Rabu 04 Oktober 2017, 10:58 WIB

Tanamkan Nilai Moral, Mental, dan Spiritual

Nurfadilah Mahasiswa UIN SGD Bandung | Surat Pembaca
Tanamkan Nilai Moral, Mental, dan Spiritual
 

SAAT ini sedang ramai diperbincangkan kasus tewasnya salah satu pelajar SMA di Bogor yang menjadi korban aksi duel ala gladiator para pelajar. Dalam kasus itu orangtua mempunyai peranan penting untuk memberikan pengawasan lebih kepada anak-anaknya, utamanya pada para remaja yang masih mencari jati diri dan ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Semestinya kita harus menyadari pentingnya mengawasi anak dari sejak usia dini. Apalagi, saat ini permainan gadget yang berisi gim kekerasan banyak beredar. Salah satunya gim peperangan yang akan berpotensi membentuk karakter seorang anak yang keras.

Untuk itu, pendidikan sejak usia dini ini sangat berperan untuk menanamkan nilai-nilai moral, mental, dan spiritual yang akan membentuk karakter anak yang berakhlak mulia dan berbudi luhur.

Tidak dimungkiri, harmonisasi sebuah keluarga juga sangat memengaruhi pembentukan karakater seorang anak. Kasus semacam itu bisa saja akibat kurangnya keharmonisan dalam keluarga atau bahkan karena adanya kekerasan dalam rumah yang membuat pelaku mencari kenyamanan di luar. Bila tidak hati-hati dalam pergaulan, bisa membawa mereka pada pergaulan yang kurang baik seperti miras, penyalahgunaan obat-obat terlarang, dan akrab dengan ke­kerasan.

Pengawasan terhadap seorang anak remaja tidak hanya dilakukan orangtua, peran sekolah dan pemerintahan juga penting dilakukan. Sekolah bisa memberikan wadah dengan mengadakan berbagai seminar atau penyuluhan kepada para pelajar agar mereka tersadar akan pentingnya nilai-nilai moral.

Begitu pula dengan peran pemerintah yang merangkul para remaja untuk bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bermoral dan ber­akhlak mulia.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya