Kamis 19 Oktober 2017, 11:15 WIB

Mulai dari Lingkungan Kita

Vina Fitriani Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati-Bandung | Surat Pembaca
Mulai dari Lingkungan Kita

ANTARA/WAHYU PUTRO A

 

SAAT ini sampah menjadi permasalahan klasik yang tak kunjung terselesaikan. Setiap hari sampah ditemukan di berbagai sudut kota dan jalan raya. Penumpukan sampah terjadi karena berbagai faktor, misalnya masyarakat seenaknya membuang sampah di got dan kali, tidak tersedianya tempat sampah, hingga terbatasnya tempat pembuangan akhir. Hal ini tentu menjadi perhatian serius pemerintah untuk mengatasi masalah sampah tersebut.

Setiap tahunnya produksi sampah di Indonesia mengalami kenaikan. Berdasarkan penelitian Dinas Kesehatan Jakarta pada 2016, produksi sampah di Jakarta mencapai 7.755,12 ton/hari dan jumlah itu hanya di satu kota saja, belum lagi di kota-kota lainnya. Hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran kita sebagai warga masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, berikut beberapa solusi, antara lain perlu gerakan bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Kita harus membuang sampah pada tempatnya dan harus berusaha hidup bersih dan sehat. Sekecil apa pun sampah yang kita buang, taruh di tempat sampah.

Kedua, budayakan untuk melakukan kerja bakti di lingkung­an sekitar minimal satu bulan sebanyak dua hingga tiga kali. Hal ini bisa mengurangi penumpukan sampah. ketiga, memanfaatkan kembali barang bekas atau mendaur ulang bahan-bahan yang sudah tidak terpakai, seperti botol, kaca, plastik agar mengurangi sampah-sampah yang ada. kurangi pemakaian plastik yang tidak bisa terurai. Usahakan memakai bahan yang tahan lama dan jangan menggunakan bahan yang sekali pakai buang.

Keempat, sampah hanya bisa diatasi bersama antara pemerintah dan masyarakat. Karena itulah, kita sebagai masyarakat harus peduli pada lingkungan kita. Pentingnya kesadaran menjaga kebersih­an lingkungan terdekat kita. Anak-anak juga harus selalu diikutsertakan. Sejak dini harus diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Tanam­kan pada anak-anak untuk menjaga kebersihan lingkungannya, dan budayakan rasa malu bila membuang sampah sembarangan.

Dari semua solusi itu, yang paling utama ialah kita mulai dari diri dan lingkungan kita sendiri. Kita ingatkan juga keluarga dan lingkungan kita. Semoga kesadaran untuk menjaga kebersihan selalu ada pada masyarakat kita

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya