Jumat 20 Oktober 2017, 08:25 WIB

Peduli dan Berani Memulai

Nissa Fitri Alfiah Mahasiswi UIN SGD Bandung | Surat Pembaca
Peduli dan Berani Memulai

ANTARA/AGUS BEBENG

 

SUNGGUH miris, gara-gara membuang sampah sembarang di jalan raya, seorang pengendara mobil terlibat baku hantam dengan anggota TNI, beberapa waktu lalu. Hal itu menjadi peringatan bahwa jalan raya bukanlah tempat pembuangan sampah, dan itu menjadi bukti lemahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di jalan raya.

Membuang sampah sembarang­an menjadi hal yang lumrah dilakukan masyarakat, tanpa disadari kita pun pernah membuang sampah sembarangan, dengan berbagai alas­an seperti tidak menjumpai tempat sampah, letak tempat sampah yang jauh saat berkendara, ada petugas yang membersihkan, dan banyak lagi alasan yang belum terucapkan.

Tidak mengherankan bila di jalan raya banyak ditemui beraneka ragam sampah, mulai bungkus permen, botol minuman, puntung rokok, kertas, tisu, hingga sisa makanan dan minuman. Mungkin hal ini terlihat sepele tetapi ketika kita membuang satu sampah sekecil apa pun, hal serupa juga dilakukan pengendara lain sehingga jika dikumpulkan akan menjadi gunung­an sampah.

Jalan raya menjadi kotor dan tidak bisa dimungkiri bahaya banjir pun mengancam. Ketika banjir datang, lalu lintas menjadi lumpuh dan aktivitas pun terhambat. Lantas siapa yang disalahkan akibat bencana tersebut? Petugas kebersihankah? Pemerintah? Tanyakan pada diri sendiri, sudahkan kita membuang sampah pada tempatnya? Seluruh elemen masyarakat bertanggung jawab akan hal ini.

Sampah yang menjadi masalah klasik di negari ini sebenarnya bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga seluruh masyarakat. Permasalahan itu bisa diatasi melalui kesadaran yang kuat dalam diri masing-masing bahwa membuang sampah sembarangan di jalan raya merupakan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Selain itu, tanamkan kepedulian terhadap lingkungan.

Peduli terhadap kebersihan lingkungan sama halnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Maka dari itu, beranilah kita memulai untuk tidak membuang sampah sembarangan termasuk di jalan raya. Berani memulailah dengan membawa tempat sampah sendiri ketika berkendara. Dengan begitu, sampah yang kita hasilkan tidak berserakan di jalan raya.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya