Selasa 13 April 2021, 19:35 WIB

Lokalpunya Incar Pasar Produk Lokal

Abdillah M Marzuqi | Teknologi
Lokalpunya Incar Pasar Produk Lokal

MI/ Abdillah M Marzuqi
Lokalpunya

BERBEKAL potensi suplai dan jumlah pasar untuk produk lokal yang mencapai transaksi bulanan hingga Rp140 juta mendorong Lokapasar Baru meluncurkan e-commerce Lokalpunya pada hari oertama bulan Ramadan, Selasa (13/4). 

Pendatang baru di pasar ecommerce Indonesia ini menawarkan produk-produk UMKM terkurasi se-Indonesia dan menjamin tidak ada produk impor di platformnya. 

Kehadiran Lokalpunya menjadi angin segar bagi para UMKM Indonesia yang ingin menjual produk-produknya khususnya di pasar domestik. 

"Selain mengambil ceruk produk 100% lokal, Lokalpunya juga memberikan kemudahan berupa analisis data dan pembukuan daring untuk para Mitra Lokal," terang pendiri dan CEO Lokalpunya Iffan Halid. 

Setelah meluncur versi Beta pada Desember 2020, saat ini Lokalpunya sudah bisa diunduh di Google Playstore dan tersedia dalam dua versi yakni untuk konsumen dan penjual (mitra lokal). 

Sebanyak 65 mitra lokal telah memajang 86 item produknya di Lokalpunya. Kata Iffan, produk paling banyak berupa fashion perempuan, perawatan tubuh, kopi, jajanan dan kriya.

Diketahui, akibat pandemi Covid19, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi minus 5% pada paruh terakhir 2020. Namun, sektor e-commerce justru naik dan menjadi penolong ekonomi dalam negeri. Pada kuartal 2 2020, volume transaksi e-commerce telah naik 39% dari sebelumnya minus 1% di kuartal pertama. 

Kendati berfokus melayani pasar lokal, Lokalpunya juga membuka diri jika ada diantara mitranya memiliki kualifikasi produk untuk ekspor.

 "Kami telah melakukan penandatanganan kerja sama strategis dengan mitra yang akan menembus luar negeri, baik melalui sesama e-commerce di negara bersangkutan atau ekspor langsung," jelas Iffan.

Ceruk pasar ekspor sedikit demi sedikit makin terbuka, khususnya menyasar kelompok diaspora Indonesia. Ada perubahan perilaku dimana banyak masyarakat Indonesia yang tinggal dalam satu kota di sebuah negara untuk memesan secara berkelompok.

Untuk metode pembayaran, semua produk-produk UMKM di LokalPunya bisa dibayar dengan transfer bank. Ia melanjutkan, guna menyosialisasikan platform, Lokalpunya rutin mengadakan acara Bincang Lokal. Acara daring ini dijadikan sarana edukasi dan advokasi tumbuhnya produk lokal Indonesia. 

Pada edisi-edisi sebelumnya Bicaralokal telah mengangkat tema tentang transaksi digital bersama Bank Indonesia, tema big data, pasang surut industri kopi dihantam pandemi hingga urban farming. (OL-8)

Baca Juga

Dok PT ADP

Matras Auto Body Zoning System Bisa Ciptakan Tidur Berkualitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 05:12 WIB
Tidur yang cukup dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit, hingga memperpanjang usia. Maka harus ada tempat tidur yang...
MI/SUSANTO

Tips Tampil Optimal di Rapat Virtual

👤Gana Buana 🕔Rabu 05 Mei 2021, 23:15 WIB
Banyak yang tidak sadar kalau ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika melakukan rapat...
Dok.Oppo

Tawarkan Fitur Microlens yang Mampu Motret Layaknya Mikroskop

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Mei 2021, 20:05 WIB
Menjelajahi dunia mikroskopis baru dengan kemampuan memperbesar tampilan 30 kali lipat dengan optical zoom dan 60 kali lipat dengan hybrid...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya