Selasa 31 Januari 2023, 16:33 WIB

Kemenpora Sebut Persiapan Piala Dunia U-20 Sesuai Rencana

Rifaldi Putra I | Sepak Bola
Kemenpora Sebut Persiapan Piala Dunia U-20 Sesuai Rencana

ANTARA FOTO/Nova W
Delegasi FIFA meninjau salah satu stadion yang akan dipakai untuk gelaran Piala Dunia U-20

 

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyebut persiapan gelaran kompetisi sepak bola Piala Dunia U-20 hingga saat ini sesuai dengan rencana. Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Raden Isnanta memastikan Indonesia siap menggelar kompetisi yang dijadwalkan bergulir pada 20 Mei - 11 Juni.

Ditemui usai rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Raden mengatakan pemerintah telah melakukan segala upaya untuk menyukseskan kompetisi yang bakal diikuti 24 negara itu. Termasuk terkait venue pertandingan, lapangan pertandingan, hingga keamanan.

"Kalau penyelenggaran kan lebih dilakukan oleh FIFA. Kalau untuk dukungan pemerintah sejauh ini semua berjalan dengan baik, mulai dari lapangan, keamanan dan sebagainya," kata Raden di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/1).

"Apa yang dikehendaki FIFA kami sudah lakukan semua, termasuk urusan standar rumput yang mereka minta. Pokoknya detail semua sudah kami lakukan," imbuhnya.

Disinggung terkait venue pertandingan, Raden menyebut tidak ada perubahan venue untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Saat ini pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait kesiapan venue pertandingan.

"Sementara laporan dari PUPR mengatakan untuk pengerjaan venue berada di jalur yang tepat secara waktu dan juga kebutuhan yang sudah terpenuhi," ungkapnya.

Baca juga: BNPT Asesmen 6 Stadion Pastikan Keamanan Piala Dunia U20

Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, Raden menyampaikan Piala Dunia U-20 tahun ini akan terasa spesial. Pasalnya, akan digelar upacara pembukaan dan penutupan. Ia mengatakan pihaknya sudah mengantongi izin dari FIFA terkait rencana tersebut.

"Ini luar biasa, jadi bapak Presiden punya keinginan itu (Upacara pembukaan dan penutupan) dan kami sudah sampaikan keingan itu ke FIFA dan luar biasanya di setujui," tutur Raden.

"Jadi ini tentu sangat mengembirakan,ini sangat berbeda dari Piala Dunia U-20 sebelumnya. Sekarang kami tinggal mengatur secara teknis bagaimana hal tersebut dapat berlangsung dengan baik, misalnya masalah waktunya mau sore atau malam, serta terkait acaranya mau di mana dan seperti apa," jelasnya.

Raden membuka kemungkinan upacara pembukaan dan penutupan bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), namun dirinya tidak bisa memastikan saat ini dan masih harus berkoordinasi dengan FIFA.

"Maunya kami (SUGBK) tapi masih harus dikonsultasikan lagi dengan FIFA, bisa juga di tempat lain. Jadi urusan ini semua hal-hal detail harus dikomunikasikan oleh FIFA gak sekadar maunya kami," tukas Raden.

Dapat diketahui sejauh ini suda ada 12 negara yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 mereka diantaranya Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Italia hingga Prancis. Sementara 12 negara lainnya yakni wakil-wakil dari benua Asia, Afrika dan Amerika Selatan baru akan ditentukan pada Februari dan Maret mendatang.(OL-5)

Baca Juga

FIFA

Piala Dunia U-20, Juara Grup F Gambia Hadapi Uruguay 2 Juni 2023

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 29 Mei 2023, 21:20 WIB
TIMNAS Gambia mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka di Piala Dunia U-20 dengan hasil imbang melawan Korea yang juga mengamankan...
Instagram @PSSI

egini Cara PSSI Antisipasi Calo Tiket Laga Timnas vs Argentina

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 29 Mei 2023, 20:47 WIB
PSSI sudah mengantisipasi kekisruhan dalam penjualan tiket seperti antisipasi calo agar masyarakat dimudahkan untuk melihat tim juara Piala...
AFP/JUAN MABROMATA

Piala Dunia U-20, Juara Grup E Inggris Bakal Hadapi Italia 1 Juni

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 29 Mei 2023, 20:45 WIB
INGGRIS akan menghadapi Italia di babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah hasil imbang melawan Irak yang membuat tim asal Asia tersebut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya