Senin 16 November 2020, 19:25 WIB

Apple, LG, dan Google Bergabung untuk Industri 6G

Mediaindonesia.com | Teknologi
Apple, LG, dan Google Bergabung untuk Industri 6G

AFP/LIONEL BONAVENTURE
Google mengklaim membuat terobosan dalam komputasi kuantum.

 

Ponsel 5G pertama dari Apple dan Google belum lama ini memasuki pasar, namun itu tidak menghentikan kedua perusahaan tersebut untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam mengembangkan internet generasi selanjutnya, 6G.

Dikutip dari laman Cnet, Senin (16/11), raksasa teknologi Apple, Google, juga LG dilaporkan telah bergabung dalam grup industri "Next G Alliance," yang memiliki tujuan memajukan "kepemimpinan global Amerika Utara atas jalur evolusi 5G dan pengembangan awal 6G."

Tidak hanya itu, aliansi tersebut juga memiliki tujuan menciptakan "pengembangan peta jalan "Next G" yang akan mempromosikan pasar yang dinamis untuk pengenalan, adopsi dan komersialisasi 6G dengan mempertimbangkan inovasi Amerika Utara."

Anggota pendiri grup lainnya, yang dibuat oleh aliansi solusi industri telekomunikasi (Alliance for Telecommunications Industry Solutions) antara lain operator Amerika Serikat AT&T, Verizon, US Cellular dan T-Mobile, serta Charter Communications, juga operator Kanada Bell and Telus.

Selain itu, Microsoft, Samsung, Facebook, Cisco, Ericsson, Intel, Nokia dan Qualcomm juga masuk dalam aliansi tersebut.

Namun, raksasa teknologi asal China, Huawei, tidak ada dalam daftar tersebut, yang sebelumnya sangat terlibat dalam pengembangan jaringan 5G. Laporan tahun lalu menunjukkan Huawei sudah mulai melakukan penelitian 6G sendiri.

Setiap anggota aliansi "akan diwakili oleh eksekutif bisnis senior dan ditugaskan untuk menetapkan strategi dan arahan aliansi," menurut situs Next G Alliance. Setiap anggota membayar biaya keanggotaan 20.000 dolar AS (sekitar Rp283 juta) untuk tahun 2021 dengan pertemuan perdana dijadwalkan berlangsung bulan ini untuk menunjuk "Kelompok Pengarah."

Kelompok kerja diharapkan akan dimulai pada awal 2021, meskipun tidak ada penentuan waktu kapan 6G akan memasuki pasar atau seperti apa bentuk atau penawarannya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist/istock

Aplikasi Mantis Permudah Masyarakat Peroleh Pembiayaan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 17:40 WIB
Transformasi digital tidak hanya diterapkan pada sisi front end (penjualan/layanan nasabah), tetapi bersifat end to end, mencakup...
Dok. Samsung Indonesia

Makin Produktif Bersama Keluarga dengan Fitur Lengkap Samsung Galaxy Tab A8

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 21 Januari 2022, 21:22 WIB
Di Galaxy Tab A8, Samsung kini menghadirkan versi wifi yang dilengkapi dengan RAM 3 GB dan memori 32 GB yang bisa ditambah kartu memori...
Ist

Platform Raksa Online Bisa Klaim Asuransi Melalui Smartphone

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 18:57 WIB
Platform raksaonline.com memberikan terobosan baru yakni layanan pembuatan hingga klaim asuransi lewat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya