Selasa 15 Maret 2022, 09:17 WIB

Program Scalebox dari Sinar Mas Land Lancarkan Pendanaan bagi Start-Up

Mediaindonesia.com | Teknologi
Program Scalebox dari Sinar Mas Land Lancarkan Pendanaan bagi Start-Up

DOK Sinar Mas Land.
Merry Riana sebagai salah satu yang mengisi program Scalebox.

 

SINAR Mas Land melalui Digital Hub sukses menyelenggarakan kegiatan Scalebox yang diikuti 175 start-up dari BSD City, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, serta 20 provinsi lain di seluruh Indonesia bahkan hingga Jepang dan Belanda. Scalebox merupakan acara yang digagas Digital Hub dengan menggandeng Nakama.id untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi start-up berbasis digital.

Kegiatan Scalebox berlangsung secara virtual selama empat bulan mulai dari September 2021 hingga Januari 2022. Dalam acara itu, Digital Hub dan Nakama.id memberi kesempatan belajar dan kompetisi bagi pelaku start-up. Ratusan pendaftar kemudian dilombakan dalam beberapa tahap hingga diperoleh 10 peserta terbaik yang maju ke Demo Day untuk bertatap muka langsung dengan para Venture Capital dan Angel Investor. 

Dari 10 start-up terbaik tersebut, delapan di antaranya berhasil mendapatkan pendanaan, yaitu Female in Action, Xetia, Leastric, Amiga, Educourse, Carikemasandotcom, Aquila Herbs, dan Spiralife. Perusahaan modal ventura yang berkolaborasi dalam Scalebox kali ini yaitu Sinar Mas Land, Sovereign's Capital, Patamar Capital, MDI Ventures, EV Growth, Ideasource dan Spiral Ventures, serta turut dihadiri oleh 10 Angel Investor. Nakama.id berterima kasih kepada seluruh Supporting Partner program Scalebox kali ini, yaitu Parker, AWS, Instellar, Indigo, Venturi Startup Studio, Cakruk, STEMpreneur, Impactpreneur, Founders Live, Chameleon, Media Startup, Startup Borneo, Palembang Digital, Group of Smart Courses (GSC), dan Rakamin Academy.

CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap berharap pendanaan dari acara Scalebox dapat digunakan para pelaku start-up untuk berkembang lebih optimal. "Sinar Mas Land membangun Digital Hub bukan hanya secara fisik tetapi juga sebagai ekosistem. Lebih dari sekadar wadah, kami juga menunjang keperluan komunitas digital agar dapat bertumbuh bersama kami. Diharapkan start-up yang menerima pendanaan melalui program Scalebox dapat menjadi kisah sukses sebagai champion dari Digital Hub." 

CEO Nakama.id, Debora Temmy, menambahkan bahwa kegiatan ini mendapat banyak sambutan positif dari pelaku start-up dan investor. Scalebox memberikan pelaku start-up akses pendampingan, pelatihan dan pendanaan. Dari 10 Startup terbaik, imbuh Temmy, terpilihlah delapan start-up yang mendapatkan pendanaan dari MDCO dan Patamar Capital senilai lebih dari US$10 juta serta kredit pembelajaran di Amazon Web Services (AWS) senilai total US$300.000. 

Scalebox mendapatkan animo positif dari pelaku start-up di dalam dan luar negeri. Agus Setia dari Xetia.io yang mengikuti program ini dari Osaka, Jepang, mengimbuhkan pelatihan dari Scalebox memberi masukan untuk business plan saya. Dari sini ia juga berhasil menemukan beberapa blindspot yang dapat segera diperbaiki sehingga aplikasinya bisa beroperasi lebih optimal. Selain mendapatkan pendanaan dari Venture Capital, para start-up juga akan dibukakan potential access market oleh Nakama.id sehingga start-up bisa lebih berkembang, mempermudah dalam scale up, dan menyempurnakan bisnis mereka. (RO/OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Brand PX asal Taiwan Dukung Percepat Peralihan Siaran TV Analog ke Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 09:25 WIB
DENGAN meredanya pandemi, kini Taiwan Exellence telah kembali ke Indonesia untuk melakukan aktivitas kegiatan terpadu bagi pembeli atau...
Freepik.com

Senang Mengekspresikan Diri, Jangan Kebablasan Unggah Data Pribadi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:30 WIB
Aspek keamanan harus menjadi perhatian sebab sama halnya dengan dunia nyata, ada risiko yang mengancam saat beraktivitas di dunia...
MI/HO

IOH dan Google Cloud Lanjutkan Kerja Sama Strategis Kembangkan Inovasi Solusi Digital

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:45 WIB
Kerja sama Indosat Business dan Google Cloud juga telah digunakan oleh beberapa universitas ternama termasuk UIN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya