Senin 25 April 2022, 14:08 WIB

Serba-serbi Seputar Template Website yang Patut Anda Ketahui

mediaindonesia.com | Teknologi
Serba-serbi Seputar Template Website yang Patut Anda Ketahui

Ist
Website template merupakan sebuah website di mana Anda tidak perlu lagi untuk mendesain segala sesuatunya dari awal.

 

SEIRING perkembangannya yang begitu dinamis, Internet memberi manfaat untuk banyak hal. Termasuk dalam dunia bisnis, dan aspek lebih luas di dalamnya.

Sebagai pelaku bisnis, ada banyak langkah yang bisa Anda tempuh agar lebih dapat memperlihatkan citra lebih profesional terhadap perusahaan Anda. Salah satunya, adalah dengan memiliki website resmi

Mempunya desain website dengan tampilan menarik, profesional, dan mudah digunakan merupakan impian semua pelaku bisnis. Hanya saja, untuk memiliki website ideal semacam ini, tentu membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Alhasil, banyak pelaku bisnis yang kemudian mencari alternatif lain dengan harga jauh lebih murah. Untuk mendapatkan harga serta tingkat kepraktisan, pilihan mereka kemudian jatuh pada website template.

Baca juga: Empat Tantangan Utama Telekomunikasi Dukung Teknologi Digital

Website template merupakan sebuah website dimana Anda tidak perlu lagi untuk mendesain segala sesuatunya dari awal. Anda hanya perlu memilih elemen atau tema yang sudah ada agar dapat segera memiliki website,” demikian ulasan dari situs penyedia template website gratis, Zyro.

Karena manfaat kemudahan ini pula, kemudian membuat banyak pelaku bisnis yang menggunakan website template untuk solusi membuat website yang mudah, cepat, sekaligus terjangkau.

Memang, hal ini bukan menjadi sebuah masalah. Meski demikian, banyak pelaku bisnis yang kurang memahami kelemahan serta kelebihannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dalam memanfaatkan desain website template.

Proses Pembuatan Lebih Cepat

Pemanfaatan website template memang praktis. Sebab, semua yang Anda butuhkan sudah terjadi dalam satu kerangka template desain.

Kemudian, Anda hanya perlu mengganti beberapa elemen desain website seperti warna, gambar, logo dan lain berdasarkan selera atau keinginan Anda.

Sementara, untuk mempunyai sebuah website yang dibangun dari awal dapat membutuhkan waktu bahkan hingga berbulan-bulan lamanya.

Dengan template tersebut, Anda bisa mendapatkan website dengan cepat dan siap dioperasikan sesegera mungkin.

Tersedia Banyak Pilihan

Pada situs-situs penjual desain website template di internet, ada ribuan template yang tersedia. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang berbayar hingga gratis.

Anda hanya perlu mencari template yang sesuai berdasarkan kebutuhan perusahaan atau usaha bisnis Anda. Anda tidak perlu bingung soal unsur desain seperti warna, tipografi, dan fitur-fitur website lainnya.

Sebab, semuanya bisa dimodifikasi karena mayoritas dari provider template website profesional akan menyediakan pengaturan tersebut. Meski memang tetap terbatas, tidak seperti custom website.

Biaya Relatif Lebih Terjangkau

Potensi bisnis online memang sangat menggoda. Namun, Anda membutuhkan website untuk menunjang bisnis agar semakin dikenal dan memudahkan pemasaran.

Lalu, apabila Anda bisa mendapatkan desain website yang menarik dan terlihat profesional dengan harga terjangkau, tentu akan mengurangi pengeluaran Anda. Semua itu bisa Anda dapatkan lewat fitur website template.

Berbeda ketika membangun website custom lewat Agency atau web developer mungkin Anda harus mengeluarkan biaya hingga puluhan juta.

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Website Template

Sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur ini, perlu Anda ketahui bahwa website template digunakan oleh ratusan pengguna. Sehingga, ada kemungkinan besar desain yang Anda pilih sama dengan perusahaan lain.

Maka, untuk menyiasatinya, Anda perlu meng-custom desain website sendiri jika ingin desain yang lebih eksklusif untuk perusahaan. Dengan begitu, desain website Anda tidak akan 100% sama persis dengan situs lainnya.

Kemudian, kebanyakan website template tidak dioptimasi untuk mesin pencari. Padahal, faktanya mesin pencari lebih tertarik pada kata-kata daripada gambar. Hal ini yang patut menjadi perhatian untuk Anda.

Setelah mengetahui hal-hal seputar penggunaan desain website template, apabila Anda hendak memulai pembuatan sebuah website untuk usaha Anda menggunakan template, perhatikanlah beberapa hal berikut ini.

● Adakah support dari penyedia template

● Bagaimana sistem garansi penyedia template

● Apakah template mudah dikustomisasi

● Perhatikan kecepatan load page website Anda

Demikian informasi seputar pemanfaatan fitur website template. Anda bisa memanfaatkannya apabila benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan Anda memilih penyedia website template terbaik dengan layanan yang sepenuhnya mampu mendukung bisnis online Anda. Selamat mencoba. (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

Dok.Ist

Fotile Indonesia Perkenalkan Konsep Dapur Bahagia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:15 WIB
Fotile telah banyak berinvestasi dalam praktik penelitian dan pengembangan peralatan dapur terkemuka di dunia selama 25...
Ist/Kemenkominfo

Kemenkominfo Gandeng Aruna Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital Bersama Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:48 WIB
Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya Kemenkominfo dalam mengedukasi masyarakat akan teknologi digital khususnya bagi nelayan...
AFP

Penelitian Terbaru Ungkap Sejumlah Tantangan Edge Computing

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:15 WIB
Ada strategi-strategi yang dapat diadopsi oleh para profesional di bidang TI dan pengambil keputusan untuk future-proofing kemampuan edge...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya