Jumat 23 Juli 2021, 18:50 WIB

Ruangguru Luncurkan Fitur Baru Adapto

Mediaindonesia.com | Teknologi
Ruangguru Luncurkan Fitur Baru Adapto

Dok.Ruangguru
Fitur baru Ruangguru

 

RUANGGURU meluncurkan Adapto, sebuah fitur baru yang memungkinkan siswa untuk memiliki pengalaman belajar online terpersonalisasi dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan interaksi belajar layaknya memiliki guru privat sendiri. 

Terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru, Adapto menjadi video belajar adaptif pertama di Indonesia yang saat ini tersedia bagi siswa SMP dan SMA, dan dapat dinikmati langsung dari aplikasi Ruangguru. 

Cara kerjanya sederhana dan mungkin tidak disadari oleh siswa. Jalan cerita dari video belajar yang ditonton oleh siswa akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan pilihan jawaban yang diambil oleh siswa selama belajar. 

Baca juga: Masuk Daftar Perusahaan Paling Inovatif, Ruangguru Siap Berinovasi

Misalnya, di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi “Paham” dan “Bingung”. Jika siswa memilih opsi “Paham”, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya. 
Namun apabila siswa memilih “Bingung”, guru akan  akan mengulang kembali penjelasan materi yang belum dipahami. 

Fitur Adapto juga dapat mengukur kemampuan siswa melalui kuis di tengah video belajar. Ketika jawaban siswa salah, secara otomatis guru akan menjelaskan jawaban yang benar dan memperbaiki pemahaman siswa. Selain itu, siswa juga dapat memilih apakah ingin dijelaskan secara cepat atau mendetail, tergantung kebutuhan dan gaya belajarnya. 

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengatakan setiap siswa memiliki pola, ritme dan peta belajarnya masing-masing. Adapto akan menyesuaikan proses belajar siswa selama belajar online secara otomatis.

“Kami menyadari bahwa setiap siswa memiliki kecepatan belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Selama belajar jarak jauh dari rumah, interaksi belajar siswa telah jauh berkurang. Hasilnya, banyak siswa yang merasa kurang paham dan kesulitan dalam mengejar ketertinggalan. Dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur. Karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa," ujar Belva dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Ruangguru Bantu Siswa di tengah Wabah Korona

Meskipun terlihat sederhana, namun proses di balik layar pengembangan fitur Adapto, melibatkan tahapan yang sangat rumit. 

"Untuk setiap satu video belajar yang dibuat, ratusan guru dan ahli di berbagai bidang harus memikirkan berbagai kemungkinan peta jalan belajar siswa, sehingga harapannya pengalaman belajar bisa menjadi lebih personal menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman masing-masing siswa,“ jelas  Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru  Iman Usman.

Inovasi semacam Adapto adalah yang pertama di Indonesia dan merupakan inovasi revolusioner di dunia pendidikan. Harapannya, lewat inovasi ini, pembelajaran siswa dapat jauh lebih personal, menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman setiap siswa. (RO/E-1)

Baca Juga

Ist/istock

Aplikasi Mantis Permudah Masyarakat Peroleh Pembiayaan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 17:40 WIB
Transformasi digital tidak hanya diterapkan pada sisi front end (penjualan/layanan nasabah), tetapi bersifat end to end, mencakup...
Dok. Samsung Indonesia

Makin Produktif Bersama Keluarga dengan Fitur Lengkap Samsung Galaxy Tab A8

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 21 Januari 2022, 21:22 WIB
Di Galaxy Tab A8, Samsung kini menghadirkan versi wifi yang dilengkapi dengan RAM 3 GB dan memori 32 GB yang bisa ditambah kartu memori...
Ist

Platform Raksa Online Bisa Klaim Asuransi Melalui Smartphone

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 18:57 WIB
Platform raksaonline.com memberikan terobosan baru yakni layanan pembuatan hingga klaim asuransi lewat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya