Rabu 10 Maret 2021, 22:07 WIB

Literasi Digital Dorong Ekosistem Digital Pendidikan Berkualitas

mediaindonesia.com | Teknologi
Literasi Digital Dorong Ekosistem Digital Pendidikan Berkualitas

Ist
Webinar bertajuk 'Kolaborasi Ekosistem Digital Sekolah'.

 

PT Infrastruktur Digital Edukasi (IDE), perusahaan berbasis teknologi informasi yang berfokus pada layanan platform edukasi, bekerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia menggelar webinar mengenai kolaborasi dan sinergi di lingkungan sekolah guna mempercepat terwujudnya pendidikan berkualitas yang merata untuk semua tanpa batasan geografis.

Anak perusahaan MobileCom yang berdiri sejak 2006 sebagai partner solusi pada bidang teknologi perangkat keras dan lunak IDE itu dengan produknya Myscool bersama Samsung Electronics Indonesia dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) mensosialisasikan ekosistem digital pendidikan melalui acara Kolaborasi Ekosistem Digital Sekolah.

Acara dihadiri General Manager IDE Destaria Soe’oed, IT & Mobile B2B Technical Account Manager Samsung Electronics Indonesia Henry Threstanto, dan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Danang Hidayatullah sebagai narasumber kegiatan webinar.

Pada keterangan pers, Rabu (10/3), Destaria berharap diskusi itu dapat mengubah mindset guru penggerak untuk dapat lebih termotivasi dalam mengusung sinergi antara sekolah dan ekosistem digital sekolah yang paling tepat untuk mempercepat terwujudnya ekosistem digital pendidikan yang menyeluruh.

Ekosistem digital pendidikan yang menyeluruh, menurut Destaria, perlu didukung seluruh pemangku kepentingan di sekolah.

"IDE senantiasa berkomitmen selalu mendampingi proses peningkatan literasi digital para pemangku kepentingan sekolah agar tercipta ekosistem pendidikan bermutu, yang nantinya berdampak pada kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul," jelasnya.

“Kami ingin mensosialisasikan bahwa perwujudan digitalisasi sekolah, harus didukung platform yang tepat, yang dapat mengenali kendala yang dihadapi guru di lapangan, sehingga efektifitas belajar mengajar dapat dilakukan secara efisien dengan perbantuan teknologi buatan anak bangsa seperti produk-produk PT IDE (Myscool & Qampus)," papar Destaria.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Danang Hidayatullah menerangkan saat ini semua pihak tidak bisa menghindari perubahan. Sinergitas adalah ikhtiar kolektif sebagai bentuk kolaborasi menyelaraskan pergerakan untuk perubahan menuju arah pendidikan berkemajuan.

"Semua pemangku kebijakan dan pelaku pendidikan harus bisa bersinergi menyelaraskan gagasan, pikiran, dan impian cita-cita perjuangan memajukan pendidikan di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Henry Threstanto menambahkan kontribusi Samsung dalam memajukan ekosistem digital pada pendidikan di Indonesia tidak hanya berusaha membantu dari segi penyediaan perangkat berkualitas untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar, tetapi juga memberikan pelatihan kepada guru-guru. 

"Pelatihan ini bertujuan membantu guru-guru dalam mengoptimalkan teknologi Samsung untuk kegiatan mengajar. Samsung juga membuat kelas percontohan di beberapa sekolah bersama IDE yang disebut Samsung Smart Learning Class untuk membantu para guru dan siswa bereksplorasi dalam pemanfaatan kelas digital," ujar dia.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membuat program khusus untuk dunia pendidikan bernama Samsung UPP (untuk program pendidikan). Melalui program itu, seluruh anggota sekolah, baik guru, staf, dan siswa bisa mendapatkan produk Samsung dengan diskon menarik serta gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

"Melalui kolaborasi ini, Samsung dan IDE berharap dapat berkontribusi memajukan ekosistem digital pada pendidikan di Indonesia. Tidak hanya berusaha membantu dari segi penyediaan perangkat berkualitas untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi revolusi industri 4," pungkas Henry. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Tokocyrpto

TKO Summit Bahas Pengembangan Ekosistem Blockchain Indonesia

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:21 WIB
Kami ingin fokus membangun ekosistem dengan menekankan inklusivitas dan inovasi, yang pada akhirnya mendukung perekonomian dengan dukungan...
Dok. Pribadi

Ini 5 Tips Penting Bagi Startup Agar Produknya Sesuai Kebutuhan Pasar

👤Ghani Nurcahyafi 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:31 WIB
Fase ini dinilai krusial agar solusi yang ditawarkan startup sesuai dengan pasar yang jadi...
Dok. Kemkominfo

Kolaborasi Ekosistem Dorong Pengembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:14 WIB
Dari sudut pandang regulator, memungkinkan pengembangan teknologi telekomunikasi masa depan, termasuk 6G dan komunikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya