Sabtu 23 Januari 2021, 14:01 WIB

Tawarkan Spesifikasi Mumpuni, Intip Kelebihan Oppo A92

mediaindonesia.com | Teknologi
Tawarkan Spesifikasi Mumpuni, Intip Kelebihan Oppo A92

Sumber: oppo.com

LAYAKNYA merk smartphone populer lainnya, Oppo juga tidak ketinggalan untuk hadirkan berbagai macam series yang bisa Anda pilih. Salah satu seri Oppo yang paling menarik perhatian adalah Oppo A92.

Seri ini menawarkan perangkat dengan harga yang terjangkau, namun tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni. Umumnya, Anda bisa mendapatkan perangkat A series dengan harga mulai dari Rp2 jutaan hingga Rp4 jutaan. Harga yang terjangkau untuk kelas menengah, bukan?

Populernya seri ini membuat Oppo sering kenalkan produk terbaru di lini satu ini, salah satunya yakni Oppo A92 yang telah dirilis pada Mei 2020 lalu. Sesuai dengan namanya, perangkat ini merupakan generasi penerus dari Oppo A91.

Perilisan keduanya juga bisa dibilang hampir bersamaan dengan Oppo A91 yang mana dirilis terlebih dahulu dua bulan sebelumnya. Tak hanya berasal dari lini yang sama, keduanya juga memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Baik Oppo A91 maupun Oppo A92 bisa Anda beli dengan harga kurang dari Rp4 jutaan.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, mana tipe yang paling pas dengan kebutuhan, yuk simak spesifikasi dan kelebihan Oppo A92 berikut.

Desain menarik
Tak hanya mencuri perhatian dari segi spesifikasinya saja, Oppo A92 ini juga hadir dengan desain yang tampak begitu elegan. Bodi belakangnya saja telah dilapisi dengan material polikarbonat yang berkualitas. Material ini selain menunjang kesan elegan namun juga membuat perangkat terasa begitu nyaman saat dalam genggaman.

Perihal varian warnanya, Oppo A92 hadir dengan tiga pilihan warna. Di antaranya yakni warna twilight black, shining white, dan terakhir aurora purple. Ketiga pilihan warna tersebut membuat perangkat ini terlihat begitu kekinian dan stylish. Anda cukup menentukan, mana varian warna yang paling pas dan disukai

Layar
Oppo seri A memang terkenal dengan kualitas layarnya yang bagus. Sayangnya, kualitas layar yang dimiliki Oppo A92 masih tak sebagus Oppo A91 yang sudah menggunakan layar berpanel Super AMOLED. Meski begitu, bukan berarti Oppo A92 tak bisa dijadikan pilihan, ya. Meski masih menggunakan layar berpanel IPS LCD, perangkat ini masih menawarkan kualitas layar yang mumpuni.

Ukurannya saja mencapai 6.5 inci yang bisa menunjang berbagai macam aktivitas, mulai dari produktivitas hingga akses konten hiburan. Di sisi lain, resolusi yang ditawarkan juga tidak main-main, yakni 1089 x 2400 pixels. Tingkat kecerahan yang ditawarkan perangkat ini kabarnya mencapai 480 nits. Ukuran layar yang dimiliki terasa semakin luas saja, mengingat perangkat ini hadir dengan tingkat ratio to body yang mencapai 90.50%.

Perangkat yang dilengkapi dengan punch hole pada bagian depannya ini juga telah menggunakan teknologi TÜV Rheinland. Di mana adanya sertifikat tersebut menunjukkan jika Oppo A92 begitu nyaman dipandang mata. Tidak hanya itu saja, teknologi ini memungkinkan perangkat mampu menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan kondisi sekitar secara otomatis.

Kenyamanan menatap layar saat berada di luar ruangan akan tetap maksimal saat Anda menggunakannya di dalam ruangan. Sekalipun berada di bawah terik matahari, tidak ada lagi alasan untuk tak bisa menatap layar dengan jelas. Anda pun tak perlu menutupi layar dengan telapak tangan saat harus menggunakannya di luar ruangan.

Selanjutnya, pihak Oppo juga mengklaim bahwa produknya telah dilengkapi dengan fitur Eye Care. Dengan aktifnya fitur canggih ini, layar smartphone Anda akan menampilkan visual yang lebih ramah terhadap mata. Sehingga mata Anda tidak akan merasa mudah lelah atau tegang saat harus menatap layar smartphone meski harus menatapnya dalam kurun waktu yang lama.

Dengan kata lain, seluruh keunggulan yang ditawarkan sektor layar ini menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Oppo A92. Khususnya bagi mereka yang memang sepanjang hari menatap smartphone, baik untuk marathon film atau series atau aktivitas lainnya.

Kamera
Jika memperhatikan bagian belakangnya, Anda akan melihat empat buah kamera yang terpasang dengan bentuk "L". Selain adanya empat lensa yang berbeda, terlihat juga terdapat satu buah lensa flash di dalamnya. Kamera utamanya merupakan lensa wide hadir dengan resolusi 48 MP. Resolusi yang terbilang besar untuk sebuah perangkat seharga kurang dari Rp 4 jutaan. Jika bentangan layar yang ditawarkan lensa wide terasa kurang, gunakan lensa ultrawide yang memiliki resolusi 8 MP. Kamera kedua ini sangat cocok dijadikan untuk memotret pemandangan atau sejenisnya.

Beralih pada kamera ketiga, merupakan kamera bokeh dan kamera B/W. Kedua kamera ini hadir dengan resolusi yang sama persis, yakni 2 MP. Dengan adanya empat kamera yang berbeda tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam hasilkan kualitas foto terbaik sesuai dengan keinginan. Cara untuk bisa berpindah dari lensa satu ke yang lainnya juga terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu memilih titik yang sesuai pada layar kamera. Tersedia juga beberapa pilihan mode kamera yang bisa atur, seperti mode standar, night, dan lain sebagainya.

Tak hanya unggulkan kualitas memotretnya yang bagus, perangkat ini juga sangat cocok bagi Anda yang suka membuat konten video berupa vlog atau sejenisnya. Bagaimana tidak, Anda bisa merekam video dengan resolusi 720p, 1080p, hingga 4K. Ingin merekam video dengan gerakan lambat? Cukup pilih mode slow motion yang telah disediakan Oppo. Ada juga opsi metode perekaman lainnya yang bisa Anda pilih untuk membuat konten video Anda lebih kreatif dan tidak monoton.

Sedangkan untuk kamera selfienya, Oppo A92 hadir dengan satu buah lensa dengan resolusi 16 MP. Hasil foto selfie Anda akan tampak lebih cantik dan detail berkat adanya mode beauty. Mode cantik ini memang akan selalu disematkan Oppo pada setiap perangkatnya. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur standar seperti sticker dan time-lapse. Manfaatkan fitur time-lapse ketika Anda ingin mengabadikan foto selfie secara kelompok.

Prosesor handal
Oppo A92 telah mendapat dukungan dari Snapdragon 665 yang memang sering digunakan oleh perangkat kelas menengah. Dengan adanya AI Engine generasi 3, perangkat mampu melakukan pemrosesan dengan sangat cepat. Hal ini akan begitu menunjang mobilitas serta produktivitas Anda dalam menggunakan perangkat smartphone setiap hari. GPU Adreno 610 yang dimiliki juga mampu memberikan visual grafik yang tinggi saat Anda memainkan game online. Tak hanya itu, proses render video juga akan berlangsung dengan cepat. Menariknya lagi, chipset Snapdragon yang ditanamkan mampu meningkatkan efisiensi daya baterai sehingga lebih awet.

Kapasitas memori
Tidak tanggung-tanggung, Oppo menyematkan kapasitas RAM yang besar pada perangkat yang satu ini, yakni sebesar 6 GB dan 8 GB. Dengan kapasitas yang besar ini, mengakses aplikasi yang berat seperti gaming akan terasa begitu nyaman dan lancar. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, mana kapasitas RAM yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin besar kapasitas RAM yang dipilih, Anda perlu menyiapkan bujet yang lebih besar lagi.

Kinerjanya yang cepat ini juga semakin ditunjang dengan kapasitas memori internal yang juga besar. Anda bisa dengan bebas menyimpan  berbagai macam file dengan kapasitas ROM sebesar 128 GB yang disematkan. Meski sudah menyematkan kapasitas memori internal yang besar, tersedia juga slot memori eksternal di dalamnya. Sehingga Anda bisa memanfaatkan memori internal sepenuhnya untuk menyimpan aplikasi. Sedangkan memori eksternal bisa dimanfaatkan untuk menyimpan file foto, video, dan dokumen lain.

Kapasitas baterai
Kapasitas baterai yang dimiliki perangkat ini juga tak luput dari perhatian. Oppo memutuskan untuk menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh di dalamnya. Meski sudah banyak perangkat di kelas yang sama menawarkan kapasitas serupa, tetap saja kapasitas yang besar ini menjadi kelebihan yang dimiliki Oppo A92. Kapasitasnya yang besar membuat daya baterai Oppo A92 bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama. Bahkan, kabarnya perangkat ini bisa bertahan lebih dari seharian penuh, lho.

Saat digunakan untuk bermain game nonstop saja, daya baterainya mampu bertahan hingga kurang lebih 8 jam lamanya. Ini adalah waktu yang sangat lama untuk menunjang hobi Anda dalam bermain game. Untuk bermain game saja, baterainya bisa sangat awet bagaimana jika Anda mengakses aplikasi lainnya yang lebih ringan? Dibandingkan baterai akan semakin awet saja.

Tidak mau ketinggalan, Oppo juga telah menyematkan teknologi fast charging di dalamnya. Teknologi fast charging 18W tersebut tergolong sangat cepat untuk menunjang proses pengisian daya baterai. Bahkan, pihaknya mengklaim jika hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit saja untuk membuat daya baterai bertambah hingga 50% dari 0%. Sedangkan untuk pengisian penuh, proses pengisian dayanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Mengingat daya baterainya 5000 mAh, proses pengisian baterai ini terbilang sangat cepat.

Letak sidik jari
Sudah bisa dipastikan jika perangkat terbaru dari Oppo ini dilengkapi dengan teknologi sidik jari. Uniknya, letak sidik jari pada Oppo A92 terletak di sisi samping perangkat. Tepatnya yakni menyatu dengan tombol power untuk menyalakan perangkat. Letak sidik jari yang berbeda dengan perangkat pada umumnya, memberikan pengalaman yang baru dan unik bagi penggunanya. Di sisi lain, letak sensor sidik jari ini juga akan memudahkan Anda setiap kali akan membuka perangkat, lho. Bahkan, dianggap lebih cepat dibandingkan membuka perangkat melalui sensor sidik jari di layar atau pada bagian belakang bodi.

Kualitas speaker terbaik
Tahukah Anda bahwa Oppo A92 ini dilengkapi dengan teknologi Dual Stereo Speaker. Di mana teknologi speaker ini membuat kualitas audio yang dihasilkan perangkat terkesan lebih bagus dan juga jernih. Bahkan, terkesan sangat nyaman saat didengarkan telinga Anda. Hal ini akan sangat menunjang Anda yang memang suka memainkan game maupun streaming video melalui smartphone.

Letak speaker ini terdapat di bagian bawah perangkat. Tepatnya berada tidak jauh dari port USB Type-C, mic, dan audio jack 3.5. Sedangkan untuk speaker keduanya bisa Anda temukan pada bagian atas perangkat yang menyatu dengan mic kedua.

Itu tadi spesifikasi lengkap serta kelebihan yang ditawarkan oleh Oppo pada Oppo A92. Berbagai kecanggihan yang dimiliki akan memberikan pengalaman berbeda dalam menggunakan perangkat. Sehingga tak ada lagi alasan untuk tak membeli Oppo A92 sebagai pengganti perangkat lama Anda! (OL-10)

Baca Juga

Dok. Jakarta Camera

Era Digital, Kebutuhan terhadap Fotografi dan Videografi Meningkat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 10:52 WIB
Michael menyebutkan, produk yang paling laku di market selain body kamera dan lensa adalah aksesoris fotografi dan...
Dok. Universal Robots

Otomatisasi Bantu Kurangi Kecelakaan Kerja di Industri Manufaktur

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 20:21 WIB
Hal itu berdasarkan data yang menunjukkan dalam 2 tahun terakhir,  dilaporkan telah terjadi kenaikan kecelakaan kerja yang...
Dok Screen Shoot Klikdokter

Model Tele-Health Ajak Pasien Lebih Efisien Berobat ke Dokter

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 26 Februari 2021, 07:42 WIB
Bermula sebagai portal berita kesehatan yang artikelnya ditulis oleh dokter dan praktisi medis yang bercita-cita untuk memiliki media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya