Rabu 05 Februari 2020, 15:26 WIB

Aplikasi Wardes Upaya Membangkitkan Ekonomi Desa dan Kota

Agus Utantoro | Teknologi
Aplikasi Wardes Upaya Membangkitkan Ekonomi Desa dan Kota

Antara
Aaron Munir, penggagas Rumah Sahabat Desa

RUMAH Sahabat Desa, sebuah wadah kolaborasi kehidupan kota dengan pedesaan dalam bidang literasi keuangan dan pemberdayaan ekonomi baru-baru ini memperkenalkan aplikasi Warung Desa.

Aaron Munir, penggagas Rumah Sahabat Desa mengungkap aplikasi itu dibuat untuk menghubungkan desa dengan kota dalam bingkai teknologi. Dibuat untuk memudahkan transaksi pembelian dan perbankan mikro oleh dan untuk masyarakat.

Menurut dia, aplikasi Warung Desa atau yang akrab disebut Wardes bisa digunakan untuk berbagai kegiatan menunjang perekonomian sekaligus memudahkan kegiatan sehari-hari masyarakat sesuai program OJK dan Bank Indonesia.

"Kami kenalkan aplikasi ini dari Yogyakarta untuk Indonesia. Wardes ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari masyarakat misalnya transaksi beli pulsa, paket data, listrik, BPJS, PDAM sampai voucher game. Tak hanya itu, aplikasi Wardes ini bisa digunakan untuk transaksi perbankan mulai transfer ke bank hingga asuransi mikro,” kata Aaron Rabu (5/2)

Menurut Aaron, aplikasi Wardes akan dikembangkan lagi mengarah jadi market place yang bisa menghubungkan desa dan kota. Produk hasil masyarakat desa diberi ruang untuk bisa dijual ke kota juga sebaliknya.

"Jadi masyarakat desa bisa menjual hasil produk ke kota dan sebaliknya. Harapannya perekonomian semakin dinamis, seolah tidak ada jarak begitu antara masyarakat di manapun berada,” tandasnya. (OL-13)

Baca Juga

Ilustrasi

Penguatan Layanan Data Center Berbasis Inovasi Jadi Fokus NTT

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:43 WIB
Ekonomi digital saat ini telah berkembang pesat dan NTT akan terus menawarkan strategi berbeda yang berakar pada...
Dok. Pribadi

7 Punggawa Startup Ini Punya Potensi Kembangkan Ekonomi Digital RI

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 27 Januari 2021, 20:44 WIB
Hampir 70% dari startup yang berdiri dibangun atau perintis anak muda berusia 25 hingga 38...
dok.ist

Teknologi Blockchain Mampu Selusuri Perjalanan Kopi

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 27 Januari 2021, 19:33 WIB
BEKERJASAMA dengan perusahaan blockchain asal Jepang, konsumen Noka kini dapat mengetahui dan lebih mengapresiasi perjalanan kopi dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya