Sabtu 21 November 2020, 14:15 WIB

LG Patenkan Laptop Layar Gulung 17 inci

mediaindonesia.com | Teknologi
LG Patenkan Laptop Layar Gulung 17 inci

Istimewa
Perusahaan teknologi asal Korea Selatan LG mengajukan paten untuk laptop dengan layar yang bisa gulung.

LAYAR lipat saja tampaknya tidak cukup untuk menawarkan tampilan baru untuk sebuah perangkat, kini sejumlah produsen teknologi berlomba-lomba mengembangkan layar gulung, tak terkecuali LG yang dikabarkan mengajukan paten laptop layar gulung.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu, sebenarnya telah merilis TV dengan layar yang bisa digulung pada awal tahun ini, dan kini beralih ke segmen perangkat yang lebih kecil dengan laptop yang dilengkapi panel yang dapat digulung 17 inci.

Menurut gambar paten, seperti dilaporkan dalam laman Gizchina, Sabtu, layar gulung berukuran 17 inci itu akan dikemas dalam laptop berukuran 13,3 inci -- yang kemudian dapat diperluas ketika gulungan layar dibuka.

Tampilan ini persis seperti Rollable TV LG di mana pengguna dapat menentukan ukuran dan sistem akan menyesuaikannya. Saat dibuka gulungannya, laptop akan menyerupai soundbar seperti halnya TV. Tidak seperti laptop standar pada umumnya, perangkat LG tersebut akan memiliki tombol daya di sisi kanan.

Paten tersebut juga mengungkapkan perangkat tersebut tampaknya akan memiliki webcam yang juga dapat digulung. Selain itu, panten menyebutkan bahwa layar yang dapat digulung itu dapat berdiri sendiri dan dilepaskan dari dock ketika tidak sedang tidak digulung.

Hal ini dapat menjawab kekhawatiran atas kemampuan tampilan layar dapat berdiri sendiri ketika benar-benar dibuka dari gulungan. Paten tersebut juga mengungkapkan bahwa mousepad secara eksternal dapat digabungkan dengan keyboard yang kemudian digabungkan pada layar.

Pengajuan paten tidak selalu berarti bahwa perusahaan secara aktif mengerjakan teknologi tertentu. Terkadang mereka hanya mencoba melindungi ide dan konsep untuk digunakan di masa mendatang.

Selain laptop, LG dikabarkan diam-diam tengah menggarap smartphone dengan layar yang dapat digulung yang diberi nama Rainbow untuk dirilis di kuartal pertama 2021.

Sementara itu, Oppo awal pekan ini telah memperkenalkan smartphone konsep Oppo X 2021 dengan tampilan layar yang dapat digulung.

Samsung juga dikabarkan tengah mengembangkan smartphone layar gulung, setelah belum lama ini eksekutif perusahaan sedang membawa ponsel yang belum pernah muncul di publik sebelumnya, yang diduga ponsel layar gulung. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Pentingnya Merenung di Zaman Akselerasi Teknologi

Baca Juga

Antara

Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia dengan Platform Edukasi Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 10:45 WIB
JadiPandai.com, platform digital belajar secara daring yang dikemas dalam bentuk...
dok.mi

Tokocrypto Resmi Perdagangkan Token Lending Kava

👤mediandonesia.com 🕔Jumat 27 November 2020, 20:10 WIB
Tokocrypto, pedagang aset kripto teregulasi di Indonesia hari ini mengumumkan kehadiran token Kava di...
Dok. Check Point

Jaga Keamanan Data, Check Point Tambah Investasi di Cloud Security

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 27 November 2020, 02:11 WIB
Lewat investasi terbarunya di kawasan Asia Pasifikn dalam kapabilitas cloud geoforced lokal, Check Point membantu organisasi-organisasi di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya