Selasa 08 Juni 2021, 21:50 WIB

Flashdisk Tidak Terbaca, Begini Cara Mengatasinya

Fetry Wuryasti | Teknologi
Flashdisk Tidak Terbaca, Begini Cara Mengatasinya

Antara/Audy Alwi
USB Flash Drive atau Flash Disk

FLASHDISK tidak terbaca pada saat diperlukan tentu membuat panik. Apalagi bila di dalamnya terdapat file penting. Turunkan kepanikan, mari mengatasinya bertahap.

Flashdisk atau yang bisa juga dikenal dengan USB Flash Drive adalah sebuah alat untuk menyimpan dokumen penting. Ukurannya mulai yang mungil dengan berat yang ringan menjadikan alat ini banyak diandalkan hingga kini untuk menyimpan data. 

Sayangnya, alat penyimpanan dokumen yang satu ini rentan terkena virus atau rusak. Lebih sialnya lagi, jika ia tidak bisa terbuka padahal terdapat file penting di dalamnya.

Ada berbagai cara untuk memulihkan flashdisk tidak terbaca.

1. Cek Port USB pada Laptop

Hubungkan flashdisk ke port USB di laptop. Ada kemungkinan port USB pada komputer sedang bermasalah. Sehingga tidak dapat membaca flashdisk.

Anda bisa menghubungkan flashdisk ke port USB lain yang ada di laptop tersebut, atau mengecek flashdisk dengan menghubungkan pada personal computer (PC) lainnya.

Jika cara ini berhasil di perangkat lain, maka port USB yang ada di laptop kamu rusak atau perangkat memang sedang bermasalah.

Sebelum menghubungkan flashdisk, pastikan bahwa port benar-benar bersih dan terhindar dari debu. Jaga port USB Anda agar tidak longgar atau dapat digerakkan ke atas dan ke bawah.

2. Periksa Kondisi Flashdisk

Selain mengecek port USB, cara yang berikutnya adalah mengecek flashdisk. Anda bisa menghubungkan flashdisk lain ke port USB yang ada di PC. Jika flashdisk lain berhasil terbaca namun flashdisk Anda tidak, ada kemungkinan flashdisk Andalah yang mengalami kerusakan.

3. Gunakan Disk Management Tool

Cara yang selanjutnya adalah pemindaian atau scanning flashdisk menggunakan Disk Management Tool. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki flashdisk yang mengalami kerusakan. Jika memang ditemukan kerusakan atau adanya virus, secara otomatis Windows akan melakukan pemulihan atau perbaikan pada flashdisk.

Baca juga : Tips Simple Melihat Spek Laptop Dengan Waktu Singkat

Pertama-tama, hubungkan flashdisk pada port USB PC/laptop. Klik kanan pada simbol Windows dan pilih Disk Management. Pilih disk flashdisk kamu lalu klik kanan. Setelah kamu klik kanan, pilih Properties lalu tunggu hingga muncul tab baru. Klik Tools dan pilih fitur Check.

Klik Scan and Repair Drive dan tunggu hingga selesai. Coba hubungkan flashdisk Anda setelah menggunakan cara ini.

4. Buka Flashdisk dengan Device Manager

Selain itu, Anda juga bisa mengecek flashdisk dengan Device Manager. Cara ini bisa dilakukan jika PC/laptop bisa membaca flashdisk Anda tetapi file yang ada tidak bisa terbaca.

Caranya, cari Device Manager di pencarian yang ada di Windows atau bisa juga dengan menekan “Windows + X”, kemudian pilih Device Manager. Setelah membuka Device Manager, klik Disk Drivers. Cari drive flashdisk lalu uninstall drive flashdisk tersebut.

Terakhir, pilih Scan for Hardware Changes untuk memperbarui perubahan di drive. Restart PC/laptop kamu dan coba hubungkan flashdisk-nya lagi.

5. Ketahui Status Flashdisk dengan Command Prompt

Pertama, klik logo Windows lalu ketik command prompt. Apabila sudah muncul tab jendela hitam, ketik chkdsk G:.

Anda harus mengubah huruf G dengan huruf yang sesuai dengan drive flashdisk kamu, misalnya F, H dan lainnya. Berikutnya, tekan enter dan lihat apa yang ditampilkan oleh command prompt.

Jika flashdisk kamu bermasalah, akan ada pemberitahuan bahwa Windows menemukan error dan sebagainya.

6. Format Flashdisk dengan Disk Management

Cara ini memang tergolong ekstrem karena Anda akan kehilangan file di dalam flashdisk. Namun bisa menjadi cara yang efektif karena bisa saja virus yang mengakibatkan tidak terbacanya flashdisk.

Pertama, klik Windows + X atau cari Disk Management di pencarian Windows. Kedua, pilih lokasi flashdisk yang akan diformat. Klik kanan pada drive tersebut lalu pilih format.

Anda akan diperingatkan tentang flashdisk jika memilih format, pilih “Yes” lalu tunggu proses format hingga selesai. Setelah diformat coba lagi untuk menggunakan flashdisk tersebut. 

(OL-7)

Baca Juga

MI/Usman Iskandar.

Semakin Merata Indonesia Internet Exchange, Trafik kian Cepat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 14 Juni 2021, 21:46 WIB
Sebelum ada perangkat ini, trafik konten yang diakses pengguna internet, terlebih dahulu harus terhubung dengan jaringan yang ada di luar...
Dok. Panasonic

Panasonic Hadirkan Teknologi Layar OLED Transparan 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 14 Juni 2021, 19:10 WIB
Dengan ketebalan kurang dari 1 cm di bagian tampilan, panel layar ultra-tipis menawarkan transparansi tinggi dan menghasilkan gambar...
macworld.co.uk

FaceTime Miliki Enam Fitur Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 13 Juni 2021, 23:55 WIB
Aplikasi panggilan video khusus perangkat buatan Apple, FaceTime, mengalami sejumlah pembaruan baru-baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengelola Nakal di Hunian Vertikal

TREN masyarakat tinggal di hunian vertikal terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya