Minggu 12 Desember 2021, 23:48 WIB

Meta Forest Society Jadikan NFT Instrumen untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani 

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
Meta Forest Society Jadikan NFT Instrumen untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani 

Dok. Pribadi
Petani jahe menunjukkan aplikasi Petahara yang memuat NFT dari teknologi Blockchain

 

SAAT ini Non Fungible Token (NFT) semakin menjadi tren di Indonesia. Sebab, NFT bisa menjadi instrumen menarik yang bisa mendigitalisasi aset karya seni atau lainnya. Tak hanya itu, NFT juga mirip dengan aset kripto yang dapat diperjualbelikan sehingga bisa menjadi investasi di sistem blockchain.  

Pembeda uang kriptodengan NFT yakni pada limitasi-nya. Jika uang kripto berupa koin yang diperdagangkan dengan jumlah tertentu, sedangkan NFT merupakan nilai karya seni digital dengan jumlah terbatas dibandingkan Kripto. Tentu saja, pemiliknya mendapatkan eksklusivitas tersendiri terhadap karya seni digital yang dipunya.  

Di sisi lain, pemanfaatan NFT kini semakin luas dan bisa masuk ke dalam berbagai aset komoditas sehingga membuatnya semakin fleksibel. NFT juga dikenal sebagai salah satu aset krito yang bisa memiliki banyak manfaat ke berbagai industri, diantaranya pertanian.  

Potensi yang besar ini juga memiliki dampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Melalui Meta Forest Society hasil kolaborasi On Us Asia, Hara Token, dan Nice to Meet You Studio, kini NFT bisa memberi dampak nyata buat para petani untuk bisa bertahan di kala pandemi. Hal itu membuktikan, NFT tak hanya bermanfaat buat pemiliknya, namun memiliki implikasi positif untuk kemajuan bangsa.  

Program Manager Meta Forest Society Tiffany Setiadharma mengatakan, keberadaan NFT yang dimiliki harus punya manfaat buat orang di sekeliling. Melalui program Metaforest dengan HARA pihaknya berupaya membangkitkan potensi perempuan di sektor pertanian lewat komoditas Jahe dengan PERTAHARA (Perempuan Tani Harapan Rakyat) sebagai payungnya.  

“Kami memiliki kewajiban kepada pemegang NFT untuk memenuhi janji sesuai dengan roadmap kami dan memikirkan cara kreatif serta inovatif lainnya untuk memberikan nilai positif kepada pemegang NFT dan komunitas kami,” ujarnya, dalam keterangannya, Minggu (12/12).  

Baca juga : Tokocrypto Ramaikan Harbolnas dengan Program Double Date 12.12

Sampai sekarang, pihaknya juga menjamin bahwa para pemilik NFT yang sudah dibeli tidak bisa dipalsukan dan bisa sangat mudah dilacak siapa pencipta dan kepemilikan asalnya. Sehingga bisa aman untuk dijadikan aset investasi ke depan. Karena bisa mengurangi peran pihak ketiga, sehingga seniman bisa mendapatkan royaltinya tanpa khawatir karyanya ditiru.  

Dikutip dari DappRadar penjualan NFT mengalami peningkatan signifikan di kuartal III 2021. Nilai transaksi yang dicatat menembus delapan kali lipat dibandingkan kuartal II 2021. Semula 1,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp18,5 triliun melonjak hingga 10,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp152 triliun.  

Melalui Hara Token, Meta Forest membuktikan bahwa blockchain bisa bermanfaat untuk kepentingan sosial. Dari Hara Token, sekitar 20 persen pendapatan dari NFT digunakan untuk membantu petani jahe dan keluarganya.  

Caranya, token yang ada di Hara Token dikembangkan untuk mendukung pertukaran data berbasis blockchain untuk sektor pertanian dan pangan. Data-data yang dikumpulkan lantas akan disimpan dalam database, lalu dienkripsi dengan sistem blockchain yang dapat ditinjau dan diakses oleh para petani.  

Ada lima kategori data yang HARA punya agar bisa digunakan para pengguna. Diantaranya data umum (identitas dan latar belakang petani), data geo tagging, data aktivitas sektor pertanian, data yang terkait dengan ekologi dan terkait pasar, harga, hingga, transaksi hasil panen.  

HARA mengklaim kalau data-data yang mereka kumpulkan bisa dimanfaatkan sektor dan industri lain untuk memenuhi target tertentu. Sebagai contoh, lembaga keuangan yang ingin memberikan pinjaman usaha kepada petani. Dalam hal ini adalah para petani jahe yang berusaha menghasilkan jahe lokal terbaik dengan harga yang kompetitif di pasaran. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK MI.

Potensi Society 5.0 Tingkatkan Kualitas Hidup Masa Depan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:55 WIB
Society 5.0 akan tercipta di Indonesia dalam jangka waktu kurang dari satu dekade ke...
Dok Ist

Kuasai Literasi Digital Untuk Imbangi Kemajuan Teknologi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:24 WIB
Pemerintah menyasar 250.000 orang yang akan diedukasi tentang literasi digital di seluruh...
Dok. Xiaomi

Dibekali Teknologi OIS dan Chipset Canggih Mediatek, Xiaomi 12T 5G Diklaim Layak Jadi Andalan Kreator Konten

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:44 WIB
Berbekal Teknologi OIS (Optical Image Stabilization), kamera Xiaomi 12T 5G sangat cocok untuk para konten kreator, tech enthusiast serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya