Rabu 17 Maret 2021, 18:56 WIB

Teknologi Virtual Reality (VR) Mulai Diterapkan di Sekolah Jakarta

mediaindonesia.com | Teknologi
Teknologi Virtual Reality (VR) Mulai Diterapkan di Sekolah Jakarta

Ist/Fixabay
Teknologi Virtual Reality (VR) mulai diterapkan Singapore Intercultural School (SIS) South Jakarta di Jakarta.

 

DENGAN keberhasilan teknologi Virtual Reality (VR) di perguruan tinggi, Singapore Intercultural School (SIS) Group akan menerapkan Virtual Reality di sekolah internasional mereka yang baru, SIS South Jakarta di ibu kota Indonesia Jakarta.

Setelah Program Percontohan VR pada semua sekolah SIS yang sukses akhir tahun lalu dan merancang sendiri program virtual tentang Pangkalan Bulan di Angkasa "Moon Base".

Kampus SIS South Jakarta yang baru akan menawarkan Klub VR bagi siswa untuk berkolaborasi dan melakukan berbagai macam pelajaran secara virtual.

Guru akan dapat memainkan peran sebagai pengarah saat para siswa mengeksplorasi pengalaman dan ekspedisi menarik yang tidak tersedia bagi mereka karena pandemi.

Misalnya, saat menjelajahi fasilitas nuklir, siswa tidak perlu khawatir dengan bahaya nuklir karena  dengan VR siswa dapat masuk ke dalam reaktor nuklir secara virtual dan memahami secara detail bagaimana tenaga nuklir itu dihasilkan.

"Kami telah melihat VR sejak lama dan selalu berusaha untuk menemukan program yang berkualitas, lebih dari sekedar pemikat, lebih dari sekedar iseng-iseng," kata Jaspal Sidhu, Pendiri dan Ketua SIS Group, pada keterangan pers, Rabu (17/3).

 "Pengalaman dengan orang tua seputar Pembelajaran Jarak Jauh karena pandemi Covid-19 telah mempercepat kami untuk menjalankan program VR dan sekarang adalah waktu yang tepat. VR merupakan salah satu teknologi yang harus Anda coba langsung untuk mengerti betul apa manfaatnya."

Alvin Hew, Dewan Direktur Akademik & Kurikulum SIS Group mengatakan, "Program Percontohan VR memungkinkan para guru untuk mensosialisasikan teknologi terlebih dahulu sehingga kami semua dapat memahami potensi VR bagi seluruh siswa TK sampai SMA.”

“Karena itu, kami sekarang memiliki beberapa program VR yang sangat bermanfaat  dan sangat menarik yang memungkinkan pengajar kami untuk berinteraksi dengan siswanya dengan cara yang baru yakni virtual," tambahnya.

Di sisi lain, program VR di SIS South Jakarta juga melengkapi investasi signifikan lainnya di program robotik dan coding.

Dengan tujuan untuk memberikan siswa keterampilan abad 21 dan menumbuhkan kreativitas, program coding dan robotik di SIS South Jakarta akan memberikan siswa pengalaman langsung dengan industri yang akan mengubah teknologi di seluruh dunia.

Di samping program robotik & coding, pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai tradisional adalah hal yang juga diutamakan.

SIS South Jakarta mempunyai Pusat Studi Religi baru yang dapat memberikan bimbingan moral bagi siswa untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan tidak menentu. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Dok Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo Hadirkan IDCamp Bootcamp for Disabilities 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 13:15 WIB
IDCamp Bootcamp for Disabilities 2021 menyediakan pelatihan menggunakan kelas tatap muka virtual bagi para calon developer dengan...
pngwing.com

Ini Jenis Surel yang Harus Segera Dihapus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 10:30 WIB
Penjahat siber bisa mendapat informasi tentang bisnis perusahaan sampai menyerang mitra perusahaan berbekal data laporan keuangan...
Ist

Fitur Eye Control dari Canon EOS R Beri Kenyamanan Cari Fokus

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 10:08 WIB
Dengan sensor back-illuminated stacked CMOS 24,1 megapiksel yang dipadukan dengan prosesor DIGIC X memberikan EOS R3 kesempurnaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya