Selasa 27 Juli 2021, 09:10 WIB

Domain Premium .id Bisa Jadi Investasi Jangka Panjang

Budi Ernanto | Teknologi
Domain Premium .id Bisa Jadi Investasi Jangka Panjang

DOK PANDI
Domain premium memiliki nilai yang tinggi.

 

DEPUTI Pengembangan Usaha, Pemasaran, dan Kerjasama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Gunawan Tyas Jatmiko mengungkapkan bahwa saat ini, identitas bisnis dan personal di dunia maya melalui sebuah situs menjadi strategi marketing yang penting karena bisa dikendalikan seutuhnya oleh para pengguna internet.

Selain itu dengan menggunakan domain lokal (.id) dapat meminimalisir kejahatan siber. Sehingga ekosistem digital bisa berjalan dengan baik. Karena domain .id merupakan kode negara Indonesia yang berada dibawah otoritas negara.

“Nama domain menjadi faktor penting dalam sebuah situs. Apalagi jika situs tersebut menggunakan domain premium karena kunci dari keberhasilan sebuah situs ada pada pemilihan (wording) dalam domain itu sendiri. Sehingga dengan domain premium akan lebih mudah diucapkan dan diingat oleh orang,” tukas Gunawan dalam keterangan resminya, Selasa (27/7).

Nama domain premium memiliki nilai tinggi karena terdiri dari huruf yang terbatas mulai dari 2 hingga 4 karakter saja, selain itu juga pemilihan katanya yang mudah dibaca dan diingat. Penggunaan nama domain yang unik dan singkat akan meningkatkan brand awareness dan kunjungan pada website tersebut.

Sebaliknya, nama domain yang terlalu panjang dan sulit diucapkan akan membuat sulit untuk mengingatnya. Gunawan mengatakan domain premium .id hadir bisa menjadi investasi digital jangka panjang karena terdapat banyak keuntungan dari penggunaan domain premium tersebut.

Gunawan menambahkan bahwa terdapat 2 kategori domain premium yang di kelola oleh PANDI, yaitu domain cantik yang terdiri dari 2 sampai 4 huruf dan domain premium super yang terdiri dari singkatan atau deretan huruf dan angka.

Baca juga: Gandeng PANDI, PPI resmikan Website Baru Berdomain .id

“Nama Domain Premium identitasnya lebih dipercaya dan bisa menambah nilai dari nama domain itu sendiri karena akan sangat mudah dibaca dan diingat. Kemudian secara branding akan sangat bisa meningkatkan exposure dari brand yang dipakai. selain itu masih banyak domain terbatas dan premium yang ada di Pandi, jadi potensi memilikinya masih tinggi asalkan segera dibeli,” terangnya.

Dalam rangka menggenjot penjualan nama domain premium .id, Pandi berencana meluncurkan landing page penjualan domain premium pada Agustus. Gunawan mengklaim bahwa landing page tersebut friendly user sehingga memudahkan user dalam bertransaksi melalui layanan yang disediakan.

“Kami akan meluncurkan 2 landing page untuk meningkatkan penjualan domain .id tersebut, yang pertama landing page penjualan domain dengan karakter terbatas untuk bisa mengakomodir kegiatan direct selling kepada user, dan yang kedua penjualan domain .id bersama dengan Registrar,” pungkasnya. (R-3)

Baca Juga

Ist/ilustrasi

Fintech Bertumbuh, Universitas Mulai Tawarkan Program Sesuai Kebutuhan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 20:31 WIB
Program studi S1 financial technology guna menciptakan lulusan berdaya saing tinggi dengan kemampuan mendalam dan semangat inovasi di dunia...
DOK Pribadi.

Sasar Milenial Zilenial, Earbuds Sharp HP-TW10 Punya Empat Keunggulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 06:25 WIB
Melengkapi daya tahan baterai yang kuat, Earbuds HP-TW10 juga memiliki daya tahan tinggi dengan menghadirkan sertifikasi IPX4 yang tahan...
Dok. Noice

UN1TY dan Wishnutama Ikut Gabung Buka Room di Fitur Noice Live pada Apikasi Noice 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:24 WIB
Dengan menggunakan fitur Noice Live, para fans ini tidak hanya bisa ngobrol secara tertulis melalui kolom komentar, namun juga bisa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya