Rabu 03 Maret 2021, 19:05 WIB

Oppo A9 2020 vs Oppo A92, Pilihan Terbaik dari A Series

mediaindonesia.com | Teknologi
Oppo A9 2020 vs Oppo A92, Pilihan Terbaik dari A Series

OPPO.COM

UNTUK memenuhi kebutuhan pengguna smartphone, Oppo setiap bulannya merilis produk baru yang bisa menunjang aktivitas harian Anda. Bahkan, dalam kurun waktu satu tahun, Oppo bisa merilis lebih dari 3 perangkat sekaligus, lho.

Sebagai pengguna, Anda hanya tinggal memutuskan mana perangkat yang paling pas dengan kebutuhan. Sayangnya, banyaknya pilihan tipe dan seri smartphone Oppo membuat beberapa pengguna kebingungan harus memilih yang mana.

Sebut saja salah satunya adalah kebingungan dalam memilih antara Oppo A9 2020 atau Oppo A92. Kedua perangkat ini sama-sama masuk dalam jajaran smartphone Oppo A series dan dijual dengan harga sekitar Rp 3 jutaan.

Perilisan keduanya juga bisa dibilang cukup berdekatan, sehingga tidak heran jika banyak pengguna smartphone yang membandingkan kedua perangkat ini.
Lantas, mana yang lebih baik antara Oppo A92 2020 dan Oppo A92? Cari tahu jawabannya dan simak perbedaan spesifikasi di antara keduanya dalam ulasan berikut.

Bodi dan Dimensi
Oppo A9 2020 yang dirilis pada akhir tahun 2019 hadir dengan dimensi 163.6 x 75.6 x 9.1 mm serta bobot yang mencapai 195 gram. Sedangkan Oppo A92 memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil, yakni domensi 162 x 75.5 x 8.9 mm. Dimensinya yang lebih kecil secara tidak langsung membuat bobot Oppo A92 juga 3 gram lebih ringan. Bobotnya yang lebih ringan bisa menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Oppo A92.

Meski memiliki bobot yang lebih berat, namun Oppo A9 2020 dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Di mana pelindung ini tidak akan Anda temukan pada Oppo A92.

Adanya pelindung pada Oppo A9 2020 membuatnya lebih awet dan tahan lama, gesekan maupun benturan tidak akan membuat perangkat Anda mudah mengalami kerusakan. Sedangkan bagi pengguna Oppo A92, Anda perlu membeli pelindung layar secara terpisah.

Perihal varian warna, keduanya hadir dengan tiga pilihan warna yang bisa Anda pilih. Hanya saja, pilihan warnanya tidaklah sama persis. Untuk Oppo A9 2020 tersedia warna Marine Green, Vanilla Mint, dan Space Purple.

Di sisi lain, varian warna untuk Oppo A92 adalah Twilight Black, Stream White, dan Aurora Purple.

Layar
Baik Oppo A9 2020 dan Oppo A92 hadir dengan ukuran layar yang sama persis, yakni 6.5 inci. Keduanya juga sama-sama menggunakan layar berpanel IPS LCD yang terbilang cukup nyaman untuk perangkat kelas menengah.

Meski bukan teknologi layar yang terbaik, pengalaman menonton film hingga melakukan aktivitas lainnya akan tetap menyenangkan dengan smartphone Oppo.

Perbedaan yang mencolok terlihat dari resolusi yang ditawarkan, Oppo A92 tawarkan resolusi yang lebih besar yakni 1080 x 2400 pixels, sedangkan Oppo A9 2020 hanya memiliki resolusi 720 x 1600 pixels. Berdasarkan perbedaan tersebut, bisa disimpulkan jika pengalaman streaming film akan lebih nyaman jika menggunakan Oppo A92. Hal tersebut juga ditunjang dengan rasio screen to body Oppo A92 yang 0.9% lebih besar.

Sensor Fingerprint
Siapa sangka, kedua perangkat Oppo memiliki letak sensor fingerprint yang berbeda. Oppo A9 2020 tawarkan sensor fingerprint rear mounted seperti kebanyakan smartphone yang beredar saat ini. Di mana sensor fingerprint scanner bisa kamu temukan di bagian belakang bodi smartphone. Cukup tempelkan jari pada bodi belakang smartphone, perangkat bisa langsung terbuka saat itu juga.

Sedangkan pada Oppo A92 tawarkan konsep sensor fingerprint yang cukup unik. Meski sudah mulai digunakan pada beberapa perangkat lain, tetap saja sensor fingerprint side mounted masih terbilang cukup unik.

Letak sensor bisa Anda temukan di sisi samping bodi perangkat dan bukanlah di bagian belakang. Dengan sensor yang berada di sisi samping, Oppo A92 terlihat lebih simpel dan praktis.

Perihal mana yang lebih nyaman, hanya Anda yang bisa memutuskan. Mengingat tingkat responsif yang diberikan terbilang cukup tinggi. Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi baru yang unik, Oppo A92 bisa jadi pilihan.

Prosesor
Oppo A9 2020 yang dirilis terlebih dahulu pada akhir 2019 membuatnya hadir dengan sistem operasi Android 9.0 (Pie). Namun, kabar baiknya pengguna bisa melakukan upgrade dan menikmati OS Android 10. Sedangkan Oppo A92 yang dirilis lebih baru sudah menggunakan Android 10 sejak awal perilisannya. Keduanya memberikan User interface ColorOS 7.1.

Beralih pada chipsetnya, baik Oppo A9 2020 maupun Oppo A92 mendapat dukungan choose Snapdragon 665 yang terbilang cukup kencang di kelasnya. Melakukan aktivitas multitasking akan terasa menyenangkan menggunakan kedua perangkat Oppo tersebut. Dengan dukungan gratis Adreno 610, performa yang ditawarkan keduanya terbilang cukup mumpuni.

Oppo A9 2020 menawarkan dua pilihan kapasitas RAM yang bisa semakin menunjang kinerja prosesornya. Anda bisa memilih kapasitas RAM 4 GB atau 8 GB.

Bagi Anda yang menggunakan perangkat untuk mengakses aplikasi yang tidak terlalu berat, kapasitas RAM 4 GB terbilang cukup mumpuni. Namun, Anda yang lebih sering mengakses aplikasi berat seperti editing dan gaming akan lebih nyaman menggunakan kapasitas RAM 8 GB.

Tidak mau ketinggalan, Oppo A92 juga hadirkan kapasitas RAM sebesar 8 GB. Hanya saja, tipe satu ini memilih untuk tidak menawarkan kapasitas RAM 4 GB dan malah menggantinya dengan RAM 6 GB. Kedua pilihan kapasitas RAM tersebut sama-sama besar dan siap menunjang aktivitas berat. Cukup sesuaikan dengan budget yang dimiliki, karena semakin besar RAM, semakin mahal pula perangkat yang akan Anda beli.

Kapasitas Memori
Meski menawarkan pilihan kapasitas RAM yang berbeda, Oppo A9 2020 dan Oppo A92 hadir dengan satu varian kapasitas memori internal (ROM) sebesar 128 GB. Anda bisa dengan leluasa menyimpan berbagai macam aplikasi atau ribuan file foto/ video pada satu perangkat.

Besarnya kapasitas memori tersebut bahkan bisa bertahan lebih dari 1 tahun, lho. Anda pun tak perlu khawatir memori perangkat mudah penuh meski telah digunakan untuk menyimpan banyak file.
Meski sudah menawarkan kapasitas memori internal yang sangat besar, Oppo masih tetap hadirkan slot memori eksternal untuk Anda. Dengan begitu, kapasitas memori untuk menyimpan file semakin besar saja. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan memori eksternal khusus untuk menyimpan file foto dan video. Sedangkan memori internal benar-benar hanya difokuskan untuk menyimpan aplikasi saja. Besarnya kapasitas microSD yang akan dipasang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kamera
Kamera belakang kedua perangkat ini sama-sama mengusung konsep quad camera atau empat buah kamera belakang. Resolusi yang ditawarkan pun sama persis, yakni memiliki lensa wide sebagai kamera utama dengan resolusi 48 MP, lensa kedua merupakan lensa ultrawide 8 MP, dan lensa ketiga maupun keempat hadir dengan resolusi 2 MP. Adanya keempat lensa kamera tersebut, memudahkan Anda dalam memotret objek di sekitar.

Berbeda dengan Oppo A92 yang hanya dilengkapi dengan fitur LED Flash, Oppo A9 2020 memiliki fitur Dual LED dual tone flash yang bisa bekerja maksimal dalam memberikan penerangan saat memotret. Terlepas dari fitur ini, fitur pemotretan lainnya yang dihadirkan sama persis, yakni Panorama dan HDR. Manfaatkan fitur yang ada dengan maksimal untuk semakin menyempurnakan hasil jepretan Anda.

Beralih pada kamera depan, tidak ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Kamera depannya yang merupakan lensa wide memiliki resolusi yang sama persis, yakni 16 MP. Dengan bentangan lensa yang lebih luas, Anda bisa melakukan foto selfie dengan teman satu grup lebih mudah. Fitur HDR yang dimiliki juga mampu hasilkan kualitas foto selfie atau wefie yang jernih.

Kapasitas Baterai
Bagi Anda yang sedang mencari smartphone terjangkau dengan kapasitas baterai yang besar, Oppo A9 2020 dan Oppo A92 bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kedua perangkat ini tawarkan kapasitas sebesar 5000 mAh. Kapasitas baterai yang besar ini membuat Anda bisa dengan leluasa beraktivitas di luar ruangan dalam kurun waktu yang lama.

Untuk penggunaan normal pada aplikasi ringan saja, perangkat Anda bisa bertahan lebih dari 1 hari, lho. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi Anda yang memang memiliki mobilitas cukup tinggi.

Meski menawarkan kapasitas baterai yang persis, keduanya memiliki fitur fast charging dengan tingkat kecepatan yang berbeda. Oppo A9 2020 hanya menawarkan fitur fast charging 10W saja, sedangkan proses charging Oppo A92 lebih cepat berkat teknologi fast charging 18W. Namun, bukan berarti Oppo A9 2020 kalah telak dalam hal ini. Meski kecepatan pengisian dayanya sedikit lebih lama, perangkat ini dilengkapi dengan teknologi reverse charging.

Di mana Anda bisa melakukan pengisian daya pada perangkat lain mengandalkan Oppo A9 2020. Dengan kata lain, Anda bisa menjadikan perangkat ini sebagai pengganti sebuah power bank.

Selain bisa mengisi daya pada perangkat smartphone, fitur reverse charging ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian baterai pada gadget lainnya, seperti smartwatch.

Konektivitas
Jika berbicara mengenai konektivitas, keduanya tidak memiliki perbedaan. Oppo A9 2020 dan Oppo A92 telah dilengkapi dengan fitur WiFi, Bluetooth 5.0, GPS, hingga FM Radio.

Untuk konektivitas NFC dan Infrared, tidak dihadirkan pada kedua perangkat Oppo tersebut. Hal tersebut termasuk wajar mengingat harga keduanya terjangkau.

Untuk mendukung proses pengisian daya agar lebih cepat, keduanya sudah disematkan port USB Type-C. Bentuknya yang simpel membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat dan mudah.

Di sisi lain, port USB ini juga bisa membuat proses transfer file berlangsung dengan lebih cepat.
Berdasarkan perbedaan yang dimiliki Oppo A9 2020 dan Oppo A92, mana yang akan Anda jadikan pilihan?

Keduanya hadir dengan sedikit perbedaan dan memiliki kelebihan masing-masing. Cukup sesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan Anda, mana yang paling pas untuk menemani aktivitas harian Anda.

Apapun perangkat yang akan Anda jadikan pilihan, pastikan Anda membeli smartphone Oppo di toko yang terpercaya, ya. Baik itu toko offline maupun toko online. Dengan memilih toko yang telah terpercaya dan memiliki reputasi baik, produk Oppo yang Anda dapatkan bisa dipastikan asli. (OL-10)

Baca Juga

Dok. Tokopedia

Tokopedia Masuk Daftar Deloitte Technology Fast 500

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Peringkat ini didasarkan pada persentase pertumbuhan pendapatan selama tiga tahun. Tokopedia tumbuh 608% selama periode...
DOK Aruba.

Peningkatan Platform Aruba ESP Hadirkan Keamanan di Perusahaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 21:30 WIB
Arsitektur SASE akan membuat layanan jaringan semakin aman dan lebih dinamis, sekaligus memberikan perlindungan data secara...
Ist

Pacu Kompetensi Guru, Ikatan Guru Indonesia Gunakan Dua Aplikasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 17:43 WIB
IGI Online yang merupakan kolaborasi MobileCom-IDE dengan IGI (Ikatan Guru Indonesia) sebagai aplikasi penunjang peningkatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya