Kamis 05 Oktober 2017, 08:48 WIB

Bersinergi Perbaiki Citra Kampus lewat Prestasi

Abiyyu G Gunawan UIN SGD Bandung | Surat Pembaca
Bersinergi Perbaiki Citra Kampus lewat Prestasi

DOK MI/IMMANUEL ANTONIUS

 

MENCUATNYA skandal plagiarisme masif yang ditemukan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi tamparan keras bagi dunia akademik di Indonesia. Kegiatan plagiarisme bukanlah kegiatan yang pantas dilakukan.

Kegiatan plagiarisme atau lebih dikenal dengan kegiatan menjiplak karya orang lain ini sangat tidak dibenarkan siapa pun. Kegiatan plagiarisme merupakan tindakan yang melanggar moral dunia akademi.

Mirisnya kegiatan ini seolah mendapat restu dari pihak universitas. Bisa dibayangkan jika kegiatan plagiarisme ini diturunkan kepada semua mahasiswa, tentu hal itu akan memperburuk dinamika pendidikan serta memberikan citra buruk bagi universitas yang merupakan salah satu perguruan terbaik di Indonesia itu.

Dampak dari kasus plagiarisme tentu mencoreng UNJ. Masyarakat pun akhirnya mempertanyakan kualitas sistem akademik UNJ. Kasus ini bukan mencoreng muruah UNJ semata, kasus ini mencoreng harga diri serta citra baik universitas dan rektor seluruh Indonesia.

Tugas untuk mengembalikan nama baik universitas bukan tugas UNJ saja, melainkan menjadi tugas seluruh sivitas akademika khususnya para rektor yang memimpin universitas-universitas di Indonesia agar tidak melakukan hal serupa.

Untuk itu, pihak-pihak yang terlibat dalam dunia akademisi harus bersinergi dalam mengembalikan citra baik perguruan tinggi di masyarakat.

Salah satu caranya ialah melalui prestasi para mahasiswanya. Tolok ukur baik atau buruknya suatu kampus bisa dilihat dari mahasiswanya.

Mahasiswa merupakan refleksi nyata dari buah sistem pengajaran dan pendidikan. Semakin berprestasi mahasiswa di suatu perguruan tinggi, tentunya akan mengharumkan universitas tersebut.

Khusus untuk UNJ, seluruh mahasiswa dan dosen bersiĀ­nergi dalam mengukir prestasi di segala bidang, baik akademik maupun nonakademik. Bila mereka mampu meraih prestasi dan menghasilkan karya yang positif, citra buruk yang sempat melekat bisa pupus.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya