu memahami bagaimana aspek keamanan digital. (OL-12)

Baca Juga

Dok The Verge

Ini Harga dan Spesifikasi Samsung Seri Z Flip 4 5G Terbaru  

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 06:00 WIB
Ponsel pintar Samsung Galaxy Z Flip 4 5G dibanderoli dengan harga antara Rp14 juta hingga Rp15,5...
Freepik.com

Literasi Digital Dapat Hasilkan Konten Viral Positif di Dunia Maya

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:31 WIB
Membuat konten viral tidak harus dengan konten negatif dan nyeleneh. Konten edukatif dan inspiratif yang menjunjung etika juga bisa...
Ilustrasi

Literasi Digital Dapat Tangkal Hoaks di Internet

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:11 WIB
Jurnalis Freelance sekaligus Relawan Edukasi Anti Hoaks Indonesia Irmawati Puan Mawar menekankan untuk selalu mengecek kebenaran suatu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya