Selasa 03 Mei 2022, 13:58 WIB

Google Bernostalgia dengan Ponsel Jadul

Mediaindonesia.com | Teknologi
Google Bernostalgia dengan Ponsel Jadul

Fabrice COFFRINI / AFP
google

 

Google baru merilis set emoji baru mengajak para pengguna gawai bernostalgia dengan suasana HP jadul saat semua jenis tulisan masih berwarna hitam putih.

Inspirasi dihadirkannya kembali emoji itu terinspirasi saat komunikasi masih sangat sederhana dan hanya ada 176 pilihan emoji kala itu.

Melansir XDA Developers, Selasa, kondisi ini tentu sangat kontras dengan masa kini lewat banyaknya pilihan opsi komunikasi dan juga set emoji yang kini tercatat mencapai 3.633 jenis berdasarkan Standar Unicode pada September 2021.

Untuk membuatnya terasa semakin nyata, Google menghadirkan emoji hitam putih itu menggunakan jenis tulis Noto Emoji Color fonts namun menghilangkan warnanya.

Ini menjadi tantangan bagi Google agar tidak ada masalah yang ditimbulkan ketika warna dari emoji yang sudah ada dihilangkan sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah.

Meski mengambil set emoji yang sudah ada, namun untuk mengurangi warna dan hanya mempertahankan garis- garis saja rupanya dibutuhkan kerja ekstra oleh Google.

Misalnya seperti emoji yang menunjukkan karakter manusia, maka akhirnya Google memilih untuk membuat emoji "blob" yang terlihat seperti gumpalan awan.

Bagi anda yang merindukan masa- masa HP jadul berjaya, mungkin anda bisa mengunduh emoji- emoji ini di perangkat elektronik kesayangan anda lewat Google Font.

Google Noto Emoji Font adalah jenis tulisan yang merupakan sumber terbuka dan bisa memenuhi kebutuhan emoji pengguna perangkat elektronik termasuk lebih dari 3000 font yang telah terdaftar di Unicode Standard, demikian dikutip dari forum XDA pada Selasa (3/5). (Ant/OL-12)

Baca Juga

Sec Newspaper

Jutaan Email Phishing Disamarkan Jadi Berkas HTML

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 24 Mei 2022, 08:15 WIB
"Para pelaku kejahatan siber dengan cerdik menggunakan permintaan yang disamarkan untuk kredensial masuk dan mengelabui korban yang...
dok.ist

BIG Luncurkan Video Game Bertema Metaverse Bridge In Gain

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 05:45 WIB
PT Benua Integrasi Global (BIG) meluncurkan video game bertema metaverse, Bridge In...
Ist

BSSN Dorong Kaum Perempuan Geluti Bidang Keamanan Siber

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 22:44 WIB
Melibatkan perempuan dan anak perempuan dalam pekerjaan di bidang keamanan siber adalah langkah yang tepat untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya