Selasa 02 Februari 2021, 13:40 WIB

SpaceX akan Luncurkan Misi Penerbangan Sipil Pertama

Atikah Ishmah Winahyu | Teknologi
SpaceX akan Luncurkan Misi Penerbangan Sipil Pertama

AFP/SpaceX.
Spacex Falcon 9 lepas landas di Cape Canaveral, Florida, AS, 24 Januari 2021.

 

SPACEX akan meluncurkan misi penerbangan sipil pertama ke orbit Bumi pada tahun ini. Pengusaha Jared Isaacman akan bergabung dengan tiga astronaut pemula lain untuk perjalanan beberapa hari ke luar angkasa, termasuk satu pemenang undian yang beruntung.

"Ini merupakan petualangan sekali seumur hidup, perjalanan ke luar angkasa dengan penerbangan antariksa sipil pertama," menurut situs web yang didedikasikan untuk misi tersebut. SpaceX mengatakan, Isaacman menyumbangkan tiga kursi di sampingnya kepada individu dari masyarakat umum yang akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang.

Satu kursi akan diberikan kepada seorang pekerja dari Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude yang merawat kanker anak-anak dan penyakit anak. Yang kedua akan diambil dari mereka yang mengikuti undian dan didorong untuk menyumbang ke rumah sakit.

Yang ketiga akan dipilih oleh panel juri dari pengusaha yang menggunakan alat e-niaga dari perusahaan Isaacman, Shift4 Payments. "Ketiga awak akan menerima pelatihan astronaut komersial oleh SpaceX pada kendaraan peluncuran Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Dragon, serta mekanika orbital dan uji tekanan, termasuk beroperasi dalam gravitasi mikro atau nol," jelas perusahaan itu.

"Peluncuran pesawat ruang angkasa Dragon ditargetkan tidak lebih awal dari kuartal keempat tahun ini," kata perusahaan itu. SpaceX mengatakan bahwa selama misi beberapa hari itu para astronaut akan mengorbit Bumi setiap 90 menit. Setelah misi tersebut, pesawat ruang angkasa akan masuk kembali ke atmosfer untuk pendaratan air di lepas pantai Florida.

Pada pertengahan November 2020, empat astronaut berhasil dibawa ke orbit oleh kapsul SpaceX Crew Dragon dan naik ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kapsul Dragon baru seminggu sebelumnya menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang disertifikasi oleh NASA sejak pesawat ulang alik hampir 40 tahun lalu. Kendaraan peluncurannya yaitu roket SpaceX Falcon 9 yang dapat digunakan kembali.

Di akhir misinya, kru Dragon menyebarkan parasut dan kemudian mendarat di air, sama seperti di era Apollo. NASA beralih ke SpaceX dan Boeing setelah menutup program pesawat ulang-alik kotak-kotak pada 2011 yang gagal dalam tujuan utamanya membuat perjalanan luar angkasa terjangkau dan aman.

Badan tersebut akan menghabiskan lebih dari US$8 miliar untuk program kru komersial pada 2024. Harapannya, sektor swasta dapat memenuhi kebutuhan NASA di orbit rendah Bumi sehingga dibebaskan untuk fokus pada misi pengembalian ke Bulan dan lalu Mars. Selain misi komersial pertama, SpaceX dijadwalkan meluncurkan dua penerbangan awak lagi untuk NASA pada 2021, termasuk satu di musim semi, dan empat misi pengisian bahan bakar kargo selama 15 bulan ke depan. (France24/OL-14)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Dukung Pemain Gim Perempuan, Sinar Mas Land Gelar Ladies Battle

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 15:59 WIB
Esport di Indonesia berkembang secara signifikan di mana semakin banyak gamers, streamers, dan penonton yang menjadikan video game sebagai...
Ist

Profesi Game Streamer Mulai Dibidik Para Influencer Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 19:17 WIB
Selain aktif sebagai game streamer di Nimo, Viorenita Sutantu atau ONIC Vior juga aktif mendukung tim esport...
Ist

Pintu Token Dukung Perkembangan Ekosistem Aset Kripto di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 November 2021, 20:58 WIB
Hadirnya Pintu Token (PTU) sebagai bentuk nyata komitmen perusahaan untuk meningkatkan adopsi aset crypto di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya