Sabtu 02 Juni 2018, 14:00 WIB

Selera Musik Bisa Jadi Cermin Kepribadian Seseorang

Micom | Teknologi
Selera Musik Bisa Jadi Cermin Kepribadian Seseorang

SHUTTERSTOCK

 

SELERA musik seseorang sejak lama dikaitkan dengan kepribadian. Namun, siapa sangka hal itu ternyata benar. Ini dibuktikan dengan dua penelitian dalam jurnal Psychological Science. Studi yang dilakukan para peneliti dari Cambridge dan beberapa universitas di AS ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan studi terdahulu.

Untuk penelitian kali ini, para peneliti merekrut 21 ribu peserta dalam dua survei daring terpisah. Survei tersebut dilakukan untuk melihat lima tipe kepribadian utama bisa cocok dengan berbagai genre musik.

Hasilnya, tipe orang yang penurut cenderung menyukai seluruh jenis musik. Lalu, musik yang mengentak umumnya dipilih orang-orang yang condong pada kepribadian neurotisisme (emosional tinggi).

Orang yang energik dan suka berbicara lebih nyaman mendengar musik akustik, sedangkan musik yang lambat dan lembut dihindari pribadi berjiwa terbuka. Individu seperti ini lebih menggemari musik kekinian yang inspiratif, kompleks, dan dinamis.

Orang yang penuh imajinasi dan berwawasan luas lebih hanyut dalam aliran musik yang dilantunkan dalam opera. Sementara itu, orang ekstrover yang gemar bicara dan energik lebih tertarik pada musik sederhana yang santai dan bergenre akustik.

Baca Juga

Dok.Ist

Fotile Indonesia Perkenalkan Konsep Dapur Bahagia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:15 WIB
Fotile telah banyak berinvestasi dalam praktik penelitian dan pengembangan peralatan dapur terkemuka di dunia selama 25...
Ist/Kemenkominfo

Kemenkominfo Gandeng Aruna Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital Bersama Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:48 WIB
Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya Kemenkominfo dalam mengedukasi masyarakat akan teknologi digital khususnya bagi nelayan...
AFP

Penelitian Terbaru Ungkap Sejumlah Tantangan Edge Computing

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:15 WIB
Ada strategi-strategi yang dapat diadopsi oleh para profesional di bidang TI dan pengambil keputusan untuk future-proofing kemampuan edge...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya