Rabu 22 September 2021, 21:53 WIB

Alibaba Cloud Siapkan Investasi 1 Miliar Dolar AS Biayai Startup di 8 Negara

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
Alibaba Cloud Siapkan Investasi 1 Miliar Dolar AS Biayai Startup di 8 Negara

Ilustrasi
Ilustrasi startup

 

DALAM pertemuan tahunannya yang diadakan pada 8 Juni lalu, Alibaba Cloud mengumumkan inisiatif barunya, yaitu, Project AsiaForward, yang bertujuan untuk membawa transformasi digital ke perusahaan lokal di Asia dan menumbuhkan bakat-bakat baru di dunia teknologi.

Dalam tiga tahun ke depan, Alibaba Cloud berencana untuk menginvestasikan 1 miliar dolar AS di Hong Kong, Taiwan, dan enam pasar di Asia Tenggara (Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina).

Sebagai bagian dari Project AsiaForward, Alibaba Cloud meluncurkan Global Startup Accelerator dengan KrASIA. Serangkaian Demo Day akan diadakan selama beberapa bulan ke depan, Dalam Demo Day itu, perusahaan rintisan teknologi di delapan negara tersebut memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari ekosistem global Alibaba Cloud.

"Program Alibaba Cloud x KrASIA Global Startup Accelerator ini menyatukan teknolog baru, pemodal ventura, dan pelaku ekosistem lainnya di seluruh Asia untuk mengidentifikasi startup yang kompatibel dengan ekosistem Alibaba," tulis Aliabab Cloud dalam keterangannya.

Proses pemilihan akselerator melibatkan serangkaian Demo Day dimana para startup yang terpilih dapat mempresentasikan rencana bisnisnya.

Baca juga : Legalku Mendukung Pelayanan Hukum di Indonesia

Khusus untuk startup yang berbasis di Indonesia, beroperasi di Indonesia, atau berencana masuk ke Indonesia, pendaftaran untuk Demo Day perdana Indonesia akan diadakan pada tanggal 7 Oktober 2021 dan pendaftaranyya telah dibuka hingga 21 September 2021.

Startup yang mengikuti Indonesia Demo Day berkesempatan untuk memenangkan hadiah 60 ribu dollar AS dalam bentuk kredit Alibaba Cloud, dukungan teknis 1-on-1 untuk persiapan dan migrasi, koneksi ke perusahaan modal ventura di Asia Tenggara dan Tiongkok, peluang bekerja dengan perusahaan Fortune 500 di ekosistem Alibaba, serta Profil dalam bahasa Inggris dan Tiongko oleh KrAsia dan 36Kr Global.

"Semua startup yang menyelesaikan proses pendaftaran juga akan menerima USD 3.000 dalam bentuk kredit Alibaba Cloud. Ini akan dikerahkan setelah 7 Oktober," imbuh Alibaba Cloud.

Proses seleksi dimulai setelah partisipan menyelesaikan proses pendaftaran. Tim juri yang terlibat adalah perwakilan dari Alibaba Cloud, pemodal ventura, dan pakar penelitian dari 36Kr Global. (RO/OL-7)

Baca Juga

dok.ist

Xapads Media Tunjuk Country Head untuk Indonesia

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 09:25 WIB
Xapads Media, platform Adtech terprogram asal India yang baru-baru ini hadir di Indonesia, menunjuk Edo Fernando sebagai Country Head untuk...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Facebook Laporkan Kenaikan Laba di Tengah Kontroversi Facebook Papers

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 09:22 WIB
Facebook mengatakan laba bersih mereka tumbuh 17% pada periode Juli hingga September menjadi US$9,19 miliar, didukung oleh pendapatan iklan...
Ist

Sambut Hari Santri Nasional, MobileCom Luncurkan Aplikasi NU Tangerang

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:40 WIB
Aplikasi ini bertujuan meningkatkan taraf hidup umat dengan berlandaskan ekonomi syariah, memberikan manfaat dan menebar kebaikan untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya