Rabu 20 September 2017, 10:27 WIB

Apresiasi untuk Warga Menceng, Kalideres yang Peduli Lingkungan

Kevi Laras Wana Tegal Alur, Kalideres, Jakarta | Surat Pembaca
Apresiasi untuk Warga Menceng, Kalideres yang Peduli Lingkungan

ANTARA/ROSA PANGGABEAN

 

KEBERSIHAN di Ibu Kota Jakarta ini belum menjadi budaya dan mendarah daging. Tidak mengherankan bila banyak tempat di Jakarta kotor dan kumuh. Itu tidaklah mengherankan karena masyarakatnya sulit menerapkan hidup bersih.

Walaupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan sarana dan prasarana, tetap saja budaya bersih belum menjadi budaya. Salah satunya ialah penyediaan tempat sampah. Tetap saja masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Budaya bersih tidak saja menyoal sampah, tetapi juga membuat lingkungan yang nyaman dan asri. Meski di sejumlah tempat area permukiman semakin padat dan menyempit akibat pembangunan gedung-gedung bertingkat, masih ada warga di Ibu Kota ini yang tetap memedulikan lingkungan sekitar.

Salah satunya yang dilakukan warga di Gang Asem, Jalan Pelopor, Menceng, Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat. Tanaman yang tumbuh di sisi kanan-kiri selokan merupakan wujud warga yang menjaga kelestarian lingkungan dan memanfaatkan sedikit ruangan.

Mereka menanam tanaman di sekitar tempat tinggal mereka juga untuk kebutuhan bersama. Pasalnya, tanaman yang mereka tanam juga sangat dibutuhkan, seperti pandan, kunyit, suji, binahong, lidah buaya, hingga cabai.

Selain menanam, warga juga rajin membersihkan selokan sehingga wilayah itu selain bersih juga asri. Saya memberikan apresiasi tinggi kepada sejumlah warga di wilayah Menceng yang peduli terhadap lingkungan dan berharap kebiasaan warga di wilayah itu menular pada seluruh warga Jakarta karena kebersihan ialah pangkal kesehatan.

Pemerintah daerah juga diharapkan peduli terhadap lingkungan di wilayah permukiman dengan memberikan ruang dan sarana prasarana bagi warga Jakarta untuk menanam meskipun di area sempit.

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya