Selasa 21 Desember 2021, 18:36 WIB

Kemenkeu Meraih Level Bintang Lima Top Digital Awards 2021

mediaindonesia.com | Teknologi
Kemenkeu Meraih Level Bintang Lima Top Digital Awards 2021

Ist
Beberapa instansi pemerintah meraih level bintang lima Top Digital Award 2021 di antarannya Kementerian Keuangan.

 

SETELAH melalui serangkaian proses penjurian yang memakan waktu sekitar tiga bulan, akhirnya para pemenang, peraih bintang “Top Digital Awards 2021” diumumkan secara langsung.

Puncak Acara Top Digital Awards 2021 dilaksakanakan di Raffles Hotel Jakarta, Selasa (21/12) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dibagi dalam dua sesi, pagi dan sore hari.  

Sejumlah pimpinan kementerian, lembaga/badan negara, kepala pemerintah daerah, wali kota, serta IT Manager dari berbagai perusahaan hadir dalam acara ini untuk menerima penghargaan.

Pandemi Covid-19 tetap tak menyurutkan  kreativitas dan inovasi serta antusias peserta, baik dari perusahaan, organisasi, maupun institusi dan lembaga kepemerintahan dalam menghadirkan solusi inovasi baru berbasis digital.

Seperti aplikasi untuk mendukung sistem kerja baru jarak jauh (teleworking), aplikasi smart city, e-government, aplikasi pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, finance, HR, dan lainnya.

Bahkan di tengah pandemi Covid-19 transformasi digital mengalami lompatan baru di berbagai kalangan masyarakat. 

Pada lembaga kepemerintahan inovasi terutama terkait aplikasi untuk meningkatkan e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta implementasi konsep smart city (kota cerdas).

Sedangkan bagi pelaku usaha, inovasi transformasi digital juga sebagai upaya untuk mempersiapkan diri memasuki era Revolusi Industri 4.0, sekaligus meningkatkan daya saingnya di kancah global.

Apalagi Pandemi Covid-19 telah memaksa seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk bertransformasi  memanfaatkan layanan digital.

Semua pihak dipaksa beradaptasi dengan kebiasaan baru yang bertumpu kepada teknologi digital.  

Sehingga adopsi dan disrupsi teknologi digital, kini terjadi tak hanya pada lingkaran elite kota-kota besar saja, tetapi juga meluas hingga ke daerah. Internet, aplikasi TIK, serta online system, kian jadi andalan masyarakat untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari.

Tak pelak inovasi aplikasi baru juga banyak bermunculan, sehingga puncak acara “Top Digital Awards 2021” banyak bertabur bintang dari para pemenang atas terobosan dan inovasi digital. 

Beberapa perusahaan dan instansi pemerintah berhasil meraih penghargaan tertinggi atau level bintang lima (#Star5) di antaranya Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Selain itu, ada Direktorat Jenderal Pajak (DJP), PT Bank Centrak Asia (BCA) Tbk., PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk,  PT Aero System Indonesia (Asyst), PT Global Digital Niaga  (Blibli.com), PT Jasa Raharja, PT Wijaya Karya (Pdersero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan Badan Standardisasi Nasional (BSN). 

Dalam keynote speech-nya, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letnan Jendral TNI (purn) Hinsa Siburian yang disampaikan Wakil Kepala BSSN  Irjen Pol. Sutanto mengatakan, kegiatan Top Digital Awards 2021 dengan tema “Accelerating Digital Transformation ini Business & Government” selaras dengan visi pemerintah untuk terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat dan mandiri, di mana teknologi informasi memiliki peran penting untuk hal tersebut.

Ditambahkan, meningkatnya transformasi digital, termasuk yang karena dipicu situasi pandemi Covid-19,  telah membawa berbagai dampak positif untuk berbagai aspek kehidupan.

"Melalui transformasi digital, perusahaan mendapatkan cara pandang baru dalam mengelola perusahaan, mengoptimalkan operasional perusahaan, dan mengubah model bisnis lebih efisien," katanya.

Terkait penyelenggaraan TOP Digital Awards, Menteri Komunikasi dan Informatika (MenKominfo) Johnny G. Plate dalam sambutan yang disampaikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menyatakan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini.

“Kegiatan Top Digitak Awards yang diselenggarakan oleh majalah ItWorks ini, sangat selaras dengan arah kebijakan Presiden RI yang dijalankan oleh Kemenkominfo," katanya.

"Kebijakan pemerintah yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya," kata Semuel.

"Oleh karenanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sangat mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Pemerintah lanjutnya juga telah mengeluarkan kebijakan Smart City dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital di instansi pemerintahan

Sementara itu, M. Lutfi Handayani, MM., MBA, selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan, Top Digital Award merupakan kegiatan penilaian dan penghargaan IT Telco digital terbesar dan paling membanggakan di Indonesia.

Hal ini dapat terlihat, dari jumlah peserta yang terus meningkat dengan jumlah penjurian.

“Tahun 2021 ini, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 172 Instansi pemerintahan dan korporasi bisnis yang berarti mencatat kenaikan 7,5%  dibanding tahun 2020 lalu sebanyak 160 peserta,” ujarnya.

Penentuan pemenang 

Sementara itu, Ketua Dewan Juri, Prof. Dr.Ing.Ir.Kalamullah Ramli, M.Eng mengatakan, penentuan pemenang dilakukan melalui bererapa tahapan.  Metode diawali dengan seleksi awal terhadap 800-an calon peserta, untuk menghasilkan 200 kandidat terbaik.

Para pakar TI dan Dewan Juri, merekomendasikan kandidat-kandidat perusahaan dan instansi pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya.

Beberapa data pendukung, termasuk hasil penilaian SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB, juga menjadi pertimbangan dalam seleksi awal ini.

Dari 200 kandidat terbaik, sebanyak 172 peserta yang dapat mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk hadir dan presentasi keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dalam kegiatan wawancara penjurian yang diselenggarakan secara daring.

Adapun empat kriteria Utama dalam menentukan pemenang adalah:

1.    Perusahaan atau instansi yang berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan kinerja, daya saing, operasional, dan layanannya. 

2.    Perusahaan atau instansi yang memiliki sistem, tata kelola, dan infrastruktur teknologi digital yang baik. 

3.    Perusahaan atau instansi yang memiliki solusi teknologi digital unggulan atau yang dinilai membanggakan. 

4.    Perusahaan/ Instansi yang implementasi dan solusi Teknologi Digitalnya yang terkait dengan Tema Top Digital  Awards 2021, yakni mendukung transformasi bisnis atau layanan di masa Pandemi Covid-19. 

Kategori pemenang Top Digital Implementation, dikelompokkan dalam level star atau level bintang sesuai sektor usahanya dan klasifikasi lembaganya. 

“Pemenang penghargaan level bintang 5, bukan berarti instansi pemerintahan / tersebut berada dilevel yang sempurna," kata Kalamullah.

"Namun, selain kriteria-kriteria penilaian tersebut dipenuhi dengan baik, Dewan Juri menambahkan kriteria khusus yakni ada hal yang terkait implementasi/ pemanfaatan teknologi digital, atau ada solusi bisnis yang menonjol, atau yang layak untuk dicontoh atau direkomendasikan kepada instansi/ perusahaan lainnya,” ujar Kalamullah Ramli. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok Razer

Lima Hal yang Patut Diketahui Saat Memilih Power Bank

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:00 WIB
Power bank atau pengisi daya ponsel portable kini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka yang punya mobilitas...
Dok Infinix

Infinix Note 12 Smartphone Multitasking Ramah Dompet

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Minggu 26 Juni 2022, 14:48 WIB
Aktivitas sibuk tentu membutuhkan pendukung terbaik. Infinix pun mencoba menjawab beragam aktivitas anak muda dengan smartphone yang...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Instagram Uji Fitur Verifikasi Usia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:45 WIB
Ketika pengguna terdeteksi sebagai remaja, usia 13-17 tahun, Instagram secara otomatis akan memberikan mereka akun privat atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya